Ratusan Mahasiswa dari HMI Padang Unjuk Rasa, Tuntut  Penyelenggaraan Pemilu 2019 Dievaluasi


Jumat, 24 Mei 2019 - 20:53:38 WIB
Ratusan Mahasiswa dari HMI Padang  Unjuk Rasa, Tuntut  Penyelenggaraan Pemilu 2019  Dievaluasi Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padang, berunjuk rasa ke DPRD Sumbar, Jumat (24/5). IST

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Ratusan demonstran yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padang, berunjuk rasa ke DPRD Sumbar, Jumat (24/5). Kedatangan HMI Cabang Padang ke DPRD menuntut evaluasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019, selain itu meminta pemerintah daerah memberikan santunan untuk keluarga KPPS yang meninggal dunia. 

"Pemda mesti memperhatikan nasib keluarga KPPS yang meninggal, secara nasional telah jatuh sebanyak 600 orang mereka harus mendapatkan santunan secepatnya, " ujar koordinator aksi Iranda, saat melakukan orasi di halaman gedung DPRD Sumbar.

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

TAUTAN

Tuntut Pelaksanaan Pemilu Jurdil, KAMMI Unjuk Rasa di Depan Gedung KPU Sumbar

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

Dia mengatakan, melihat kondisi sekarang, dimana negara tengah dilanda persoalan tidak optimalnya pelaksanaan pesta demokrasi, hal ini mesti ditindaklanjuti oleh unsur terkait. Masalah meninggalnya anggota KPPS, mesti diusut tuntas.

Massa sendiri mendatangi  gedung DPRD Sumbar Pukul 15.30 WIB, dengan membawa atribut bendera HMI dan spanduk yang bertuliskan tuntutan perihal evaluasi pelaksanaan Pemilu, lebih lanjut. Irianda menuturkan, instansi pemerintahan seperti Polri harus bisa menegakan fungsi Undang- Undang ditengah kondisi politik yang memanas pasca Pemilu.

Baca Juga : Rp500 Juta Raib, Nasabah Bank di Kediri Dirampok

Ia menambahkan, untuk pelakanasaan Pemilu yang lebih baik pemerintah pusat harus merevisi Undang-Undang Nomor (UU) 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pemilu. Setidaknya, tidak ada kejadian yang sama pada tahun berikutnya.

Tidak hanya  itu , katanya, pemerintah mesti menjalankan sistem dengan menyunjung tinggi nilai-nilai Undang-Undang Dasar 1945. Indonesia merupakan negara hukum maka setiap tugas pokok dan fungsi lembaga sesuai dengan  dasar negara tersebut.

Baca Juga : Dilaporkan ke Polisi, Ketua Koperasi Sawit Datuk Nan Sembilan Bantah Langgar Aturan

Pada kesempatan itu, massa disambut oleh kepala bagian hubungan masyarakat (Humas) Sekertariat DPRD Sumbar Lazuardi,  dia mengatakan untuk saat ini, anggota dewan tengah melakukan pembahasan beberapa rancangan peraturan daerah (Ranperda) di luar kota. Menurut dia, aspirasi yang disampaikan akan ditindaklanjuti secara administrasi dari kelembagaan. Pada kesempatan yang sama beberapa perwakilan mahasiswa dibawa berkeliling gedung DPRD Sumbar untuk memberikan bukti bahwa dewan tidak ada di tempat. 

Hal itu dilakukan, karena demonstran meminta masuk gedung, namun dengan alasan kondisifitas hanya perwakilan yang memeriksa gedung. 
Mahasiswa meminta jaminan agar tuntutan dapat disampaikan ke Anggota DPRD Sumbar. Jika tidak, maka akan ada aksi dengan masa yang lebih banyak. (h/len)

Editor: DNJ

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]