Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli


Selasa, 21 Mei 2019 - 23:24:09 WIB
Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli Petani di Kota Padang sedang panen hasil tanaman padi. dok/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pangan Kota Padang memprediksi ada sekitar 4.731 ton beras akan dihasilkan dari panen padi di Bulan Mei ini. Panen kali ini akan menjamin ketersediaan dan harga beras akan stabil sampai setelah hari raya Idul Fitri di Bulan Juni nanti.

"InsyaAllah dalam beberapa bulan ke depan masih aman, dengan stok yang ada pada kita ditambah dengan panen pada Mei ini sekitar 4.731 ton," kata Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Syahrial, Selasa (21/5).

Ketersediaan beras di Kota Padang, kata Syahrial, juga bertambah setelah masuknya stok 2000 ton beras dari Bulog untuk Kota Padang.

"Kalau di total yang dari bulog stok pangan kita ada 8.000 ton lebih beras, jadi InsyaAllah tidak akan ada kekurangna beras atau pun harga yang melonjak sampai hari raya nanti," katanya.

Namun, untuk memastikan agar harga beras stabil, sanbungnya, pihaknya akan terus melakukan pemantauan ke pasar-pasar yang ada di Kota Padang.

"Kita harus pastikan juga, apakah di pasar tidak ada kenaikan," ujarnya.

Selain itu, kata Syahrial, Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus mengupayakan agar tidak terjadi lonjakan harga pangan menjelang hari Raya Idul Fitri Juni mendatang. Pihaknya terus menjalin komunikasi dengan petani-petani yang bekerja sama dengan Pemko Padang untuk kebutuhan pangan.

"Kita menyadari, kalau kebanyakan kebutuhan pangan kita itu di Kota Padang di dapatkan dari daerah lain, baik dari Sumbar atau pun Jawa," ujarnya.

Ia mengatakan, stok pangan di Kota Padang akan aman ketika tidak terdapat bencana alam yang mengganggu lalu lintas untu mencapai Kota Padang. "Untuk memasuki Kota Padang kan bisa melalui tiga sisi, salah satu saja yang rusak akan membuat pangan kita terganggu. Terlebih untuk pangan yang tidak bisa di stok dengan waktu yang lama," katanya.

Untuk sayur-sayuran, sambung Syahrial, biasanya di cukupi dari daerah sekitar Sumbar. Sedangkan untuk Cabe kebanyakan berasal dari daerah Jawa. "Tentu bagaimana kita berkomunikasi agar stok kita terus aman," sebutnya. ? Akmal

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 19:37:45 WIB

    Dilantik Walikota, Direksi Baru PDAM Padang Dituntut Hasilkan Air Minum

    Dilantik Walikota, Direksi Baru PDAM Padang Dituntut Hasilkan Air Minum PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang, Mahyeldi melantik jajaran Direksi PDAM Kota Padang periode 2019-2024 di Palanta Kota, rumah dinas Walikota, jalan A Yani Padang, Selasa (16/7). Pada kesempatan itu, direksi diharapk.
  • Rabu, 10 April 2019 - 10:40:15 WIB

    Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian

    Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna melihat penggunaan Bios 44 yang telah disosialisasikan Kodim 0312/Padang, Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah mengunjungi Demplot Bios 44 Koram.
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 10:36:04 WIB

    DPRD Padang Hasilkan Tujuh Perda

    DPRD Padang Hasilkan Tujuh Perda PADANG, HARIANHALUAN.COM--- - DPRD Kota Padang melaksanakan Sidang Paripurna penutupan masa sidang ketiga (September - Desember) tahun 2017 sekaligus pembukaan masa sidang pertama (Januari-April) 2018 pada Jumat (29/12)..
  • Senin, 16 Oktober 2017 - 05:32:34 WIB
    MENTERI BUMN IKUT BERSIH PANTAI

    43 Ton Sampah Berhasil Diangkat

    43 Ton Sampah Berhasil Diangkat PADANG, HALUAN- Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Rini Soemarno terjun langsung dalam kegiatan, Bersih-Bersih Pantai Padang Bersama BUMN, Minggu (15/10)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM