Tim Gabungan Tertibkan Aksi Galian C Ilegal


Selasa, 21 Mei 2019 - 14:36:49 WIB
Tim Gabungan Tertibkan Aksi Galian C Ilegal TIM gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pessel saat melaksanakan operasi penertiban pengambilan bahan galian C ilegal dan operasi penyakit masyarakat (pekat). M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pessel melakukan penertiban usaha galian C ilegal di Bukit Putus Kampung Lubuk Pasing, Kenagarian Talaok Kecamatan Bayang, Selasa (20/5).

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pessel Dailipal mengatakan, sebelum dilakukan operasi sudah diberikan penjelasan kepada pengusaha galian C, Ilwardi (42) bahwa bersangkutan bersedia menghentikan kegiatannya. Pihaknya berjanji akan mengurus izin, perjanjian ini ditangani oleh para pihak, sesuai dengan ketertuan aturan yang hukum berlaku.

Pengambilan batu, pasir dan tanah oleh pengusaha tersebut cukup memberikan dampak negatif terhadap rusaknya lingkungan, akibat puluhan unit truk yang bekerja membawa bahan galian ini akan dapat mempercepat kerusakan jalan yang dapat merugikan pemerintah dan pembangunan daerah.

Kemudian memberikan dampak buruk terhadap lingkungan masyarakat, akibat kabut jalan yang tebal disebabkan oleh truk pembawa bahan galian C ini membuat masyarakat risih. Kabut tanah yang bertebangan dapat mengundang penyakit, terutama terhadap warga yang dekat dari daerah pengambilan bahan galian C tersebut.

Dailipal menambahkan, tim Satpol PP juga secara rutin melancarkan operasi Penyakit Masyarakat (Pekat), penertiban kafe dan warung makanan yang buka disiang hari. “Penertiban hewan ternak dan galian C yang ada di daerah Pessel, guna untuk kenyaman dalam menunaikan ibadah dibulan puasa,” katanya.

Sedangkan sasaran operasi penertiban kenakalan remaja dan ternak berkeliaran diprioritaskan pada daerah kawasan wisata pantai, seperti Pantai Sago, Pantai Api dan kawasan keramian, pantai salah satu tujuan bagi genarasi muda memadu asmara pada malam hari yang perlu diwaspadai.

Kepada orangtua diimbau supaya selalu memperhatikan perkembangan anak, kemudian jangan biarkan mereka bebas bergaul. Pasalnya, akibat kelaian orang tua akan dapat membawa kerugian dan korban yang tidak dinginkan. “Generasi muda sangat peka dan rapuh dengan pengaruh lingkungan yang kurang sehat,” pungkasnya.

 

Reporter: M Joni

Editor: HSP




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 21:38:25 WIB

    Lomba Nagari Berprestasi,  Nagari Cubadak Dinilai Tim Tingkat Propinsi

    Lomba Nagari Berprestasi,  Nagari Cubadak Dinilai Tim Tingkat Propinsi BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM-Nagari Cubadak kecamatan Lima Kaum mewakili kabupaten Tanah Datar ke tingkat Sumatera Barat dalam rangka lomba nagari berprestasi. Tim penilai disambut dengan tari gelombang dan gendang tansa da.
  • Senin, 10 Juni 2019 - 17:39:53 WIB

    Petani Sawahlunto Optimistis Target Tanam Padi Tercapai

    Petani Sawahlunto Optimistis Target Tanam Padi Tercapai SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tingginya curah hujan semenjak awal hingga pertengahan 2019 ini, diharapkan bisa tercapai target tanam padi seluas 3.758 hektare di Sawahlunto. Sebagai perbandingannya, awal 2019 target tanam me.
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 15:49:54 WIB

    Emersia Santuni 600 Anak Yatim

    Emersia Santuni 600 Anak Yatim TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Managemen Hotel Emersia dan Resort Batusangkar melaksanakan buka bersama dengan Pemda Tanah Datar, mitra bisnis pariwisata, tokoh masyarakat dan 60 warga lingkungan di hotel Emersia, Batusangka.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 16:28:37 WIB

    Walau Hanya Ditimbun, Warga Sawahlunto Apresiasi Perbaikan Jalan Nasional

    Walau Hanya Ditimbun, Warga Sawahlunto Apresiasi Perbaikan Jalan Nasional SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Menyambut musim mudik Lebaran 1440 hijriah, sejumlah titik jalan nasional di Kota Sawahlunto mulai diperbaiki. Kendati tidak diperbaiki permanen, akan tetapi upaya yang dilakukan pemerintah dae.
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 22:43:22 WIB

    Perantau Situmbuak Salimpauang Pulang Basamo dan Santuni Anak Yatim

    Perantau Situmbuak Salimpauang Pulang Basamo dan Santuni Anak Yatim BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM—Keluarga Perantau Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpauang Kabupaten Tanah Datar menggelar Pulang Basamo dalam rangka mempererat silaturahmi dan Buka Puaa Bersama. Perantau yang tergabung dalam S.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM