Ketua LKAAM Padang Pariaman Ajak Masyarakat Menerima Keputusan KPU


Selasa, 21 Mei 2019 - 16:28:58 WIB
Ketua LKAAM Padang Pariaman Ajak Masyarakat Menerima Keputusan KPU H. Damsuar Ketua LKAAM Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Padang Pariaman, menghimbau masyarakat Padang Pariaman untuk menerim keputusan apapun KPU Pusat. Hal tersebut diutarakannya kepada awak media pada, Senin malam (20/5). 

Ketua LKAAM H. Damsuar mengatakan, untuk himbauan people power dari beberapa orang elit Partai Politik, diharapkan masyarakat Padang Pariaman tidak ikut-ikutan, kerana jelas gerakan ini mengarah ketindakan melawan hukum.

"Banyak makna dari kata people power. Namun jika dikaitkan dengan Pilpres sekarang, saya berpendapat ini lebih menjurus ke arah yang tidak baik," ujarnya.

Ia juga menegaskan, ketidak setujuannya dengan gerakan tersebut. Masyarakat Padang Pariaman harus cerdas dan berani dalam bersikap untuk menyatakan penolakanya dengan gerakan melanggar hukum ini," ujarnya lagi.

H.Damsiar juga sependapat dengan Ketua MUI Padang Pariaman, yang mengatakan, himbauan people power harus sesuai dengan syarat tertentu yang terkandung pada sila ke 4 dalam Pancasila. Dimana ia menolak adanya people power yang akhir-akhir ini digaungkan oleh elit Parpol tertentu.

Menurut Buya Syofyan people power yang diserukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahkan lebih cendrung ke arah yang anarkis. 

"Menurut saya pemahaman people power sebenarnya adalah kedaulatan rakyat merupakan  aspirasi rakyat yang diwakili oleh Dewan Perwakilan Rakyat dikarenakan tidak berjalannya program pembangunan yang dijadwalkan oleh suatu pemerintahan," jelasnya menambahkan.

Artinya, imbaun people power yang tepat, bila ada pemerintahan suatu daerah atau negara yang tidak menjalankan program pembangunan dengan benar maka sebagai rakyat wajib untuk menegurnya bahkan memberikan masukan pada pemerintahan tersebut agar kembali pada grand desain pembangunan yang telah ditetapkan bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menegur atau memberi masukan ini merupakan implementasi Sila ke 4 Pancasila sebagai cerminan kedaulatan rakyat.

"Saya pribadi menolak dengan seruan people power yang akhir-akhir ini digaungkan oleh elit Parpol. Karean menurut sata, seruan tersebut cendrung bisa mencedarai persatuan dan kesatuan bangsa nantinya," ujarnya.

Ketua LKAAM Padang Pariaman Damsuar juga menghimbau warga Padang Pariaman untuk tetap berada di lingkungannya dan tidak perlu ikut-ikutan menuju Jakarta. Lebih baik menjalankan ibadah dengan khusuk di Bulan Ramadan ini.

"Saya harapkan warga Padang Pariaman tidak ikut serta dalam acara aksi tersebut. Karena hanya membuang energi dan waktu saja. Lebih baik pergunakan waktu yang ada selagi Bulan Romadhan untuk tadarrus Quran. (h/rul)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 September 2018 - 15:25:12 WIB

    Soal Tabuik Haram, Ketua LKAAM Sumbar: Itu Wisata Budaya Bukan Pemujaan

    Soal Tabuik Haram, Ketua LKAAM Sumbar: Itu Wisata Budaya Bukan Pemujaan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar M.Sayuti, menanggapi isu yang mengatakan bahwa tradisi Tabuik hukumnya haram. Ia menegaskan bahwa acara tabuik di Pariaman hanyalah mer.
  • Ahad, 01 April 2018 - 11:57:34 WIB

    Pesta Demokrasi di Kelurahan Jalan Kereta Api, Pemilihan Ketua LPM Hingga Bundo Kanduang

    Pesta Demokrasi di Kelurahan Jalan Kereta Api, Pemilihan Ketua LPM Hingga Bundo Kanduang PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Warga Kelurahan Jalan Kereta Api, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman mengadakan pemilihan ketua LPM, PKK, bundo kanduan g, dan ketua karang taruna di SDN 15 Jalan Kereta Api, Minggu (1/4)..
  • Kamis, 12 Oktober 2017 - 17:38:51 WIB

    Ketua RT dan RW se-Bukittinggi Terima Honor

    Ketua RT dan RW se-Bukittinggi Terima Honor BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM--Ketua RT dan RW se-Kota Bukittinggi menerima honor triwulan ketiga dari  pemerintah setempat. Penyerahan honor dilakukan dalam kegiatan silaturahmi dan dialog Walikota Bukittinggi dengan Ketua.
  • Senin, 17 April 2017 - 11:21:38 WIB

    Ketua DPRD Pessel Ingatkan Soal Tata Ruang Mandeh

    Ketua DPRD Pessel Ingatkan Soal Tata Ruang Mandeh PESSEL, HALUAN -- Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra menyayangkan perusakan di Mandeh. Menurut Dedi, kawasan Mandeh semestinya dijaga agar tetap asri, bukan malah dirusak, dengan membabat hutannya. “Mandeh itu simbol ke.
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 11:38:04 WIB
    DPP GOLKAR BERHENTIKAN MUKHLIS RASYID

    Yusnidarti jadi Ketua DPRD Sijunjung

    Yusnidarti jadi Ketua DPRD Sijunjung SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Teka-teki siapa Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung akhirnya terjawab sudah. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akhirnya merekomendasikan Yusnidarti, menjadi Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, menga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM