KPU Sumbar Klaim Tak Ada Kecurangan


Senin, 20 Mei 2019 - 20:03:48 WIB
KPU Sumbar Klaim Tak Ada Kecurangan ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, KPU sudah menjalankan proses tahapan sesuai dengan aturan dan koridor hukum.

"Tidak tepat rasanya kalau dikatakan ada kecurangan, karena yang dihitung dan diplenokan kan hasil hitung manual," ungkapnya, Senin (20/5).

Ia menjelaskan, setelah penghitungan perolehan suara selesai, hasil Pemilu di setiap TPS dicatat kedalam Fformulir model C1 yang ditandatangani oleh KPPS dan Saksi. Salinan C1 diserahkan oleh KPPS kepada pengawas TPS dan saksi peserta Pemilu. 

Selanjutnya, hasil Pemilu setiap TPS dalam suatu wilayah kecamatan direkapitulasi secara manual. Lembar per lembar berisi rincian hasil Pemilu dijumlahkan. Dibacakan oleh PPS, dan dihadiri oleh Saksi, serta diawasi juga oleh pengawas Pemilu. Pada tahapan ini, jika ada keberatan atas hasil Pemilu di TPS, kotak suara TPS yang sedang direkapitulasi, dimungkinkan untuk dibuka kembali dengan persetujuan Panwascam dan Saksi yang hadir. Dikembangkan lagi C1 Planonya atau bahkan dihitung ulang lagi surat suaranya. 

Selanjutnya, hasil rekapitulasi perolehan suara pada tingkat kecamatan dituangkan kedalam formulir model DA1 yang ditandantangani oleh PPK dan Saksi. Salinan DA1 diserahkan oleh PPK ke Panwaslu kecamatan dan saksi peserta Pemilu.

Begitu seterusnya. Perolehan hasil Pemilu setiap peserta Pemilu dijumlahkan secara manual, berjenjang sampai pada tingkatan nasional yang dihadiri Saksi dan Bawaslu. Akhirnya, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, pemenang Pemilu ditetapkan berdasarkan peraih suara paling banyak.

"Yang jelas, KPU sudah bekerja dengan maksimal, transparan, dan bahkan semua masyarakat dapat mengaksesnya," ujarnya.

Terkait KPPS yang meninggal, sakit, cacat, dan yang lainnya, ia mengatakan sudah ada program santunan untuk itu. Namun hingga kini prosesnya sedang berjalan, "akan ada santunan, bagi teman-teman kita yang terkena musibah tersebut, namun saya belum mendapatkan informasi sudah sampai dimana prosesnya sekarang," pungkasnya.

 

Reporter: Rina Akmal

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:06:23 WIB

    Partisipasi Pemilih Tinggi, KPU Sawahlunto Serahkan 60 Piagam Penghargaan

    Partisipasi Pemilih Tinggi, KPU Sawahlunto Serahkan 60 Piagam Penghargaan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menyerahkan piagam penghargaan kepada 60 lembaga dan instansi, sebagai wujud terima kasih atas terselenggaranya pemilihan umum (Pemilu) 2019 dengan su.
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 16:51:14 WIB

    KPU Sawahlunto Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

    KPU Sawahlunto Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tingkatkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) ke depan, Komisi Pemilihan Umum Kota Sawahlunto menggelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019,di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Kota.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 00:02:18 WIB

    Gelar Pleno Hari Minggu, KPU akan Tetapkan Capres-Cawapres Terpilih

    Gelar Pleno Hari Minggu, KPU akan Tetapkan Capres-Cawapres Terpilih JAKART, HARIANHALLUAN.COM-Penetapan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Pemilu 2019 akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada  rapat pleno terbuka, Minggu (30/6) pukul 15.30 di Gedung KPU RI.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 11:22:40 WIB

    Jelang Sidang Putusan di MK, Komisoner KPU Jalani Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik

    Jelang Sidang Putusan di MK, Komisoner KPU Jalani Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM— Menjelang sidang putusan gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) siang ini, Kamis (27/6), para Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menghadapi sidang dugaan pelanggaran etika di Kantor .
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 13:42:56 WIB

    KPU Putuskan Tak Hadirkan Saksi di Sidang MK

    KPU Putuskan Tak Hadirkan Saksi di Sidang MK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sidang lanjutan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi kembali digelar, Kamis (20/6). Sidang hari ini beragendakan mendengar keterangan saksi dari pihak termohon, dalam hal ini Komisi Pemilihan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM