Pesisir Selatan Targetkan PAD Pariwisata Rp600 Juta Selama Lebaran


Kamis, 23 Mei 2019 - 21:33:23 WIB
Pesisir Selatan Targetkan PAD Pariwisata Rp600 Juta Selama Lebaran Pantai Carocok Painan menjadi pilihan utama bagi pengunjung saat libr Lebaran

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama libur lebaran di daerah itu Rp600 juta.

"Target Rp600 juta itu kami prioritaskan pada empat kawasan wisata di daerah ini, yakni Carocok Painan, Kawasan Mandeh Tarusan, Jembatan Akar dan Bayang Sani," ujar Hadi Susilo di Painan, Kamis (23/5).

Menurut dia, selama libur lebaran sekitar 45 ribu wisatawan bakal meramaikan sejumlah objek wisata di daerah itu.

"Pihak kami optimis target tersebut bakal tercapai selama 10 hari kedepan. Sebab, kunjungan wisatawan dipastikan membludak selama libur lebaran," katanya.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung selama liburan di Pessel, lanjut Hadi, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah intansi terkait, seperti Pol PP, Dinas Perhubungan, Polri, TNI, Camat, Wali Nagari termasuk tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

"Untuk kawasan wisata yang diluar kewenangan Pemda, kami menganjurkan masyarakat memakai tiket resmi dari Dinas Pendapatan Daerah. Hal ini untuk mengantisipasi Pungli atau kegiatan yang bertentangan dengan hukum nantinya," ucapnya.

Ia menambahkan, khusus kawasan Carocok Painan, selama libur lebaran pengunjung bakal di hibur dengan sejumlah atraksi dan kegiatan pentas seni yang berkolaborasi dengan Rabab Pasisie, untuk memeriahkan wisatawan.

"Untuk parkir di kawasan Carocok, kami akan rekrut masyarakat setempat menjadi petugas parkir. Sementara pengunjung yang parkir pada lahan masyarakat, tiketnya akan diberlakukan dengan tarif yang sama dari Pemda," tuturnya.

Pihaknya juga menghimbau agar wisatawan yang ingin berkunjung ke Pessel, selalu menggunakan tiket resmi yang sudah disediakan oleh Pemkab setempat, ikuti rambu-rambu yang ada, serta kenali petugas parkir atau pelaku usaha wahana, atraksi, boat sesuai dengan atributnya.

"Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berada ditempat wisata. Jika pengunjung masuk tanpa tiket resmi, maka keamanan dan kenyamanan pengunjung tidak dapat kami jamin. Sebab, jika terjadi kecelakaan, pengunjung tidak dapat asuransi. Begitupun sebaliknya," ujarnya. (h/kis)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 19:16:05 WIB

    Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan Masuk Nominasi ISTA 2019

    Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan Masuk Nominasi ISTA 2019 PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, masuk nominasi pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019..
  • Ahad, 21 Juni 2015 - 18:44:44 WIB

    Pesisir Riau Masih Memprihatinkan

    PEKANBARU, HALUAN — Plt Gubernur Riau Arsya­djuliandi Rachman mengakui, kondisi pembangunan di kawasan pesisir Riau, hingga kini masih mem­prihatinkan. Hal itu mulai dari ketersediaan infras­truktur, sarana kesehatan,.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM