400 Warga Sumbar Akan Kawal Penetapan Pemilu di Jakarta


Senin, 20 Mei 2019 - 19:46:57 WIB
400 Warga Sumbar Akan Kawal Penetapan Pemilu di Jakarta Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penetapan Hasil Pemilu 2019 ini direncakan pada tanggal 22 Mei 2019, dikabarkan jutaan masyarakat akan melakukan aksi di Jakarta, setidaknya dari Sumbar akan datang sekitar 400 orang ke Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Irfianda Abidin saat dihubungi Haluan, Senin (20/5). Ia menyampaikan walaupun tidak ada dikoordinasikan masalah keberangkatan ke Jakarta. Namun antusias masyarakat Sumbar cukup tinggi untuk melakukan pengawalan terhadap penetapan hasil pemilu 2019.

"Untuk keberangkatan tidak ada dikoordinasikan, tetapi kita yakin jumlahnya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan aksi 212 lalu," kata Irfianda Abidin.

 

Ketua Mejelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Mingkabau (MTKAAM) ini menyampaikan banyaknya masayarakar yang datang itu hanya semata atas dasar kesadaran masyarakat Sumbar untuk mengawal hasil pemilu.

"Jadi kami berangkat ke Jakarta masing-masing tidak secara bersamaan, ada yang berangjat dengan pesawat ada juga yang berangkat menggunakan bus dan mobil pribada, saat ini sudah ada sebagian yang sudah di Jakarta dan juga ada yabg sedang dalam perjalanan," katanya.

 

Saat dimonfirmasi tentang satatus salah sorang di media sosial yang mengatakan masyarakat Sumbar mencarter 5 pesawat dan 50 bus untuk ke Jakarta. Irfianda menyatakan tidak mengetahui hal tersebut.

"Kalau itu saya tidak tau," jawab singkatnya.

 

Selanjutnya ia menyampaikan, untuk tuntunnya tidak jauh berbeda dengan aksi yang sebelumnya dilakukan di kantor KPU Sumbar yaitu tentang beberapa dugaan kecurangan yang terjadi sepanjang proses pemilu 2019 ini.

"Kami meminta KPU untuk jujur dan adil dalam pelaksanaan Pemilu tersebut dan mengungkap dugaan kecurangan yang terjadi, sebelum menetapan secara nasional," katanya.

 

Selanjutnya ia menyampaikan, juga meminta KPU untuk mengungkap meninggalnya ratusan penyelengara di Indonesia. Karena meninggalnya sekian banyak KPPS tentu perlu diungkap apa penyebabnya.

"Kami meminta KPU untuk usut tuntas tentang meninggalnya saudar-saudara kita yang meninggal," katanya.

 

Ia menyampaikan hari ini (kemarin, red) melakukan rapat persiapan tentang recana aksi yang akan dilaksanak besok (hari ini, red) di Jakarata.

"Malam ini kami rapat, insyallah kami akan memulai aksi pada Selasa (21/5) pukul 13.00 WIB sampai dengan apa yang menjadi tuntutan kami dikabulkan," katanya.

 

Reporter: yuhendra

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 September 2019 - 18:07:23 WIB

    Wah, Ternyata 400 Kapal Nelayan di Pasbar Tak Ada Izin Bawa Penumpang

    Wah, Ternyata 400 Kapal Nelayan di Pasbar Tak Ada Izin Bawa Penumpang PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 400 lebih kapal nelayan pencari ikan yang tercatat di Kabupaten Pasaman Barat, tidak satu pun memiliki izin sebagai kapal pengangkut orang atau penumpang. Sehingga, insiden yang terjadi beb.
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 14:44:31 WIB

    Mudik Gratis KM Sabuk Nusantara 68 Angkut 2.400 Penumpang

    Mudik Gratis KM Sabuk Nusantara 68 Angkut 2.400 Penumpang MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Sepanjang arus Mudik libur lebaran Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 kapal KM Sabuk Nusantara 68 telah membawa sedikit 2400 penumpang, dengan rute penyeberangan Kepulauan Mentawai - Padang..
  • Selasa, 10 April 2018 - 18:59:34 WIB

    Lantamal II Padang Bakal Punya 1400 Prajurit Tantama

    Lantamal II Padang Bakal Punya 1400 Prajurit Tantama PADANG, HARIANHALUAN.COM—Personel Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang bakal ditambah. Penambahan itu dilakukan di strata perwira, bintara dan tantama..
  • Senin, 06 November 2017 - 00:47:18 WIB

    BKKBN Edukasi 400 Kader KB Tanah Datar

    BKKBN Edukasi 400 Kader KB Tanah Datar TANAH DATAR, HALUAN - Sekitar 400 orang kader Keluarga Berencana (KB) di Tanah Datar mendapatkan edukasi untuk turut mensukseskan program KB secara nasional. Agenda komunikasi, informasi dan edukasi kreatif tersebut diusung B.
  • Rabu, 14 Juni 2017 - 21:59:20 WIB

    Remisi Idulfitri, Kanwil Kemenkumham Sumbar: Diprediksi untuk 1.400 Napi

    Remisi Idulfitri, Kanwil Kemenkumham Sumbar: Diprediksi untuk 1.400 Napi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Barat masih melakukan pendataan kepada narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) untuk mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 2017. Namun, pe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM