Kemenag Pasbar Gelar Khatam Alquran


Rabu, 22 Mei 2019 - 15:50:07 WIB
Kemenag Pasbar Gelar Khatam Alquran KELUARGA besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Selasa (20/5) melaksanaan khatam quran, peringatan nuzul quran, dan berbuka puasa bersama. Dalam gambar, kepala kantor dan pemandu khatam, mengiringi dimulainya khatam di aula kantor, Simpang Empat. GUSMZIAR

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Seiring dilaksanakanya peringatan nuzul Alquran tahun 1440 H secara nasional, jajaran Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diikuti kepala Kantor Urusan Agama (KUA) bersama kepala madrasah negeri, Selasa (21/5) melaksanakan khatam Alquran, dilanjutkan dengan nuzul quran dan buka puasa bersama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Miswan, didampingi Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas kepada Haluan menyampaikan, selain melaksanakan agenda rutin kelembagaan dan dilaksanakan setiap tahun. Khatam quran dilanjutkan dengan peringatan nuzul quran dan berbuka puasa bersama keluarga besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, juga tidak lanjut dari program nasional.

Khusus untuk peringatan nuzul quran, jelas Miswan, Kementerian Agama secara nasional, mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, seperti Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan peringatan nuzul quran. Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia, secara berkesinambungan terus dilaporkan.

Sistem pelaporan dari peringatan nuzul quran dimaksud, tambah kepala kantor, dikuatkan Kasubbag Tata Usaha, dari Kantor Kementerian Agama, seperti Kabupaten Pasaman Barat, dilaporkan berbentuk video yang diakses melalui pasilitas facebook dan website ke provinsi. Dari tingkat kantor wilayah lanjut ke tingkat pusat.

Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Syawal, sekaligus sebagai pemandu jalannya khatam quran Kantor Kementeran Agama Pasaman Barat menyampaikan, semarak gema ramadan ditandai dengan program tadarus elektronika, yang diimput oleh operator dari setiap pegawai kantor adalah agendarutin dan dilaksanakan setiap tahun.

Dari catatan yang diperoleh dari operator tadarus elektronik Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, jelas Syawal, sampai tanggal 21 Mei 2019 kemarin, telah ditamatkan bacaaan ayat al-quran sebanyak 16 kali. Yang melaksanakan tadarus elektronik, bukan saja bagi pejabat besama staf Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, tapi ditindaklanjuti Kantor Urusan Agama (KUA) dan madrasah negeri yang ada di daerah itu.

 

Reporter: Guzmizar

Editor: HSP

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 21:11:46 WIB

    Kemenag Sumbar Kucurkan Rp1,3 Miliar untuk Masjid dan Musahalla

    Kemenag Sumbar Kucurkan Rp1,3 Miliar untuk Masjid dan Musahalla PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) dan Binsyar menyalurkan bantuan untuk 30 rumah ibadah (mesjid dan mushalla). Bantuan ini diserahkan Plh. Kepala Kanwil dan Kabid Urais.
  • Kamis, 05 September 2019 - 16:17:00 WIB

    Alizar Resmi Jabat Plt Kakan Kemenag Kota Solok

    Alizar Resmi Jabat Plt Kakan Kemenag Kota Solok AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuoaten Solok, Drs H Alizar, M.Ag dipercaya menjadi pelaksana tugas Kepala Kantor Kemenag Kota Solok. Penyerahan tugas ini dilaksanakan di Kantor Kemenag Kota So.
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 14:23:27 WIB

    Rutan Sawahlunto Kerja Sama dengan Kemenag

    Rutan Sawahlunto Kerja Sama dengan Kemenag SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Kota Sawahlunto teken kerjasama pembinaan keagamaan dengan Kantor Kementrian Agama Kota Sawahlunto. Kerjasama dalam bentuk Memorendum of Understanding (Mo.
  • Rabu, 24 Juli 2019 - 15:55:16 WIB

    Kemenag Kabupaten Solok Salurkan Bantuan untuk Ponpes Syekh Mukshin

    Kemenag Kabupaten Solok Salurkan Bantuan untuk Ponpes Syekh Mukshin AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Kantor Kemenag Kabupaten Solok melalui Kemenag Peduli mendatangi dan menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran di Pondok Pesantren Syekh Mukhsin Supayang. Penyerahan dipimpin langsung oleh Ketua Ke.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 16:07:16 WIB

    20 ASN Kemenag Kab Solok Terima SK Naik Pangkat

    20 ASN Kemenag Kab Solok Terima SK Naik Pangkat AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 20 orang ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Solok, menerima SK Kenaikan Pangkat. SK ini diserahkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar, M.Ag di aula Hubbul Watha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM