Tuntut Pengusutan Kematian Massal PPS, Mahasiswa dan Aliansi BEM se-Sumbar Demo di DPRD


Senin, 20 Mei 2019 - 20:37:17 WIB
Tuntut Pengusutan Kematian Massal PPS,  Mahasiswa dan Aliansi BEM se-Sumbar  Demo di DPRD Unjuk rasa  ratusan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi dan Aliansi BEM se Sumbar di DPRD Sumbar, Senin (20/5). IRHAM

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Unjuk rasa  ratusan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi ke DPRD Sumbar  Senin (20/5),  diwarnai saling dorong  dengan personil kepolisian yang mengamankan aksi.

Dorong-dorongan tidak dapat dielakkan karena mahasiswa memaksa masuk ke dalam gedung DPRD Sumbar untuk melaksanakan sidang rakyat. Mereka beralasan  Sidang Rakyat mesti dilakukan karena tidak ada anggota dewan yang hadir sementara gedung ini berasal dari dana rakyatnya. Maka dari itu mereka menilai wajar dan pas datang ke gedung ini untuk menyampaikan aspirasi.
Setelah negosiasi dengan pihak sekretariat DPRD, perwakilan aktivitas mahasiswa masuk ke dalam dan diterima oleh Kabag Keuangan DPRD Sumbar Rismunandi.

Kordinator Aliansi BEM se Sumbar, Indra Kurniawan Rizki mengatakan aksi mahasiswa dilakukan berkaitan dengan Pemilu 2019 yang beberapa waktu lalu diselenggarakan. Di sini mahasiswa menuntut agar petugas KPPS yang sakit dan meninggal dunia pasca pemilu 2019 diberi santunan oleh pemerintah. 

Banyaknya pejuang demokrasi yang meninggal dan sakit saat pelaksanaan pemilu dinilai mahasiswa sebagai suatu hal yang tak bisa didiamkan begitu saja.

Selain itu mahasiswa juga mempertanyakan banyaknya kertas suara yang tercoblos saat Pemilu lalu. 

Indra menuturkan, kedatangan mahasiswa ke DPRD merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya yang telah dilakukan ke KPU Sumbar.

"Lima ratus lebih rakyat kita yang jadi petugas KPPS telah menjadi korban. Lima ratus itu adalah manusia semua, kita ingin korban, terutama yang ada di Sumatera Barat menerima santunan," ucapnya. 

Kedatangan mahasiswa tak satupun disambut anggota dewan, sebab sesuai agenda Bamus, dari 16 sampai 22 Mei mendatang anggota DPRD Sumbar melakukan kunjungan kerja luar daerah terkait pembahasan sejumlah Ranperda.

Kabag Keuangan DPRD Sumbar Rismunandi yang menerima pengunjuk rasa mengatakan, akan menyampaikan pada anggota dan pimpinan DPRD apa yang jadi aspirasi dari mahasiswa. 

"Kami akan catat lengkap dan melaporkan aspirasi ini kepada pimpinan dan anggota DPRD Sumbar," ujarnya. 

Rismunandi menegaskan DPRD Sumbar merupakan tempat bagi siapapun untuk menyampaikan aspirasi mereka. Semua aspirasi diterima dan ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan pemerintahan.

Reporter: LEN
Editor: DNJ





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM