Makam Syekh Burhanuddin Dibenahi Jadi Lokasi Wisata Religi


Kamis, 23 Mei 2019 - 04:01:03 WIB
Makam Syekh Burhanuddin Dibenahi Jadi Lokasi Wisata Religi Komplek Makam Syeikh Burhanuddin Padang Paraiaman.

HARIANHALUAN.COM – Makam Syekh Burhanuddin Ulakan, Padang Pariaman akan dijadikan lokasi wisata religi berstandar Nasional. Pembangunan lokasi tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran hingga Rp120 miliar.

Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur mengatakan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berencana membenahi kawasan cagar budaya makam Syekh Burhanuddin dalam waktu dekat ini. Pembenahan ini dilakukan, mengingat makam tersebut akan dijadikan lokasi wisata religi.

Ia juga menambahkan, Pemerintah Padang Pariaman sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi terkait rencana pembangunan tempat wisata religi di makam Syekh Burhannuddin Ulakan tersebut.

"Ini merupakan kelanjutan pembangunan Masjid dan makam Syekh Burhanuddin termasuk empat titik lain dari 12 titik yang akan dikerjakan," ujar Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur

Ia menyebutkan, pembangunan yang dilakukan di empat titik itu untuk melanjutkan pembangunan mushala, pagar, makam, dan relokasi lokasi kuliner hingga berikutnya renovasi permukiman, kantor wali nagari, dan sekolah dasar. Ia mengatakan, pemerintah pusat meminta agar administrasi terkait pembenahan tersebut selesai sebelum lebaran sehingga bisa segera masuk dalam masa tender.

"Hingga saat ini kami telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di makam Syekh Burhanuddin dan mereka mendukung," ujarnya menambahkan.
Ia menyebutkan tinggal tiga titik lagi yang harus dinegosiasikan dan pihaknya berharap proses tersebut dapat diselesaikan.

Pihaknya menyampaikan rencana induk pengembangan kawasan cagar budaya makam Syekh Burhanuddin tersebut telah selesai pada 2016 dan diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Yang penting sekarang bagaimana kami menyelesaikan administrasinya dulu," ujarnya.
Suhatri Bur juga menyampaikan, Dinas Pariwisata Sumbar juga berniat menjadikan tradisi Basapa yang biasa dilakukan oleh jamaah Syatariah di kawasan cagar budaya makam Syekh Burhanuddin sebagai kegiatan wisata religi.

Keinginan itu, menerut Suhatri But sudah disampaikan lansung oleh Kepala Seksi Promosi Konvensi Insentif Event dan Minat Khusus Dinas Pariwisata Sumbar Riza Chandra.

"Ya memang beberapa waktu yang lalu pihak Dinas Pariwisata Sumbar menjelaskan, dari beberapa pilihan potensi wisata yang lain, "Basapa" menjadi pilihan utama Dinas Pariwisata Sumbar karena memiliki potensi yang lebih besar dibandingan daerah lain," Suhatri Bur lebih lanjut menjelaskan. (h/rul)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Februari 2017 - 08:19:15 WIB

    Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman

    Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman PADANG PARIAMAN, HALUAN-Ratusan tokoh Padang Pariaman dan Sumatera Barat, ikut mensyalatkan dan mengantarkan jenazah H. Muslim Kasim ketempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lin.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:22:10 WIB
    JADIKAN KAWASAN WISATA RELEGIUS

    Mensos Khofifah Dukung Renovasi Makam M Yamin

    Mensos Khofifah Dukung Renovasi Makam M Yamin SAWAHLUNTO, HALUAN — Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menyambut baik rencana dan pengajuan proposal pemerintah kota Sawahlunto terkait pembangunan tugu dan renovasi areal pemakaman Maha Putra Muhammad Yamin.Pemban.
  • Kamis, 28 April 2016 - 05:07:12 WIB

    Menteri Khofifah Setuju Renovasi Makam Mahaputra M. Yamin

    Menteri Khofifah Setuju Renovasi Makam Mahaputra M. Yamin JAKARTA, HALUAN — Meski berlangsung singkat, perte­muan Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf dengan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa mem­­buahkan hasil. Proposal pembangunan tugu dan reno­vasi areal Makam Mohammad .
  • Jumat, 01 April 2016 - 04:39:04 WIB

    Kompleks Makam Syekh Burhanuddin Terbakar

    PADANG, HALUAN — Kompleks makam Syekh Burhanudin di Ulakan Tapakis Kabupaten Pa­dang Pariaman, Kamis (31/3) siang ter­bakar. Akibatnya, sebuah surau tua yang ada di kompleks makam tersebut, nyaris ludes dilahap si jago me.
  • Selasa, 15 Desember 2015 - 03:23:45 WIB
    Warga Barangin, Sawahlunto Heboh

    Ibu Kandung Dimakamkan Tanpa Dikafani

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Ngatimun (45), warga Padang Malintang Desa Santur, Kecamatan Bara­ngin, Sawahlunto mengaku telah mengubur jasad ibu kandungnya, Ngatemi (81) yang meninggal beberapa hari lalu, Minggu (13/12). Tindakan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM