Tidak Punya Data, Bapenda Padang Tentukan Pajak Hanya Diperkirakan Saja


Sabtu, 25 Mei 2019 - 23:25:45 WIB
Tidak Punya Data, Bapenda Padang Tentukan Pajak Hanya Diperkirakan Saja Rumah Makan Lamun Ombak, salah satu restoran cukup besar di Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kebocoran pendapatan daerah dari sektor pajak disebabkan kurangnya pengawasan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

"Selain itu, Bapenda juga tidak memiliki data by name dan by addres wajib pajak daerah sehingga kebocoran tersebut kian banyak," ujar Sekretaris Komisi II DPRD Kota Padang Miswar Jambak, Jumat (24/5).

“Terkesan, Bapenda dalam menentukan jumlah pajak hanya berdasarkan perkiraan semata. Padahal, untuk pencapaian target pendapatan harusnya berdasarkan by name dan by addres,” jelasnya.

Ia  yakin, jika pungutan pajak yang dilakukan Bapenda berdasar by name dan by addres maka kebocoran pajak bisa diminimalisir.

Ia menceritakan, pengalamannya terkait kurangnya pengawasan Bapenda dalam mengelola pajak. Misalnya, sebutnya, masih ditemukan restoran yang tidak mencantumkan pajak 10 persen pada struck pembayaran di salah satu restoran di Kota Padang.

“Ini kan bentuk kurangnya pengawasan dari Bapenda,” tegasnya.

Ia memang juga tidak membantah, uji petik yang diterapkan Bapenda merupakan salah satu langkah menekan kebocoran pajak.

Namun, lanjutnya, uji petik tersebut hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Ia  juga mempertanyakan,  rendahnya nilai pajak hiburan dan restoran di tempat-tempat hiburan.

“Apa mungkin pajak hiburan dan restoran di salah satu tempat hiburan karaoke di Kota Padang hanya Rp4 juta per bulan?” tanyanya  dengan nada heran.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Maidestal Hari Mahesa meyakini,  tanpa punya data by name dan by addres, sulit bagi Bapenda Kota Padang meningkatkan PAD dari sektor pajak.

 Untuk itu, ia  menyarankan sebelum menetapkan target, Bapenda harus punya perencanaan.

“Sebetulnya, DPRD Padang sudah lama menyarankan agar Bapenda memiliki data wajib pajak by name by addres. Namun, entah kenapa hal tersebut tidak dilaksanakan,” tegasnya.

Sebelumnya, Bapenda menargetkan penerimaan pendapatan daerah sebesar Rp2,3 miliar per hari. (h/ade)

Editor: Davidr





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 22:57:02 WIB

    Dinilai Tak Efektif, DLH Tidak Tambah Jaring Sampah di Sungai

    PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan bahwa penggunaan jaring di sungai tidak efektif. Pasalnya, saat hujan lebat atau pasang naik sampah akan menerjang jaring..
  • Senin, 15 Juli 2019 - 22:53:51 WIB

    Pantai Padang Dibangun Dinding Laut agar Tidak Tergerus Ombak

    Pantai Padang Dibangun Dinding Laut agar Tidak Tergerus Ombak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Terkait bangunan di tepi Pantai Padang, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, kawasan Pantai Padang merupakan kawasan khusus. Sedangkan untuk dampak dan kemungkinan gerusan ombak di K.
  • Jumat, 01 Februari 2019 - 10:49:20 WIB

    DLH Padang: Jaring Sampah Banjir Kanal Tidak Efektif

    DLH Padang: Jaring Sampah Banjir Kanal Tidak Efektif PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Al Amin menyebutkan, mengatasi luapan sampah dengan memasang jaring kurang efektif. Menurutnya, ide kreatif dan terobosan baru harus diciptakan untuk benar-benar.
  • Kamis, 20 September 2018 - 17:16:22 WIB

    Padang Tidak Punya Regulasi Organ Tunggal

    Padang Tidak Punya Regulasi Organ Tunggal PADANG, HARIANHALUAN.COM—Hingga saat ini belum terdapat regulasi yang menyoal pelarangan hiburan organ tunggal hingga larut malam di Kota Padang. Di beberapa kawasan di Kota Padang, batas pelarangan organ tunggal ditentukan.
  • Selasa, 29 Agustus 2017 - 17:47:53 WIB

    Mahyeldi:Kualitas Makanan di Padang Tidak Diragukan, Tampilannya Harus Ditingkatkan

    Mahyeldi:Kualitas Makanan di Padang Tidak Diragukan, Tampilannya Harus Ditingkatkan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menilai bahwa selama ini rasa dan kualitas makanan atau barang produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Padang tidak diragukan lagi. Rasanya ne.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM