Dishub Pasbar Uji Keur 1.024 Kendaraan


Ahad, 26 Mei 2019 - 15:57:46 WIB
Dishub Pasbar Uji Keur 1.024 Kendaraan

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Dinas perhubungan kabupaten Pasaman Barat terus mengintensifkan uji kir terhadap kendaraan angkutan barang dan orang jelang lebaran. Pasalnya, angka kecelakaan pada momen tersebut cukup tinggi. Selama awal tahun hingga sekarang Jumat (24/5) Dishub sudah melakukan kir kendaraan sebanyak 1.024 unit.

 

Namun, dengan kendaraan yang layak jalan bisa mengurangi terjadi kecelakaan lalu lintas tersebut.

 

"Mengantisipasi kecelakaan lalu lintas menjelang arus mudik, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat mengintensifkan pengujian kir untuk kendaraan angkutan orang dan angkutan barang besar harapan dengan kondisi kendaraan yang layak bisa mengurangi resiko laka lantas," papar Kadis Perhubungan, Edison Zelmi.

 

Ia menambahkan, sejak awal tahun hingga Jumat (24/5) Dinas Perhubungan sudah berhasil melakukan uji kir terhadap 1.024 kendaraan di Pasbar. Dari jumlah itu dua belas unit diantaranya dinyatakan tidak lulus oleh penguji dan harus melakukan perbaikan.

 

"Jumlah kendaraan yang melakukan uji kir jelang lebaran ini sedikit meningkat dari biasanya. Sebagian besar kendaraan itu merupakan perpanjangan kir angkutan orang dan barang. Selama pengujian tim sangat teliti, sebelum menyatakan kendaraan itu lulus kir," ujar Edison Zelmi.

 

Selain itu, peningkatan jumlah kendaraan menguji kir juga dampak dari penindakan yang dilakukan Dinas Perhubungan bersama Satlantas beberapa waktu lalu, untuk menertibkan kendaraan mati kir bahkan tidak melakukan uji kir.

 

Petugas memprediksi jumlah kendaraan yang akan menguji kir akan terus naik. Terutama angkutan lebaran dan angkutan barang berupa sembako dan mobil angkutan tandan buah segar kelapa sawit.

 

"Kita meminta seluruh masyarakat yang memiliki angkutan barang atau orang rutin melakukan cek kir, sehingga aman saat berkendara. Disisi lain penumpang angkutan barang diminta teliti memilih angkutan saat berpergian, jika pada kendaraan tidak ada keterangan lulus kir secara otomatis kendaraan itu tidak laik jalan," imbau Edison Zelmi.

 

Reporter: Osniwati

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Juli 2019 - 13:57:57 WIB

    Dishub Bukittinggi Gelar Pemilihan Abdi Yasa Teladan

    Dishub Bukittinggi Gelar Pemilihan Abdi Yasa Teladan BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perhubungan Kota  Bukittinggi kembali menggelar Pemilihan Abdi Yasa, atau  Awak Angkutan Umum Teladan 2019 tingkat Kota Bukittinggi..
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 20:33:21 WIB

    Dishub Pasaman Temukan 10 Bus Tidak Laik Jalan

    Dishub Pasaman Temukan 10 Bus Tidak Laik Jalan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasaman, melakukan uji laik jalan (ramchek) terhadap sejumlah armada bus yang akan digunakan untuk angkutan lebaran, Selasa (28/5)..
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 13:30:54 WIB

    BNNK Sawahlunto Tes Urine Sopir dan Pegawai Dishub

    BNNK Sawahlunto Tes Urine Sopir dan Pegawai Dishub SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN - Menjamin keselamatan bagi penumpang angkutan umum dan pengguna jalan lainnya jelang arus mudik Idul Fitri 1440 H, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto melakukan tes urin kepada pengemudi .
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 16:35:57 WIB

    Dishub Uji Kelayakan Kendaraan Tiga Hari di Dua Pintu Batas Kota

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menghadapi lebaran idul fitri 2019, Dinas Perhubungan Kota Padang lakukan uji ulang kendaraan. Uji ulang berlangsung Kamis-Sabtu (22-24/5) di dua pintu masuk batas kota..
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:28:33 WIB

    80 Staf Dishubkominfo Pasbar Tes Urine

    80 Staf Dishubkominfo Pasbar Tes Urine PASBAR, HALUAN — Se­ba­gai komitmen pemerintah daerah terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersih dari narkoba, Peme­rintah Kabupaten Pasaman Barat melakukan tes urine terhadap 80 staf Dinas Perhu­bungan dan Kominf.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM