Hasil Rekap Suara Ditetapkan, Ternyata Situng KPU  Belum 100 Persen


Selasa, 21 Mei 2019 - 23:02:03 WIB
Hasil Rekap Suara Ditetapkan, Ternyata Situng KPU  Belum 100 Persen Ketua KPU mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 tingkat nasional tengah malam. FB

HARIANHALUAN.COM- Ternyata  ketika menentapkan  hasil rekapitulasi suara tingkat nasional dini hari Selasa,   Komisi Pemilihan Umum   belum menyelesaikan input data perolehan suara ke Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng).

 Komisioner KPU Viryan Aziz menjelaskan kalau hal tersebut benar adanya. Namun, KPU akan tetap menyelesaikan proses input data yang belum mencapai 100 persen itu."Kita tetap meminta teman-teman menyelesaikan situng, karena itu hak publik untuk mendapatkan informasi," katanya  seperti dikutip sinarharapan.co, Selasa (21/5/2019).

Ia juga mengakui bahwa basis data dari hasil perolehan suara peserta pemilu berada di penghitungan suara di TPS, yang kemudian di input ke dalam formulir C1 di tingkat TPS.

Karena itu, form C1 yang merupakan bukti otentik perolehan suara yang akan tetap diinput ke dalam Situng oleh petugasnya ditingkat kabupaten/kota.

"Ingin tahu di TPS berapa suaranya berapa, dari dokumen yang otentik, dokumen apa adanya (form C1). Dan itu terus kami dorong teman teman sampai tadi pagi, kami meminta teman-teman di daerah terus menyelesaikan situng," katanya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, perihal kendala yang dialami petugasnya di tingkat kabupaten/kota, yang mana hal ini menjadi penyebab belum 100 persennya data perolehan suara masuk ke situng KPU.

"Kenapa belum selesai? Dimungkinkan terjadi karena sejumlah dokumen form C1 itu masih berada di dalam kotak (suara). Mestinya satu rangkap C1 oleh jajaran kami KPPS, itu harus diletakkan di luar, dalam amplop sendiri. Kemudian diantar ke kantor PPK, nanti petugas PPK mengantar ke petugas KPU kabupaten/kota untuk di entri dan di scan," Viryan menjelaskan.

"Namun di sejumlah TPS masih ada KPPS kami mungkin karena kelupaan atau juga lelah jadi itu semuanya dimasukkan ke kotak suara," tuturnya.
Karena hal itu, nantinya KPU akan menerapkan mekanisme khusus untuk mengambil form C1 yang ada di dalam kotak suara untuk dapat diinput ke dalam situng.

"Kalau masuk ke dalam kotak suara tentu perlu proses lain untuk mendapatkan form C1 itu, itu yang membuat kenapa belum bisa 100 persen. Namun sekali lagi ini bukanlah hasil resmi. Ini hanya sementara. Dengan sudah adanya hasil resmi tentu kita semua mengacu kepada hasil resmi yang sudah ditetapkan dini hari tadi pukul 01:46 WIB," Viryan menambahkan.

Sebelumnya pada dini hari  Selasa, KPU telah mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 tingkat nasional. Penetapan ini dilakukan setelah 10 hari pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara nasional di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat..(shc/dnj)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 23:33:00 WIB

    Ekonomi dan Oligarki akan Pengaruhi  Kerja DPR-DPD Hasil Pileg  2019 

    Ekonomi dan Oligarki akan Pengaruhi  Kerja DPR-DPD Hasil Pileg  2019  HARIANHALUAN.COM- Hasil Pileg 2019 tidak akan memberikan perubahan besar, terutama untuk DPR dan DPD. Sebab, terpilihnya para anggota legislatif di pemilu kali ini dinilai masih dipengaruhi kekuatan ekonomi dan oligarki polit.
  • Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:04:58 WIB

    MK Terima 333 Pendaftaran Gugatan Sengketa Hasil Pemilu

    MK Terima 333 Pendaftaran Gugatan Sengketa Hasil Pemilu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima 333 pendaftar permohonan perkara perselisihan hasil Pemilu 2019 untuk DPR, DPRD, dan DPD RI. .
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00:20 WIB

    BPN Tolak, Demokrat Terima Hasil Pleno KPU

    BPN Tolak, Demokrat Terima Hasil Pleno KPU HARIANHALUAN.COM – Partai Demokrat yang masuk gerbong Prabowo-Sandi, menandatangani hasil rekapitulasi. "Pemilu presiden dan wakil presiden ditandatangan oleh Ketua dan Komisioner KPU RI lengkap. Kemudian saksi paslon 01 at.
  • Jumat, 26 April 2019 - 19:09:17 WIB

    Ketua DPR Imbau Masyarakat Kawal Proses Rekapitulasi Hasil Pemilu 

    Ketua DPR Imbau Masyarakat Kawal Proses Rekapitulasi Hasil Pemilu  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam Pemilu 2019, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawal proses rekapitulasi hasil perolehan suara..
  • Rabu, 24 April 2019 - 20:27:23 WIB

    BPN Apresiasi Masyarakat Kawal Hasil Pemilu Dengan Kumpulkan C1

    BPN Apresiasi Masyarakat Kawal Hasil Pemilu Dengan Kumpulkan C1 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan mengapresiasi langkah masyarakat yang secara mandiri mengumpulkan form C1 plano. Langkah itu dinilai sebagai bagian dari upay.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM