Kadisdik Sumbar Minta Dukungan Daerah


Jumat, 24 Mei 2019 - 15:31:14 WIB
Kadisdik Sumbar Minta Dukungan Daerah Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri memberikan arahan dalam silaturrahim dan temu ramah bersama kepala SMA/SMK/SLB dan pengawas se Cabang Dinas Wilayah III (Kab. Solok, Kota Solok dan Kab. Solok Selatan) di resto D'Relazion Kota Solok, Kamis (23/5). WANDI MALIN
SOLOK, HARIANHALUAN.COM --Belum genap sebulan menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri, SE, M.Si langsung melakukan akselerasi dan konsolidasi di internal Dinas Pendidikan tersebut. Sinyalemen itu terungkap saat kegiatan silaturrahim dan temu ramah  bersama kepala SMA/SMK/SLB dan pengawas se Cabang Dinas Wilayah III (Kab. Solok, Kota Solok dan Kab. Solok Selatan) di resto D'Relazion Kota Solok, Kamis (23/5).
 
"Usai dilantik awal bulan lalu, gubernur memerintahkan untuk segera melakukan akselerasi  dan konsolidasi organisasi dibawah dinas pendidikan. Salah satunya adalah kegiatan yang kita laksanakan ini," kata Adib Alfikri dihadapan peserta temu ramah.
 
Dia menyebutkan, banyak tugas berat ke depan yang tak bisa dipikul oleh hanya seorang kepala dinas saja, terutama dalam mencapai target pembangunan daerah di bidang pendidikan. Lantaran itu, dibutuhkan super tim dalam menjalankan berbagai perencanaan dan tugas-tugas sesuai dengan tupoksi organisasi. "Saat ini kita tak butuh superman (manusia super). Tapi kita butuh super tim yang terdiri dari orang-orang hebat yang solid dalam menjalankan tugas," ucapnya.
 
Ke depan kata Adib, pihaknya akan memaksimalkan fungsi cabang dinas untuk memudahkan tugas para kepala sekolah dan pengawas yang biasanya harus selalu ke Padang. Pertemuan seperti ini juga akan digilir, sehingga semua potensi yang dimiliki bisa dikunjungi dan semua persoalan yang terjadi di daerah bisa ditampung dan diakomodir untuk dicarikan solusinya.
 
Terkait pengelolaan asset, pihaknya akan mendatangkan tim dari padang untuk memberikan bembekalan kepada SMA/SMK dan SLB dalam menginventarisir pelaporan seluruh asset, sarana dan prasarana yang ada di bawah Disdik Sumbar. "Saya harapkan dukungan dari semua pihak utamanya para kepala sekolah yang ada di daerah untuk mensukseskan berbagai program pendidikan di Sumbar," ujarnya.
 
Sebelumnya, Ketua pelaksana H. Zulkifli, SPd, MM menyebutkan silaturrahim itu dihadiri oleh kepala sekolah sebanyak 79 orang sisanya ditambah pengawas sebanyak 25 orang, sehingga seluruhnya berjumlah 104 orang. Kegiatan ini utamanya adalah temu ramah dengan kepala dinas pendidikan yang baru menjabat kurang 1 bulan. "Semoga dengan kegiatan ini, komunikasi dalam memajukan pendidikan di wilayah 3 Sumbar bisa berjalan baik," ucapnya.
 
Searah dengan itu, Kepala cabang dinas Pendidikan wilayah III Sumbar Israr A, S.Pd. mengatakan, pihaknya bersama peserta sangat menanti kehadiran Kadis yang baru di Solok, bahkan ada yang sudah datang dari jam 13.00 siang. Kegiatan ini kata dia, sepenuhnya difasilitasi oleh MKKS di wilayah tiga secara sukarela.
 
Sementara itu, menyusul penyerahan kewenangan SMA kepada Provinsi membuat SMA tak lagi bertanggung jawab kepada daerah masing-masing. Kondisi ini membuat sekolah-sekolah yang berada dipelosok, kadang kesulitan untuk melakukan koordinasi kepada dinas pendidikan yang ada di ibukota Provinsi. Tersebeb itu, cabang dinas yang berada di beberapa wilayah memiliki peran strategis dalam mengakomodir dan mengkoordinasikan berbagai program yang ada.  "Kami ingin, kawan-kawan MKKS di Wilayah 3 ini kompak dan tidak lagi berbicara atas nama daerah masing-masing," ujarnya.
 
Usai perkenalan dengan seluruh kepala sekolah dan pengawas di lingkup Cabang dinas pendidikan wilayah tiga Solok, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh Kasubag TU Kemenag Kab. Solok H. Fuadi Nawawi, S.Ag MA,  hingga ditutup dengan jamuan buka puasa bersama.
 
Reporter: Yutiswandi
Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Januari 2016 - 04:13:08 WIB

    Kadisdik Tanah Datar Kaget, Siswi SMA Hamil 6 Bulan

    TANAH DATAR, HALUAN — Salah seorang oknum sis­wi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Ta­nah Datar hamil di luar ni­kah. Siswi tersebut diduga te­lah berhubungan badan de­ngan tiga orang lelaki ti­dak ber­tanggun.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM