Tim Gabungan Tertibkan Aksi Galian C Ilegal


Selasa, 21 Mei 2019 - 14:36:49 WIB
Tim Gabungan Tertibkan Aksi Galian C Ilegal TIM gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pessel saat melaksanakan operasi penertiban pengambilan bahan galian C ilegal dan operasi penyakit masyarakat (pekat). M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pessel melakukan penertiban usaha galian C ilegal di Bukit Putus Kampung Lubuk Pasing, Kenagarian Talaok Kecamatan Bayang, Selasa (20/5).

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pessel Dailipal mengatakan, sebelum dilakukan operasi sudah diberikan penjelasan kepada pengusaha galian C, Ilwardi (42) bahwa bersangkutan bersedia menghentikan kegiatannya. Pihaknya berjanji akan mengurus izin, perjanjian ini ditangani oleh para pihak, sesuai dengan ketertuan aturan yang hukum berlaku.

Pengambilan batu, pasir dan tanah oleh pengusaha tersebut cukup memberikan dampak negatif terhadap rusaknya lingkungan, akibat puluhan unit truk yang bekerja membawa bahan galian ini akan dapat mempercepat kerusakan jalan yang dapat merugikan pemerintah dan pembangunan daerah.

Kemudian memberikan dampak buruk terhadap lingkungan masyarakat, akibat kabut jalan yang tebal disebabkan oleh truk pembawa bahan galian C ini membuat masyarakat risih. Kabut tanah yang bertebangan dapat mengundang penyakit, terutama terhadap warga yang dekat dari daerah pengambilan bahan galian C tersebut.

Dailipal menambahkan, tim Satpol PP juga secara rutin melancarkan operasi Penyakit Masyarakat (Pekat), penertiban kafe dan warung makanan yang buka disiang hari. “Penertiban hewan ternak dan galian C yang ada di daerah Pessel, guna untuk kenyaman dalam menunaikan ibadah dibulan puasa,” katanya.

Sedangkan sasaran operasi penertiban kenakalan remaja dan ternak berkeliaran diprioritaskan pada daerah kawasan wisata pantai, seperti Pantai Sago, Pantai Api dan kawasan keramian, pantai salah satu tujuan bagi genarasi muda memadu asmara pada malam hari yang perlu diwaspadai.

Kepada orangtua diimbau supaya selalu memperhatikan perkembangan anak, kemudian jangan biarkan mereka bebas bergaul. Pasalnya, akibat kelaian orang tua akan dapat membawa kerugian dan korban yang tidak dinginkan. “Generasi muda sangat peka dan rapuh dengan pengaruh lingkungan yang kurang sehat,” pungkasnya.

 

Reporter: M Joni

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 September 2019 - 08:35:59 WIB

    Karhutla Rambah Sumbar, Dewan Minta Pemprov Bentuk Tim Khusus

    Karhutla Rambah Sumbar, Dewan Minta Pemprov Bentuk Tim Khusus PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kalangan DPRD Sumbar meminta unsur terkait mengambil langkah pencegahan agar pencemaran udara akibat kabut asap yang meresahkan masyarakat tidak berulang dimasa mendatang..
  • Selasa, 10 September 2019 - 12:04:19 WIB

    Pemuda Pelopor Asal Nagari Lalan Disambangi Tim Kemenpora RI

    Pemuda Pelopor Asal Nagari Lalan Disambangi Tim Kemenpora RI SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Pemuda pelopor asal Nagari Lalan Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung, Yunike Filmar yang masuk nominasi penilaian pemuda pelopor tingkat nasional dikunjungi tim dari Kementerian Pemuda dan.
  • Kamis, 05 September 2019 - 17:53:39 WIB

    Empat Sekolah Agam Dinilai Tim LSS

    Empat Sekolah Agam Dinilai Tim LSS AGAM, HARIANHALUAN.COM - Tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Sumatera Barat tahun 2019 menilai sebanyak empat sekolah di Kabupaten Agam. Sekolah tersebut sebelumnya dinilai cakap dalam kompetisi tersebut..
  • Senin, 02 September 2019 - 16:34:50 WIB

    Mencoba Kabur, Pelaku Curanmor di Solsel Dihadiahi Timah Panas

    Mencoba Kabur, Pelaku Curanmor di Solsel Dihadiahi Timah Panas SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang tersangka dari komplotan pencuri sepeda motor (curanmor) yang biasa meresahkan masyarakat di Solok Selatan (Solsel) berhasil dihadiahi timah panas tim Satreskrim Polres Solsel. .
  • Rabu, 21 Agustus 2019 - 12:00:17 WIB

    Puluhan Tim Siswa SD di Sijunjung Ikuti Lomba Gerak Jalan Tepat Waktu

    Puluhan Tim Siswa SD di Sijunjung Ikuti Lomba Gerak Jalan Tepat Waktu SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin melepas pelaksanaan lomba gerak jalan tepat waktu tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat putra dan putri..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM