BI Sumbar Siapkan Rp4,6 Triliun Uang Kecil Guna Hadapi Idul Fitri


Kamis, 23 Mei 2019 - 16:16:47 WIB
BI Sumbar Siapkan Rp4,6 Triliun Uang Kecil Guna Hadapi Idul Fitri ilustrasi
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil, Bank Indonesia Sumatera Barat siapkan sebanyak Rp4,6 triliun tahun ini. Bersama perbankan melaksanakan layanan penukaran uang pecahan kecil, masyarakat diimbau supaya tidak menukarkan uang di tepi jalan.
 
"Penukaran uang sudah berlangsung saat ini melalui kegiatan kas keliling. Sebanyak 19 lokasi layanan kas keliling tersebar di tujuh lokasi di wilayah Padang dan 12 lokasi di kabupaten/kota di Sumbar," kata Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama.
 
Ia menjelaskan, kas keliling penukaran uang tersebut sudah dimulai dari 7-29 Mei 2019 pukul 08.30-12.00 WIB. Jumlah lokasi kas keliling ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan layanan kas keliling tahun lalu yang hanya tersebar di lima lokasi mencakup Kota Padang dan beberapa kabupaten/kota. 
 
"Untuk Kota Padang, penukaran berakhir pada 29 Mei di Mesjid Raya Sumbar. Kami berharap masyarakat bisa menukarkan uang pecahan kecil tersebut di tempat yang telah ditentukan, bukan di tepi-tepi jalan. Karena selain dikuatirkan ada uang palsu, lembar uang juga bisa saja berkurang dan juga memakai biaya," terang Wahyu.
 
Wahyu melanjutkan, tahun ini jumlah yang disiapkan mengalami peningkatan sebesar 8 persen dibandingkan ramadan tahun lalu. Untuk kelancaran dan kenyamanan masyarakat yang hendak melakukan penukaran melalui layanan kas keliling, Wahyu mengatakan masyarakat perlu memperhatikan beberapa aturan.
 
"Layanan penukaran hanya melayani penukaran dari pecahan besar ke pecahan kecil. Oleh karena itu, pecahan yang diterima adalah Rp100.000 dan Rp50.000. Uang Pecahan Kecil yang disediakan untuk penukaran adalah Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000," ulas Wahyu.
 
Wahyu menambahkan, sebelum melakukan penukaran, uang pecahan besar agar dirapikan dan disusun sesuai urutan pecahan. Kemudian, masyarakat hendaknya memperhatikan keamanan saat menuju atau meninggalkan lokasi kegiatan penukaran.
 
"Tukarlah uang di bank atau sarana kas keliling Bank Indonesia karena lebih aman, uang dijamin asli, jumlahnya sesuai dan gratis tanpa dipungut biaya," imbau Wahyu.
 
Reporter: Rahma Winda
Editor: HSP

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:35:50 WIB

    Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT

    Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT HARIANHALUAN.COM - Pergerseran pola konsumsi energi dan keterbatasan energi fosil mendorong Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong lahirnya bibit-bibit wirausahawan baru di sektor Energi Baru Te.
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:58:24 WIB

    Kemungkinan Resesi Besar, Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi RI Lebih Baik dari pada Negara Lain

    Kemungkinan Resesi Besar, Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi RI Lebih Baik dari pada Negara Lain HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini pertumbuhan ekonomi akan membaik di kuartal III dan IV mendatang. Kendati demikian, kemungkinan untuk resesi alias pertumbuhan PDB dua kua.
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:39:53 WIB

    Kondisi Ekonomi Indonesia Dianggap masih Lebih Baik dari Negara Lain

    Kondisi Ekonomi Indonesia Dianggap masih Lebih Baik dari Negara Lain HARIANHALUAN.COM - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Arif Budimanta mengklaim, kondisi ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan beberapa negara lain meski terkontraksi minus 5,32 persen. Banyak negara yang ekonominy.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 10:44:03 WIB

    Toshiba Tutup Bisnis Laptop

    Toshiba Tutup Bisnis Laptop HARIANHALUAN.COM - Toshiba secara resmi telah menutup lini bisnis laptop. Padahal, perusahaan ini telah terjun ke bisnis tersebut hampir 30 tahun. Sayonara!.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 20:56:51 WIB

    Bos Mitsubishi Mundur, Ternyata Ini Penyebabnya

    Bos Mitsubishi Mundur, Ternyata Ini Penyebabnya HARIANHALUAN.COM - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan Osamu Masuko mundur dari jabatan sebagai ketua dewan dan pejabat eksekutif. Menurut MMC, Masuko mundur karena masalah kesehatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]