Polda Sumbar Sita Ratusan Botol Minuman Beralkohol Tanpa Izin


Ahad, 26 Mei 2019 - 22:28:30 WIB
Polda Sumbar Sita Ratusan Botol Minuman Beralkohol Tanpa Izin Petugas Polda Sumbar saat melakukan penertiban di salah satu toko penjual minuman di Jalan Niaga Padang, Selasa lalu.

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Polda Sumbar menyita ratusan botol minuman beralkohol tanpa izin edar di salah satu toko di Jalan Niaga Kampung Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Padang. Penyitaan minuman beralkohol tersebut terjadi pada Selasa (21/5) lalu sekitar 01.00 WIB.

Direktur Reskrimsus Polda Sumbar, AKBP Juda Nusa Putra menyebutkan, saat ini barang bukti yang diamankan dari penyitaan tersebut yaitu, 130 botol minuman beralkohol dari berbagai merek tanpa izin edar. Kemudian, 70 botol kosong minuman berakohol berbagai merek, empat pack plastik bening merek cap singalaut, empat pack kantong plastik warna hitam, lima pack sedotan plastik merek plastisindo dan satu bungkus minuman berkhohol yang sudah dicampur atau dioploskan dengan beberapa macam minuman.

“Dalam hal ini, kami menemukan adanya dugaan tindak pidana memperdagangkan minuman beralkohol tanpa izin edar dan atau membuka kemasan akhir minuman beralkohol untuk kemudian dicampur dengan minuman jenis lain selanjutnya dikemas ulang menggunakan plastik bening dengan tujuan untuk diperdagangkan kembali,” ucapnya pada Minggu (26/5).

AKBP Juda Nusa Putra mengatakan, terkait hal ini, pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap sejumlah saksi. Hingga saat ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadap empat saksi, termasuk pemilik tokonya.

“Dalam kasus ini, belum ada dilakukan penahanan, karena saat ini masih dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," jelasnya.

Nanti, jika terbukti dan ditetapkan sebagai tersangka baru dilakukan penahanan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 139 dan atau pasal 142 UU RI No. 18 tahun 2012 ttg Pangan dan atau Pasal 62 ayat (1) jo pasal 8 ayat (1) huruf a UU RI No. 8 tahun 1999 ttg Perlindungan konsumen. Maka para pelaku akan dijerat dengan hukuman minimal 5 tahun kurungan.

“Kalau untuk perkembangan lebih lanjut, nanti akan segera kami informasikan,” ujarnya. (h/mg-pmi)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM