Jalan Padang-Lubuk Basung Bakal Menjadi Jalan Nasional


Selasa, 21 Mei 2019 - 12:47:47 WIB

AGAM, HARIANHALUAN.COM — Jalan raya yang menghubungkan Kota Padang dan Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam direncanakan bakal segera ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional. Surat permohonan telah dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) dan saat ini, rencana tersebut tengah dibahas di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, saat menyambangi Masjid Raya Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam bersama Tim Safari Ramadan (TSR), Minggu (19/5) menyebut, pengalihan wewenang dari daerah ke pemerintah pusat ini dilatarbelakangi oleh ketidaksanggupan anggaran daerah menanggung wacana pelebaran jalan yang acapkali dilanda kemacetan tersebut.

"Jalan Padang–Lubuk Basung merupakan salah satu jalur yang cukup ramai dilalui kendaraan. Dari Padang ke Padang Pariaman, itu tidak ada masalah, karena jalannya sudah lebar. Akan tetapi, ketika memasuki Manggopoh, jalan mulai menyempit, sehingga sering menimbulkan kemacetan. Maka dari itu, solusi paling realistis untuk menanggulangi hal ini adalah dengan melakukan pelebaran jalan," ujar Irwan.

Namun sayangnya, ia melanjutkan, jika hanya mengandalkan APBD Sumbar saja, maka proyek pelebaran jalan itu mustahil dilakukan. Tidak ada cukup dana untuk itu. Oleh sebab itu, menjadikan jalan Padang–Lubuk Basung sebagai jalan nasional menjadi satu-satunya opsi yang tersisa.

"Beberapa waktu lalu, kami telah menyurati Kementerian PUPR, meminta agar jalan ini bisa menjadi jalan nasional. Sudah sempat dibahas juga, cuma belum ada keputusan final. Nah, apabila nantinya disetujui, maka proyek pelebaran jalan ini bakal ditanggung oleh APBN," tutur gubernur dua periode tersebut.

Menurut rencana, jalan yang melewati Nagari Manggopoh itu akan diperlebar menjadi tujuh meter dan ditambah dua meter kiri-kanan. Sehingga total menjadi 11 meter.

"Mau tidak mau memang harus dengan cara seperti ini, karena sebagian besar APBD sudah dialokasikan untuk proyek-proyek lainnya. Di Agam saja ada beberapa proyek yang sedang berjalan, mulai dari perbaikan jalan Palembayan, Matur, dan Palupuh. Tentunya kami berharap ini bisa segera disetujui, sehingga ketika SK-nya keluar, proyek bisa langsung dimulai," ujarnya.

 

Reporter: Dani 

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM