PT SEML Solok Selatan Siap Produksi Energi Listrik September Nanti


Ahad, 19 Mei 2019 - 16:19:40 WIB
PT SEML Solok Selatan Siap Produksi Energi Listrik September Nanti Karyawan PTSEML tengah di Wilayah Kerja Panas Bumi, Solsel. JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Dua tahun terkahir perputaran ekonomi naik drastis di Solok Selatan (Solsel). Pada 2017 sebesar 300 persen dan pada 2018 lebih dari 300 persen.

Tingginya perputaran uang di Solsel tersebut disebabkan adanya investasi energi panas bumi yang digarap oleh PT Supreme Energy Muara Laboh (PT SEML). Sejak 2017 memasuki tahap eksploitasi dan ditargetkan September 2019 memasuki masa produksi.

Selama tahap eksploitasi banyak pekerjaan yang dilakukan dengan melibatkan multi subkontraktor, bahkan supplier material oleh masyarakat lokal, belum lagi ribuan tenaga kerja yang terlibat.

Tentu saja perputaran ekonomi menggeliat di daerah itu. "Kami mendapati informasi ini dari Bank Indonesia, transaksi ekonomi terbanyak di Solsel untuk provinsi Sumbar sejak dua tahun terakhir," kata Field Representatif PTSEML, Bujang Joan Dt Panyalai.

Bujang Joan mengatakan, pihaknya dipanggil oleh Bank Indonesia (BI) karena banyaknya perputaran uang di Solsel yang menjadi pertanyaan bagi BI. "Mereka (BI.red) minta penjelasan, kenapa begitu menggeliatnya ekonomi di Solsel dua tahun terakhir. Dan setelah diberikan penjelasan, BI pun memberi kesempatan kepada perusahaan untuk pinjaman," katanya saat Safari Ramadan di Jorong Paninjauan, Kecamatan Pauh Duo, Jumat (17/5).

PTSEML, imbuhnya merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) pertama di Sumbar yang sukses. "Sumbar memiliki potensi panas bumi yang melimpah. Selain di Solsel juga ada di kabupaten/kota lain seperti di Agam, Pasaman, Solok dan Pasaman Barat," ujarnya.

Untuk mencapai target produksi pada September 2019 dengan daya listrik sebesar 86 Mega Watt (MW), pihak PTSEML dan PLN bekerja maksimal. Saat ini di Solsel penggunaan daya listrik sebesar 6 sampai 8 MW. "Daya sebesar 80 MW yang kami jual ke PLN dan 6 MW untuk kebutuhan internal perusahaan. Setelah produksi nanti bisa terjawab persoalan krisis listrik di Solsel," sebutnya.

Ia mengatakan, persoalan krisis listrik di Solsel terjawab karena daya yang dihasilkan PLTP terkoneksi dengan Gardu Induk (GI) dan jaringan listrik Nasional. "Tegangan tinggi, bolak-balik dan tidak putus hubungan dengan GI Solok, sehingga ancaman gangguan listrik bisa teratasi," ucapnya.

Perjalanan panjang sejak 2008, imbuhnya berbuah manis. Pasalnya. akhir tahun ini SEML menikmati penjualan listrik pertama. "Kabupaten Solsel selama 30 tahun juga mendapat dana bagi hasil, dana bonus produksi dan dana royalti. Bahkan, juga dinikmati sampai daerah kabupaten lain yang ada di dalam provinsi Sumbar. Pembagian tersebut telah diatur pemerintah," katanya.

Ia mengakui, dalam perjalanan panjang PTSEML ada ketidaknyamanan bagi masyarakat, terutama yang berdomisili di pinggir jalan dengan rutinitas mobilisasi alat berat sehingga mengganggu. "Tapi, kedepan semua akan membuahkan hasil positif dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Di samping pengerjaan yang ditargetkan rampung September 2019 juga berbarengan dengan target penyelesaian pekerjaan pembangunan Sport Center berstandar Internasional, yang dilengkapi hall untuk kegiatan pemberdayaan. "Semoga bisa sama-sama nantinya diresmikan. Sport Center di alokasikan sebesar Rp24 miliar yang pengelolaan diserahkan ke Pemkab Solsel," sebutnya. ? Jefli
Editor; Davidr





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 September 2019 - 22:38:42 WIB

    Armada Kelebihan Muatan Merusak Jalan, Masyarakat Ranah Batahan Protes PTPN IV

    Armada Kelebihan Muatan Merusak Jalan, Masyarakat Ranah Batahan Protes PTPN IV PASBAR,HARIANHALUAN.COM-Masyarakat Kecamatan Ranah Batahan yang terdiri dari tiga Jorong yakni Desa Baru, Kampung Baru, dan Nagari Batahan memprotes  PT PN IV. Pasalnya, armada  perusahaan BUMN tersebut melewati jalan negar.
  • Jumat, 06 September 2019 - 11:22:44 WIB

    Kabar Gembira, Tanggal 9 dan 10 September ada Job Fair di Sijunjung

    Kabar Gembira, Tanggal 9 dan 10 September ada Job Fair di Sijunjung SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi pencari kerja. Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi setempat akan menggelar pameran bursa kerja (Job Fair)..
  • Selasa, 03 September 2019 - 17:39:56 WIB

    PT Transco Pratama Salurkan CSR untuk Atlet Peraih Emas

    PT Transco Pratama Salurkan CSR untuk Atlet Peraih Emas DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Atlet bola volly peraih medali emas porprov lalu, mendapat kucuran dana Coorporate Social Responsibility (CSR) dari PT Transco Pratama, Selasa (03/08), di Lapangan bola volli Seberang Piruko Ko.
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 15:46:33 WIB

    Iptu Afridal Jabat Kapolsek Tanjung Emas

    Iptu Afridal Jabat Kapolsek Tanjung Emas TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Polres Tanah Datar melantik Kapolsek Tanjung Emas di lapangan upacara Mapolres di Pagaruyung, Rabu (28/8). Hadir jajaran Perwira Polres, para Kapolsek 10 kecamatan, tantama, ketua dan anggota .
  • Senin, 26 Agustus 2019 - 16:35:53 WIB

    Orangtua Siswa Mengeluh, Ada Sekolah Pungut Iuran untuk Beli Laptop

    PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah orang tua siswa SMP Negeri 2 Panti, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, mengeluhkan adanya pungutan oleh pihak sekolah untuk pembelian laptop dalam rangka kelengkapan p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM