Perempuan Merupakan Pelaku Pembangunan Paling Produktif


Senin, 20 Mei 2019 - 19:44:00 WIB
Perempuan Merupakan Pelaku Pembangunan Paling Produktif Roadshow serempak 2019 di Aula Dinas Tenaga Kerja Sumbar, Senin (20/5). RINA AKMAL

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Meskipun jumlah perempuan di Indonesia hanya 49 persen dari jumlah laki-laki, namun kaum perempuan dinilai sebagai pelaku pembangunan paling produktif.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kesetaraan Gender dalam IPTEK Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Agam Bekti Nugraha, usai roadshow serempak 2019 di Aula Dinas Tenaga Kerja Sumbar, Senin (20/5).

Menurutnya, perempuan bukan termasuk dalam kelompok rentan, justru dianggap sebagai pelaku pembangunan. Untuk itu, perempuan harus didukung oleh semua pihak, termasuk memberikan pemahaman tentang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

"Kita ingin perempuan di Indonesia memiliki pengetahuan tentang IT. Apalagi, banyak pelaku usaha yang terdiri dari perempuan yang bergerak sebagai pelaku usaha UMKM," ujarnya.

Workshop serempak ini, mengarah kepada sosialisasi dan advokasi pengelolaan IT. Website serempak ini, juga lebih peduli untuk mensosialisasikan dan mendukung program yang berkaitan dengan perempuan dan anak.

"Jadi disana ada program sosialisasi dalam mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, tindak pidana perdangangan orang, dan akhiri kesenjangan ekonomi," tuturnya.

Sehingga tri and dapat di minimalisir, akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak,  tindak pidana perdagangan orang dan kesejangan ekonomi. Sehingga perempuan tidak dianggap lagi sebagai kaum yang tidak produktif.

Dengan adanya website tersebut, juga akan memberikan manfaat bagi perempuan Indonesia, seperti pengenalan brand dan produknya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar, Ernalis menyebutkan, dengan perkembangan teknologi yang pesat di zaman sekarang dapat dimanfaatkan oleh kaum ibu dalam mencari solusi dalam persoalam yang dihadapinya, terutama dalam peningkatan perekonomiannya. Apalagi, perempuan Indonesia memiliki potensi besar dalam membangun perekonomian negara. 

"Untuk itu, pemanfaat digital UMKM sangat membantu para pelaku untuk memasarkan dan meningkatkan produktivitas usaha mereka. Ini akan sangat membantu peningkatan taraf perekonomian terkhusus bagi mereka pelaku usaha rumahan," pungkasnya.

 

Reporter: Rina Akmal

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 21:42:39 WIB

    Wagub: Peran Perempuan Minang Cegah Radikalisme Sangat Besar

    Wagub: Peran Perempuan Minang Cegah Radikalisme Sangat Besar PADANG,HARIANHALUAN.COM – Selain radikalisme dan terorisme yang juga membuat tatatan masyarakat menjadi rusak lujar biasa adalah praktik  penyimpangan seksual atau yang terkenal dengan LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual dan Tran.
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 16:23:28 WIB

    Satpol PP Intensifkan Sosialisasi dengan Personil Perempuan

    Satpol PP Intensifkan Sosialisasi dengan Personil Perempuan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mengintensifkan tim sosialisasi dengan menurunkan personil wanita dalam memberikan sosialisasi ke berbagai kecamatan di Kabupaten Agam..
  • Rabu, 02 Mei 2018 - 12:12:52 WIB

    Buruh Perempuan Belum Terperhatikan

    Buruh Perempuan Belum Terperhatikan PADANG HARIANHALUAN.COM--Hingga saat ini kondisi buruh di Indonesia masih memprihatinkan, khususnya perempuan. Masih banyak mereka yang belum mendapatkan haknya dengan layak sebagai buruh..
  • Kamis, 29 Maret 2018 - 09:57:10 WIB

    Layak Jadi Pahlawan Nasional, Ruhana Kuddus Berjuang Untuk Perempuan dan Literasi

    Layak Jadi Pahlawan Nasional, Ruhana Kuddus Berjuang Untuk Perempuan dan Literasi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Upaya pengusulan Ruhana Kuddus menjadi Pahlawan Nasional tinggal beberapa langkah lagi. Selain dedikasinya yang tinggi dalam pergerakan dan perjuangan hak-hak perempuan, sebagian besar persyaratan .
  • Kamis, 25 Januari 2018 - 01:32:19 WIB

    Diskumperdag Dharmasraya Latih 70 Perempuan

    Diskumperdag Dharmasraya Latih 70 Perempuan DHARMASRAYA, HALUAN – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskumperdag) Kabupaten Dharmasraya bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian Perwakilan Sumatera Barat menyelenggarakan Diklat 3 in 1 Pembuatan Hiasan Busana de.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM