Revitalisasi TMSBK Bukittinggi Dimulai


Ahad, 26 Mei 2019 - 15:56:05 WIB
Revitalisasi TMSBK Bukittinggi Dimulai TINJAU TMSBK - Walikota Ramlan Nurmatias meninjau pekerjaan tahap I revitalisasi TMSBK Bukittinggi, Jumat (24/5). GATOT

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bukittinggi. Setelah melakukan revitalisasi taman Pendistrian Jam Gadang, kini Pemko Bukittinggi tengah melakukan revitalisasi Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittingi.

Proses pekerjaan revitalisasi TMSBK akan dilaksanakan dalam dua tahap dengan dua titik yang berbeda. Untuk tahap I pekerjaan revitalisasi dilaksanakan sejak 8 April dan akan berakhir pada Desember 2019 mendatang. Sedangkan revitalisasi tahap II akan segera dilaksanakan pada tahun 2020.

“Sebagai kota kunjungan wisata, kita berupaya bagaimana meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kota ini. Upaya yang dilakukan itu adalah dengan membenahi dan merenovasi objek wisata yang ada secara bertahap, termasuk merenovasi TMSBK ini,” kata Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias ketika meninjau pekerjaan revitalisasi tersebut bersama SOPD terkait, Jumat (24/5).

Ia mengatakan, pekerjaan revitalisasi tahap I ini menelan anggaran sebesar Rp 9,1 M. Dalam perencanaannya akan dibuat sky walk untuk pejalan kaki yang berada di tengah tengah kandang satwa yang ada. Sky walk tersebut direncanakan akan dibangun sepanjang 110 meter.

Revitalisasi yang dilakukan bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung saat mereka berada di TMSBK. Disamping itu pekerjaan revitalisasi memiliki unsur pendidikan, sehingga nantinya keberadaan TMSBK tidak saja sebagai lokasi kebun binatan, nmun juga akan menjadi sarana pariwisata pendidikan.

“Nantinya pengunjung akan merasa lebih nyaman dan puas saat berada di TMSBK. Pengunjung bisa melihat binatang kiri-kanan secara dekat diatas Sky walk yang dibangun. Alahmdulillah melihat progres yang ada saat ini, kita optimis pekerjaan revitalisasi akan selesai sesuai target kontrak yang telah ditandatangani dengan kontraktor pelaksana,” ujar Ramlan.

Dalam kegiatan peninjauan tersebut, Ramlan mengapresiasi pelaksanaan pekerjaan renovasi TMSBK yang berjalan dengan lancar dan cukup baik. Menurutnya, revitalisasi yang dilakukan akan dapat menambah tingkat kunjungan ke kota Bukittinggi.

“Pemko Bukittinggi terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata yang ada. Setelah merevitalisasi taman pedestrian Jam Gadang, maka saat ini Pemko kembali merenovasi TMSBK. Sebagai kota pariwisata, tentu seluruh objek wisata harus kita tingkatkan. Untuk renovasi TMSBK saat ini, kita tingkatkan dulu fasilitas untuk pengunjung, serta fasilitas untuk kesejahteraan satwa yang ada didalamnya,” ungkap Ramlan.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Erwin Umar mengatakan, untuk revitalisasi TMSBK tahap pertama ini adalah pembanguan kandang Aviary yang di desain sedemikian rupa, sehingga nantinya benda – benda yang ada didalam kandang tersebut benar – benar menyerupai ekosistim, dan burung – burung bisa hidup di alam liar sebagaimana yang diterapkan di Bali Zoo dan Jatim Park.

Untuk tahap I revitalisasi kandang satwa akan dibangun sampai selesai. Setelah itu akan dilakukan pembangunan tahap berikutnya, sehingga nantinya akan tercipta kebun binatang yang nyaman bagi pengunjung dan binatangb yang ada didalamnya. Pekerjaan revitalisasi TMSBK dibiayai sepenuhnya melalui dana APBD Bukittinggi tahun anggaran 2019,” ujar Erwin Umar.

 

Reporter: Gatot

Editor: HSP

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 23:08:51 WIB

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Solusi Atasi Kemacetan Arus Lalulintas 

    Revitalisasi Pasar Koto Baru  Solusi Atasi Kemacetan Arus Lalulintas  TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-Revitalisasi Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto merupakan hal yang sudah lama diidam-idamkan. Masalah utamanya adalah menjadi penyebab kemacetan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat. Saat ingin.
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 15:49:45 WIB

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Dimulai

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Dimulai TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Revitalisasi Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto merupakan hal yang sudah lama diidam-idamkan. Masalah utamanya adalah menjadi penyebab kemacetan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat. Saat ing.
  • Senin, 01 Juli 2019 - 11:59:44 WIB

    Revitalisasi Aset Bersejarah Cikal Bakal Menuju Warisan Dunia

    Revitalisasi Aset Bersejarah Cikal Bakal Menuju Warisan Dunia SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kebijakan besar yang diambil Pemerintah Kota Sawahlunto tahun 2004 silam, berupa revitalisasi aset bersejarah kota tambang, ternyata memiliki pengaruh besar, dalam mengantarkan Sawahlunto sebag.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:42:34 WIB

    Dua Pasar Tradisional Pasaman Direvitalisasi

    PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, pada tahun anggaran 2019 akan melakukan revitalisasi bangunan dua pasar tradisional guna meningkatkan kenyamanan pedagang dan pembeli di pasar itu..
  • Selasa, 25 Juni 2019 - 16:01:47 WIB

    Revitalisasi Pasar Angkat Ekonomi Masyarakat Pessel

    Revitalisasi Pasar Angkat Ekonomi Masyarakat Pessel PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pessel, Hendrajoni menyatakan, program revitalisasi pasar bertujuan mengangkat perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan minat masyarakat berbelanja di pasar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM