Pemko Payakumbuh Butuh Dana Rp200 Miliar untuk Bangun Stadion


Kamis, 23 Mei 2019 - 16:27:54 WIB

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pemko Payakumbuh, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, bakal melaksanakan pembangunan stadion olahraga yang representatif serta gelanggang Olahraga (GOR) mulai tahun anggaran 2019 ini di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Untuk biaya pembangunan stadion tersebut sampai selesai membutuhkan dana sebesar Rp200 miliar. Namun rencana pembangunannya dilakukan secara bertahap,”ungkap Kadis Parpora Payakumbuh Elfriza Zaharman didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga Delni Putra ST di kantornya kemarin.

Menurut dia, pembangunan stadion tahap awal untuk lapangan sepak bola yang dibiayai dana APBD Payakumbuh sebesar Rp2,1 miliar. Tahun anggaran 2020 nanti direncanakan alokasi dananya sebesar Rp10 miliar.

Secara keseluruhan stadion tersebut akan berkapasitas 30 ribu penonton, dilengkapi dengan track lari seperti stadion Kubu Gadang. Selain itu stadion itu nantinya berwawasan wisata, karena dekat dengan reklamasi batang Agam, dilengkapi dengan jalanlingkar sepanjang 800 meter.

Sementara untuk pembangunan GOR akan dilaksanakan di lokasi yang berdampingan, saat ini dalam proses persiapan tender dengan biaya total Rp13,9 miliar dari DAK bidang pendidikan sub bidang olahraga. Bangunan berukuran 42x49 meter, nanti dilokasi tersebut untuk pertandingan futsal, basket, tenis lapangan, voli dan takraw, ujar Elfriza.

Dikatakannya, pekerjaan pembangunan GOR diharapkan rampung akhir Desember 2019. Yang menggembirakan, dari 40 daerah yang dapat DAK pembangunan GOR, Kota Payakumbuh adalah satu satunya di Sumatera Barat, ujar delni Putra menambahkan.

 

 

Reporter: Zulkifli

Editor: HSP

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]