Makam Syekh Tompuah Sakati Talawi Dikonservasi Jadi Wisata Religi


Kamis, 23 Mei 2019 - 21:22:00 WIB
Makam Syekh Tompuah Sakati Talawi Dikonservasi Jadi Wisata Religi Makam Syekh Tompuah Sakati Talawi Dikonservasi Jadi Wisata Religi

HARIANHALUAN.COM- Makam Ulama Syekh Tompuah Sakati di Dusun Kubang Gajah Desa Talawi Hilie Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto akan di Konservasi menjadi kawasan wisata religi. Saat ini Pemerintah Desa Talawi Hilie tengah melakukan pemetaan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman terkait rencana konservasi.

"Bersama dinas terkait telah dilakukan survey termasuk dengan pemilik lahan. Hasil survey di sepakati dukungan dana untuk konservasi makam akan dimasukan kedalam RKPDes 2020 dan RKPD Kota Sawahlunto 2020," ujar Kades Talawi Hilie, Ferdian Irwan kepada Haluan, Kamis (23/5).

Sebelumnya, sebut Ferdian makam Syekh Makam Tompuah Sakati yang merupakan ulama penyebar agama Islam pada abad 18 itu pada 2015 lalu telah ditetapkan menjadi salah satu situs cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman kota Sawahlunto.

"Dan melalui dana desa Talawi Hilie, kami juga ingin berkontribusi dalam pengembangan makam Syekh Tompuah Sakati. Ini wujud kepedulian dan tanggungjawab kami sebagai anak cucu kemenakan dari ulama besar ini," katanya.

Adapun poin-poin perencanaan konservasi antara Pemdes Talawi Hilie dengan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto, yakni pembuatan paving blok diarea pelataran makam, pembuatan kanopi, pemasangan keramik pada lantai makam, pemberian tanda penunjuk arah, pembuatan gapura di jalan masuk serta penambahan aksesoris untuk meningkatkan keindahan makam.

"Alhamdulillah rencana konsevasi makam ini disambut antusias oleh warga dan pemilik lahan. Diharapkan dengan adanya konservasi akan menambah kenyamanan pengunjung dalam berwisata religi ke makam Syekh Tompuah Sakati," ujarnya.(h/rki)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 April 2016 - 04:07:30 WIB
    Mendagri Jadi Inspektur Upacara

    Jenazah Gubernur Kepri Dimakamkan di TMP

    Jenazah Gubernur Kepri Dimakamkan di TMP TANJUNGPINANG, HALUAN — Jenazah Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Mohammad Sani dimakamkan di taman makam pahlawan (TMP) Batu 5 Tanjungpinang..
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:15:33 WIB

    Pemko Tanjungpinang Usulkan Pemakaman Dikenai Retribusi

    TANJUNGPINANG, HA­LUAN — Pem­ko Tan­jung­pinang, me­ngu­sulkan Pe­raturan Daerah mengenai tarif retribusi pe­layanan pemakaman. Kasi Pe­makaman Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang, .
  • Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:33:53 WIB

    Ratusan Pelayat Ikuti Proses Pemakaman Hj Mukhniarti

    Ratusan Pelayat Ikuti Proses Pemakaman Hj Mukhniarti PEKANBARU, HALUAN — Suasana duka mendalam diiringi tangis, mengiringi pemakaman Hj Mukhniarti Basko, di Taman Makam Bahagia Pekanbaru, Jumat (29/1). Tempat itu menjadi peristirahatan terakhir anggota DPR RI dapil Riau yang .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM