Masyarakat Anding Bangun Masjid Baru


Ahad, 19 Mei 2019 - 16:11:36 WIB
Masyarakat Anding Bangun Masjid Baru MASJID ANDING -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan bantuan uang buat Masjid Istiqomah Anding, Kecamatan Suliki beberapa hari yang lalu. ZUL

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat nagari Anding, kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, membangun Masjid Istiqomah yang baru. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut, Jumat (17/5). Gubernur yang didampingi isteri Nevi Zuairina, juga menyerahkan batuan dana sebesar Rp20 juta buat pembangunan masjid setempat serta Rp5 juta untuk kegiatan Nuzuk Quran yang digelar pemuda Andiang.

Pembangunan masjid baru itu, merupakan pengganti masjid lama yang kini sudah berusia 118 tahun. Selain tidak layak pakai lagi, bangunan lama itu juga sudah tidak memadai lagi luasnya buat menampung jamaah yang semakin ramai.

Gubernur Irwan Prayitno mengapresiasi masyarakat Andiang yang akan membangunan masjid baru. Ia juga mengucapkan terimakasih dan penghargaannya kepada masyarakat Andiang dan Kabupaten Limapuluh Kota umumnya yang telah sukses melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dengan baik, aman dan lancar.

“Hasil evaluasi menyebutkan, Pemilu di Sumatera Barat berjalan baik, aman dan lancar. Pesta demokrasi itu sudah usai, mari kita bersatu lagi membangun negeri,” tutur gubernur di hadapan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Sekdakab Limapuluh Kota Widya Putra, S.Sos, M.Si, serta rombongan tim safari Ramadhan Provinsi dan masyarakat Andiang.

Dalam kesempatan itu, Gubernur berharap, masyarakat tidak lagi terpecah karena beda pilihan, karena beda pilihan adalah sesuatu yang wajar dalam demokrasi, apalagi pada Pemilu lalu yang menampilkan ratusan calon legislatif dan presiden. “Seperti kata pepatah Minang, biduak lalu kiambang batauik, mari kita hentikan perbedaan pilihan. Bila ada permasalahan, kita serahkan kepada konstitusi, jangan sampai ikut terprovokasi berbuat hal yang melanggar hukum,” tegas gubernur.

Selain itu, gubernur juga menyinggung harga bahan pokok yang cenderung naik hingga melonjak selama bulan Ramadhan. Sementara pada bulan puasa ini masyarakat sedang manahan makan dan minum.

“Harga pangan di pasar biasanya naik karena adanya permintaan yang lebih. Padahal pada bulan puasa ini kita menahan makan. Tetapi kenyataannya permintaan malah lebih banyak sehingga harga di pasar jadi naik. Untuk itu saya mengajak kita semua agar makan sederhana dan tidak mubazir supaya harga tidak terus naik,” papar gubernur.

Sebelumnya hal senada juga diungkapkan Nevi Suairina yang juga Ketua TP PKK Sumbar serta mengucapkan terimakasih dan penghargaannya kepada masyarakat Andiang yang telah memberikan dukungannya bagi Nevi selaku calon anggota DPR RI. “Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat Andiang yang telah memberilkan dukungan kepada kami selaku calon anggota DPRD RI pada Pemilu 2019.

Ke depan pihaknya bertekad akan terus membangun Nagari Andiang. Tidak saja masalah ekonomi masyarakat, rumah layak huni dan lainnya, namun juga di sector pendidikan,” simpul Nevi.

Sementara Wali Nagari Andiang, Gusfialdi mengungkapkan rasa terimakasih dan bangganya atas kehadiran orang nomor satu di Sumbar dan Limapuluh Kota.“Kehadiran gubernur dan bupati dalam acara peletakan batu pertama Masjid Istiqomah dan kegiatan safari Ramadhan provinsi ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggan bagi kami,” aku Gusfialdi.

Pengurus Masjid Istiqomah H. Yurnalis dan ketua panitia pembangunan masjid baru H. Erfandi terpisah mengatakan, hasil pemeriksaaan tim Dinas PU, masjid lama yang dibangun tahun 1901 silam sudah tidak layak pakai lagi. Dalam lima tahun ke depan diperkirakan tidak aman untuk ditempati.

Untuk membangun masjdi baru diperkirakan akan menghabiskan biaya hingga Rp1,9 milyar. “Untuk membangun masjid ini kami butuh bantuan berbagai pihak termasuk donator, perantau dan pemerintah,”sebut Yurnalis.

 

Reporter: Zulkifli

Editor: HSP

 




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Juni 2019 - 18:57:12 WIB

    Wakil Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Galakkan Remaja Masjid

    Wakil Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Galakkan Remaja Masjid TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM — Masa depan dan kemajuan suatu bangsa amat ditentukan oleh generasi mudanya. Pemberdayaan generasi muda lewat berbagai kegiatan kepemudaan, khususnya di bidang keagamaan, karenanya mutlak dipe.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 18:03:04 WIB

    Perang Manggopoh, Simbol Perjuangan Masyarakat Minangkabau

    Perang Manggopoh, Simbol Perjuangan Masyarakat Minangkabau AGAM, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk menjadikan peringatan Perang Manggopoh sebagai titik balik untuk mengukur sejauh mana memaknai nilai-nilai dan semangat kejuangan par.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 17:30:30 WIB

    Pemko Bukittinggi Perkenalkan Kartu BRIZZI ke Masyarakat

    Pemko Bukittinggi Perkenalkan Kartu BRIZZI ke Masyarakat BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Kartu BRIZZI mulai dikenal masyarakat sejak Pemko Bukittinggi memberlakukan kartu tersebut untuk masuk ke objek wisata Panorama Lobang Jepang dan Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 15:43:02 WIB

    BPBD Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

    BPBD Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat (PBBD) meminta pengunjung objek wisata pantai dan sungai waspada saat berlibur. Hal ini untuk mengantisipasi korban. Selain itu, pengunjun.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 01:45:44 WIB

    Masyarakat  Nagari Salo Bangun Monumen Khatam Al-Quran   

    Masyarakat  Nagari Salo Bangun Monumen Khatam Al-Quran    BASO, HARIANHALUAN.COM— Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri meresmikan monumen Khatam Al-Quran Nagari Salo, Kecamatan Baso. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM