Didukung Jalan Baru, Pantai Air Manis Makin Primadona Untuk Libur Lebaran


Jumat, 24 Mei 2019 - 20:01:15 WIB
Didukung Jalan Baru, Pantai Air Manis Makin Primadona Untuk Libur Lebaran Seorang wisatawan saat mengunjungi Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kawasan wisata Pantai Air Manis Kota Padang bakal menjadi tempat tujuan wisata pilihan bagi pengunjung saat Liburan Idul Fitri 1440 nanti. Hal ini juga didukung dengan telah selesainya pembangunan jalan lingkar Nipah – Pantai Air Manis.

“Sebelum jalan lingkar ini selesai, memang akses ke Pantai Air Manis cukup menantang, karena jalan kecil dan tanjakan tinggi. Tapi sekarang jalan lingkar sudah selesai. Tak cukup waktu 15 menit dari pusat kota sudah sampai ke Pantai Air Manis,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Didi Aryadi kepada Haluan (Group HarianHaluan.Com), Jumat (24/5).

Didi menyebutkan, khusus untuk Pantai Air Manis sedang dalam persiapan, baik itu kegiatan maupun lokasinya. Untuk kegiatan, selama dua pekan selama lebaran disediakan sederetan festival di kawasan pantai Air Manis yang dikenal dengan legenda Batu Malin Kundang tersebut.

"Kegiatan beragam, ada pertunjukan kasidah, orden tunggal, pertunjukan dari sanggar-sanggar dan kegiatan lainnya. Kemudian, untuk pengawasannya kami sudah membuat posko yang berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP," terang Didi.

Ia menyebutkan, selama dua pekan jalan menuju pantai tersebut akan dijaga oleh Dishub. Termasuk Satpol PP soal keamanan dan ketertibannya.

"Untuk tingkat kunjungan kami optimis wisatawan akan antusias mengunjungi pantai Air Manis meski dalam suasana harga tiket yang mahal. Sekitar tujuh sampai 10 persen tingkat kunjungan pasti meningkat melihat kondisi pantai yang sudah menjadi idola wisatawan," katanya.

Didi optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bisa diperoleh dari kunjungan wisatawan ke Pantai Air Manis. Selain itu, jalan menuju pantai seperti Batang Arau juga mulai diminati oleh pengunjung.

"Meski wisatawan nusantara kami prediksi mengalami penurunan kunjungan, namun akan tertutupi dengan kunjungan dalam provinsi. Kita lihat saja saat lebaran nanti," ujar Didi.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri membenarkan bahwa kordinasi soal pengawasan di Pantai Air Manis saat lebaran mulai digagas. Petugas akan mulai memasabg rambu di pintu masuk ke dua sisi.

"Kami akan pasang rambu di tempat yang memungkinkan dan belum terpasang. Supaya wisatawan tidak ada yang berhenti sembarangan atau bisa menaati rambu supaya menghindari kemacetan saat lebaran," sebut Dian.

Soal pintu masuk ke pantai, Dian menyebutkan masih dalam pembahasan bagaimana aplikasinya. Karena jalan menuju masuk tersebut cukup kecil sehingga mengharuskan jalan buka tutup.

"Berkemungkinan jalan buka tutup di pintu bawah masuk kembali kami lakukan seperti tahun sebelumnya. Mengingat pelebaran jalan di kawasan tersebut baru dianggarkan dan dikerjakan usai lebaran," tutur Dian. (h/win)

 




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM