Kemenag Pasbar Gelar Khatam Alquran


Rabu, 22 Mei 2019 - 15:50:07 WIB
Kemenag Pasbar Gelar Khatam Alquran KELUARGA besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Selasa (20/5) melaksanaan khatam quran, peringatan nuzul quran, dan berbuka puasa bersama. Dalam gambar, kepala kantor dan pemandu khatam, mengiringi dimulainya khatam di aula kantor, Simpang Empat. GUSMZIAR

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Seiring dilaksanakanya peringatan nuzul Alquran tahun 1440 H secara nasional, jajaran Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diikuti kepala Kantor Urusan Agama (KUA) bersama kepala madrasah negeri, Selasa (21/5) melaksanakan khatam Alquran, dilanjutkan dengan nuzul quran dan buka puasa bersama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Miswan, didampingi Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas kepada Haluan menyampaikan, selain melaksanakan agenda rutin kelembagaan dan dilaksanakan setiap tahun. Khatam quran dilanjutkan dengan peringatan nuzul quran dan berbuka puasa bersama keluarga besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, juga tidak lanjut dari program nasional.

Khusus untuk peringatan nuzul quran, jelas Miswan, Kementerian Agama secara nasional, mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, seperti Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan peringatan nuzul quran. Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia, secara berkesinambungan terus dilaporkan.

Sistem pelaporan dari peringatan nuzul quran dimaksud, tambah kepala kantor, dikuatkan Kasubbag Tata Usaha, dari Kantor Kementerian Agama, seperti Kabupaten Pasaman Barat, dilaporkan berbentuk video yang diakses melalui pasilitas facebook dan website ke provinsi. Dari tingkat kantor wilayah lanjut ke tingkat pusat.

Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Syawal, sekaligus sebagai pemandu jalannya khatam quran Kantor Kementeran Agama Pasaman Barat menyampaikan, semarak gema ramadan ditandai dengan program tadarus elektronika, yang diimput oleh operator dari setiap pegawai kantor adalah agendarutin dan dilaksanakan setiap tahun.

Dari catatan yang diperoleh dari operator tadarus elektronik Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, jelas Syawal, sampai tanggal 21 Mei 2019 kemarin, telah ditamatkan bacaaan ayat al-quran sebanyak 16 kali. Yang melaksanakan tadarus elektronik, bukan saja bagi pejabat besama staf Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, tapi ditindaklanjuti Kantor Urusan Agama (KUA) dan madrasah negeri yang ada di daerah itu.

 

Reporter: Guzmizar

Editor: HSP

 




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 15:57:25 WIB

    Kemenag Solsel Sidak ke Sekolah Madrasah

    Kemenag Solsel Sidak ke Sekolah Madrasah SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Tahun ini minat siswa meningkat untuk bersekolah di Madrasah di bandingkan tahun 2018. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solsel, Drs.H.Syahrul.M didampingi Kasi Pe.
  • Rabu, 14 November 2018 - 09:00:57 WIB

    16 Ribu Pelamar Kemenag Sumbar Jalani SKD

    16 Ribu Pelamar Kemenag Sumbar Jalani SKD PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 16.151 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk penempatan Kementerian Agama (Kemenag) di Provinsi Sumbar mulai bertarung di gelanggang seleksi kompetisi dasar (SKD), Sela.
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:59:18 WIB

    Peminat CPNS di Kemenag Sumbar Membludak

    Peminat CPNS di Kemenag Sumbar Membludak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Formasi CPNS Kementerian Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar diminati banyak pelamar. Sebanyak 11.419 pelamar terdaftar di situs sscn.bkn.go.id. Jumlah itu menempatkan Kemena.
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:33:38 WIB

    Lima Jabatan Eselon III Kemenag Sumbar Segera Terisi

    Lima Jabatan Eselon III Kemenag Sumbar Segera Terisi PADANG, HALUAN - Lima jabatan eselon III di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar segera diisi..
  • Selasa, 28 Februari 2017 - 20:51:32 WIB

    Kemenag Sumbar Raih Dua Penghargaan Nasional

    Kemenag Sumbar Raih Dua Penghargaan Nasional Majalah Penuntun Amal Bhakti (PAB) sebagai media komunikasi jajaran Kementerian Agama Sumatera Barat hendaknya jangan hanya dikonsumsi pegawai Kementerian Agama saja tapi bisa dijadikan referensi masyarakat luas..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM