Inovasi Indra Catri: Green Ramadhan Agam Bikin Masyarakat Khusuk Beribadah.Lingkungan pun Bersih dan Sehat


Ahad, 26 Mei 2019 - 23:15:53 WIB
Inovasi Indra Catri: Green Ramadhan Agam Bikin  Masyarakat Khusuk Beribadah.Lingkungan pun   Bersih dan Sehat Pembagian bibit kepada masyarakat saat Kunjungan tim Ramadhan yang dipimpin Bupati Agam Indra Catri.

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam  membuat konsep terbaru atau disebut Green Ramadhan untuk mendorong masyarakat dalam melalui bulan Ramadhan 1440 H. Masyarakat diminta memperhatikan dan menjaga kehigienisan lingkungan sekitarnya.

Konsep Green Ramadhan di Agam ini lahir setelah salah satu penelitian alumnus ITB dan pemerhati lingkungan DK Wardhani yang memberikan data yang cukup mencengangkan terkait produksi sampah yang meningkat hingga 20 persen pada bulan Ramadhan.
“ Konsep “Green Ramadhan” telah dimulai saat  memasuki bulan Ramadhan 1440H, ditandai pelaksanaan Festival Ramadhan 1440 H, yang bersifat eco friendly,” Kata Bupati Agam Indra Catri. 

Menurutnya, Green Ramadhan” ini ditujukan untuk menciptakan masyarakat yang khusuk beribadah, kemudian lingkungan yang lebih bersih selama dan sesudah  ramadhan. Oleh  sebab itu Pemerintah Kabupaten Agam perlu mengambil inisiatif untuk menjadikan Ramadhan di bebas dari sampah sehingga jauh dari segala macam sumber penyakit.

“Konsep Green Ramadhan mulai diterapkan pada tahun ini, selain bertujuan untuk memperkaya unsur Festival Ramadhan, juga sebagai wujud peran aktif Agam sebagai kabupaten yang memperhatikan perkembangan isu-isu lingkungan,” terang Indra Catri.

Sementara itu, Asisten II Ir. Jetson, Ketua Festival Ramadhan 1440H Kabupaten Agam, menjelaskan penyelenggaraan perdana Festival Green Ramadhan di Kabupaten Agam diikuti seluruh stakeholder pemerintah, dan secara bertahap akan dilaksanakan penilaian dan evaluasi penyelenggaraan.

“Walaupun yang pertama kalinya,  masyarakat sangat  antusias dengan konsep Green Ramadhan ini, Pemerintah Kabupaten Agam  memberikan penilaian dalam lomba penerapan konsep Green Ramadhan ini terhadap beberapa objek. Antara lain Pasar Pabukoan dan Mesjid,” terang Jetson.

“Sebagaimana yang diharapkan oleh Bupati Agam, semoga ke depan konsep Green Ramadhan ini bisa berlangsung semakin baik setiap tahunnya. Serta bisa menjadi salah satu percontohan bagi kabupaten/kota lain yang ingin melaksanakan konsep serupa,”  tutup Jetson.

Salah seorang masyarakat Tilatang Kamang, Irwan menyambut baik konsep Green Ramadhan yang digagas oleh bupati Agam Indra Catri. Ia menyadari tidak bisa dibantah apabila produksi sampah selama Ramadhan meningkat cukup tajam.

Ia bersyukur jika pemerintah memiliki perhatian sampai demikian untuk menjaga lingkungan sehingga kekhusyukan umat beribadah, serta bisa merayakan hari kemenangan dengan sebagaimana mestinya. (yat)

Editor: DNJ





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM