Anggota DPD RI Tinjau Lokasi Rencana Bandara di Kubang Balambak Limapuluh Kota


Ahad, 19 Mei 2019 - 17:23:27 WIB
Anggota DPD RI Tinjau Lokasi Rencana Bandara di Kubang Balambak Limapuluh Kota Anggota DPD RI, Herman Darnel Ibrahim meninjau lokasi rencana Bandara di Kubang Balambak Limapuluh Kota. DADANG

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Pembangunan bandar udara yang kedua di Sumbar yang selama ini diapungkan anggota DPD RI, Herman Darnel Ibrahim tidak hanya sekedar wacana. Putra asli Kabupaten Limapuluh Kota tersebut terus berjuang dalam mewujudkan adanya bandara komersil kedua di Sumbar untuk dibangun di tanah Luak Limopuluah.

Bahkan, Herman Darnel Ibrahim atau yang akrab disapa HDI tersebut sudah meninjau langsung lokasi untuk pembangunan bandara itu pada Jumat (17/5) lalu. Yaitu dikawasan Kubang Balambak, Kecamatan Mungka.

Ditemani Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, HDI bersemangat untuk melihat langsung bagaimana kondisi kawasan yang digadang-gadangkan sebagai lahan pembangunan bandar udara pesawat terbang.

Dengan menumpangi dua unit mobil Mitshubisi Pajero, Herman Darnel Ibrahim dan Wakil Bupati sampai di Kubang Balambak setelah menempuh sekitar setengah jam perjalanan dari ibukota Kabupaten Limapuluh Kota. Melewati akses jalan tanah dan berlumpur, tidak menyurutkan rombongan untuk melanjutkan perjalan ke kawasan pedalaman tersebut.

“Ini lahan sangat bagus dan cocok untuk pembangunan bandara,”terang HDI usai turun dari mobil Pajero yang ditumpanginya. Menurut HDI, kawasan Kubang Balambak tersebut selain datar, juga kawasan cukup luas. Karena penasaran dengan kondisi Kubang Balambak, anggota DPD RI tersebut sempat masuk kedalam rimba Kubang Balambak dengan menelusi jalan setapak sejauh beberapa kilometer.

Selama 2 jam di Kubang Balambak, Herman Darnel Ibrahim serta Wakil Bupati Ferizal Ridwan sempat mendatangi salah satu objek wisata air terjun Lubuak Bulan yang ada dipinggiran hutan Kubang Balambak.

“Kawasan disini juga didukung adanya air terjun yang sangat berpotensi dikembangkan sebagai objek wisata unggulan. Ini air terjunnya tergolong unik, air yang jatuh tebing bebatuan ketinggian, sampai dibawah air hilang dan masuk tanah. Disini uniknya,”ucap HDI lagi.

Menurut anggota DPD RI tersebut, Kubang Balambak merupakan salah satu dari 4 lokasi strategis untuk pembangunan bandara di Luak Limopuluah. Ke empat lokasi itu, yakni eks Bandara Piobang milik TNI AU di Kecamatan Payakumbuh, kawasan Kubang Balambak Mungka, Andaleh di Kecamatan Luak dan sekitar Taram serta Sarilamak di Kecamatan Harau.

HDI menilai, dengan adanya bandara di Luak Limopuluah sekaligus bandara kedua di Sumbar, mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Terutama terhadap hasil pertanian. “Hasil pertanian bisa langsung ekspor atau didistribusikan ke berbagai daerah dengan pesawat terbang dalam waktu cepat. Selain itu, bandara juga berdampak positif terhadap pariwisata Sumbar,”terangnya.

Selain itu, Herman Darnel Ibrahim menilai, sudah saatnya ada badara ke dua di Sumbar. Hal itu mengingat situasi Sumbar yang sangat rawan bencana gempa bumi serta tsunami terutama dikawasan pesisir pantai.

“Secara kebencanaan, Sumbar sangat rawan. Apalagi bandara yang ada berada di pinggir pantai. Apabila bencana besar datang, otomatis Sumbar bakal lumpuh. Ini lah pentingnya ada bandara baru di Sumbar ini. Luak Limopuluah adalah kawasan yang cocok,”terangnya lagi.

Menurutnya lagi, ada sejumlah daerah kabupaten kota lainnya di Sumbar yang memiliki akses tedekat dengan Kabupaten Limapuluh Kota dibandingkan dengan BIM yang ada di Padang Pariaman.

Kota kabupaten tersebut merupakan penopang utama untuk pembangunan bandara baru. Seperti Kota Payakumbuh, Bukittinnggi, sebagian Agam, Tanah Datar, Padang Panjang Tanah Datar, Sijunjung, Sawah Lunto serta sebagian daerah Solok.

Anggota DPD RI tersebut, juga sudah membicarakan terkait pembangunan bandara baru bersama Gubernur Irwan Prayitno. Karena itu, HDI pun terus berjuang, berusaha sekuat tenaga dalam mewujudkan bandar udara kedua di Sumbar. “Kedepan, pembangunan bandara ini dibahas bersama pemerintah pusat, mudah-mudahan,”ucapnya lagi. ? Dadang

Editor: Davidr

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM