PMI Pasbar Gelar Orientasi Pertolongan Pertama Bagi Relawan PAM


Ahad, 26 Mei 2019 - 22:55:15 WIB
PMI Pasbar Gelar Orientasi Pertolongan Pertama Bagi Relawan PAM Relawan Pengamanan Arus Mudik (PAM) Pasaman Barat usai mengikuti orientasi pertolongan pertama di PMI setempat. IDEN

PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Jelang Kegiatan Siaga Pertolongan Pertama (PP) Insidentil dan Ambulans pada Pengamanan Arus Mudik (PAM) Lebaran mendatang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat menyelenggarakan Kegiatan Orientasi materi Pertolongan Pertama (PP) yang dilaksanakan di Aula Markas PMI Pasaman Barat.

"Kegiatan itu diikuti oleh puluhan personil Relawan dari unsur Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) yang akan ditugaskan sebagai tim PP dan Ambulans PMI di PAM lebaran 2019 dan merupakan upaya antisipasi yang dilakukan setiap tahun," ungkap Ketua PMI Pasaman Barat Hj.Yunisra Syahiran Minggu (26/5).

Pada lebaran tahun sebelumnya, PMI Pasaman Barat telah rutin berpartisipasi dalam membuka pelayanan kesehatan bagi pemudik. Untuk itu, PMI memberikan pembekalan penyegaran materi pertolongan pertama kepada sukarelawan agar mereka siap ketika diterjunkan saat arus mudik lebaran tahun ini.

Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Ridawasa mengatakan, tujuan pelatihan penyegaran PP itu adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Personil Tim PP dan Ambulans PMI agar dalam melaksanakan pelayanan bisa maksimal. Tujuan secara khusus adalah sebagai upaya mengurangi atau mencegah cacat atau kematian korban.

“Materi yang disajikan antara lain penanganan perdarahan dan syok, cidera jaringan lunak, luka bakar, cidera alat gerak dan kegawatdaruratan medis, Materi berupa teori maupun praktek,” katanya.

Menurut Ridawarsa, tujuh hari sebelum lebaran relawan dan petugas PMI Pasaman Barat sudah kita turunkan di tempat-tempat objek wisata. Selain itu PMI Pasbar juga siapkan posko kesehatan dan untuk posko induk berada di Markas PMI Kabupaten, Pungkasnya. (h/idn)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 September 2019 - 16:14:53 WIB

    Bukittinggi Tuan Rumah HUT PMI ke-74

    Bukittinggi Tuan Rumah HUT PMI ke-74 BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Kota Bukittinggi dipercaya sebagai tuan rumah pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-74, tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019, yang berlangsung dari tanggal 20 h.
  • Sabtu, 31 Agustus 2019 - 18:31:12 WIB

    Hipmi Sumbar Deklarasi Dukung Mardani Haji Maming Calon Ketum Hipmi

    Hipmi Sumbar Deklarasi Dukung Mardani Haji Maming Calon Ketum Hipmi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan pengurus daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Indonesia (Hipmi) Sumbar mendeklarasikan dukungan untuk Caketum nomor urut 4, Mardani Haji Maming sebagai ketum Hipmi 3 tahun kedepan, Sabtu (31/8)..
  • Sabtu, 31 Agustus 2019 - 16:20:46 WIB

    Iqra Chissa: Hipmi Sumbar Dukung MEA Terus Berkelanjutan

    Iqra Chissa: Hipmi Sumbar Dukung MEA Terus Berkelanjutan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Hipmi Sumbar Iqra Chissa sangat mendukung pelaksanaan Minang Entrepreneur Award (MEA) yang sudah dua periode berjalan. Dia berharap kegiatan tersebut terus berkelanjutan.
  • Senin, 24 Juni 2019 - 14:51:00 WIB

    PMI Bukittinggi Salurkan Bantuan ke Bengkulu

    PMI Bukittinggi Salurkan Bantuan ke Bengkulu BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, kembali menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Provinsi Bengkulu. Bantuan tersebut berupa 500 paket peralatan sekolah bagi anak-a.
  • Jumat, 31 Mei 2019 - 12:57:47 WIB

    HIPMI Sumbar Ajak Pengusaha Muda Berperan Aktif

    HIPMI Sumbar Ajak Pengusaha Muda Berperan Aktif PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar mengadakan buka puasa bersama dengan masyarakat, ormas, LSM, dan awak media yang ada di Sumbar, Kamis (30/5) di Hotel M.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM