Masuk Kuarter Final Ajang World Hahal Tourism Award, Sumbar Harus Banyak Berbenah Lagi


Ahad, 26 Mei 2019 - 23:05:39 WIB
Masuk Kuarter Final Ajang World Hahal Tourism Award, Sumbar Harus Banyak Berbenah Lagi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Untuk bisa masuk dalam tiga besar di World Halal Tourism Award, Sumbar harus cepat berbenah diri. Khususnya aksesibilitas, komunikasi, dan tersedianya promosi-promosi riset halal.

Hal tersebut disampaikan oleh Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementrian Pariwisata RI Wisnu Rahtomo, beberapa waktu lalu di Padang. Menurutnya, Sumbar berhasil maju ke kuarter final di ajang World Halal Tourism Award yang acara puncaknya digelar di Dubai. Sumbar mewakili Indonesia untuk kategori World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary, dan World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour.

"Semua itu tentunya bukan didapat dengan mudah. Sejak dari dinobatkan sebagai World’s Best Halal Culinary tahun 2016. Kemudian, 2018 bahkan Sumbar sudah mendapatkan rengking 4," ungkap Ketua Jurusan Kepariwisataan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini.

Namun permasalahannya sekarang adalah, perlu dibangun fokus pada aksesibilitas. Bagaimana meningkatkan penerbangan agar masuk ke Sumbar, kemudian kalau dari perspektif inti adalah komunikasi. Bagaimana tersedianya Promosi-promosi riset halal, yang disiapkan pada pasar sasarannya.

"Tidak usah jauh-jauh, untuk peserta atau pasar halal kita Malaysia. Yang harus dikembangkan bagaimana menyentuh pasar Malaysia itu sendiri, karena pasar Malaysia tidak semuanya pasar konvensional. Mereka ada yang menyukai tentang kegaitan-kegaitan ramadhan. Nah, ada gak kita punya Paket-paket wisata ramadhan? Inilah yang mesti dikembangkan, " jelasnya.

Selain itu, yang juga penting adalah edukasi, mulai dari pesantren - pesantren yang ada di Sumbar bisa ditingkatkan. Bagaimana agry touristnya bisa dikembangkan menjadi paket wisata edukasi, misalnya peternakan, dan yang lainnya banyak yang berpotensi di Sumbar.

"Apalagi kalau menyangkut pada landscape, agro wisata dalam bentuk edukasi. Kenapa masuk ke dalam wisata halal? Karena yang datang muslim, dan mereka bisa menikmati wisata halal yang ada di Sumbar, " ulasnya.

Menurutnya, hal lain yang perlu dikembangkan yakni bagaimana packaging, paket-paket alternatif yang harus dikembangkan. Paket alternatif yang memasukkan konten-konten kebutuhan muslimnya.

Kalau Sumbar ingin menargetkan masuk dalam top 3, maka yang harus dikejar adalah hotel karena ini sangat erat dari segi kompetitif destinasi. Hotel yang berbintang tiga, bintang lima, diusahakan restorannya bersertifikat halal.

"Saya lihat sudah ada beberapa di Sumbar. Poinnya diservice. Kalau hotel, restoran, sudah tersertifikasi, saya yakin naik peringkatnya," ujarnya. (rin)

Editor: davidr





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 19:16:05 WIB

    Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan Masuk Nominasi ISTA 2019

    Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan Masuk Nominasi ISTA 2019 PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, masuk nominasi pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019..
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 18:56:22 WIB

    KWBT Mandeh Masuk Nominasi Ajang ISTA 2019

    KWBT Mandeh Masuk Nominasi Ajang ISTA 2019 PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, masuk nominasi pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019..
  • Jumat, 16 September 2016 - 02:37:22 WIB

    Gubri Canangkan Internet Masuk Desa

    Gubri Canangkan Internet Masuk Desa PEKANBARU, HALUAN — Guna me­ningkatkan dan mendekatkan pela­yanan, serta komu­nikasi pemerintah kepada rakyat, Peme­rintah Provinsi (Pem­prov) Riau akan me­wujudkan semua itu. Untuk mewujudkan itu semua, maka pe­meri.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 03:39:42 WIB

    Siswi di Pangkalan Kerinci Masuk Paskibraka Nasional

    PANGKALAN KERINCI, HALUAN — Dinda Kania Evkha Putri yang tercatat sebagai siswi SMAN 1 Pangkalankerinci ditetapkan masuk dalam Paskibraka nasional setelah melewati uji seleksi. Terpilihnya Dinda sebagai Paskibraka Nasional,.
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 03:59:43 WIB

    6 Kampung Dimasuki Gajah

    6 Kampung Dimasuki Gajah SUNGAI MANDAU, HALUAN — Permasalahan gajah liar masuk kampung, mendapatkan penanganan serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM