Liga 1 2019, Tujuh Wasit Dievaluasi  PSSI


Senin, 27 Mei 2019 - 21:50:52 WIB
Liga 1 2019, Tujuh  Wasit Dievaluasi  PSSI Laga PSS Sleman vs Semen Padang, kepemimpinan Wasit Armyn Dwi Suryathin merugikan Semen Padang. detik.com

HARIANHALUAN.COM-Sebanyak tujuh wasit yang memimpin laga Liga 1 2019 pada pekan ke-1 dan 2, telah dipanggil Tim Evaluasi dari PSSI. Proses pemanggilan ini sebagai evaluasi berkala yang dilakukan PSSI setiap pekan pada kompetisi level tertinggi di Indonesia. 

Seperti diketahui, Wasit Armyn Dwi Suryathin jadi sorotan karena kepemimpinannya di laga PSS Sleman vs Semen Padang pada pekan kedua Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu 25 Mei 2019 malam WIB. Dia memberi hadiah penalti kepada tim tuan rumah namun berbau kontroversial

Baca Juga : Rang Sumando Resmi Kembali ke Semen Padang FC

Dilansir kompas.com, sampai sejauh ini, Liga 1 2019 terhitung sudah memainkan 34 pertandingan. "Evaluasi kami akan lakukan bersama Komite Wasit. Kami juga mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit (referee assessor PSSI) sebagai salah satu bahan dari evaluasi," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, yang dikutip dari situs resmi PSSI, Senin (27/5/2019). 

"PSSI berkomitemen untuk terus meningkatkan kualitas perangkat pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, pada tahun ini kami juga akan mendirikan badan wasit independen. Untuk itu kami tidak akan mentolerir setiap pelanggaran peraturan permainan apabila terbukti telah terjadi kesalahan." 

Baca Juga : El Real Gagal Menyalip Atletico Madrid

Dari 34 pertandingan pada pekan kesatu dan kedua, beberapa di antaranya berjalan lancar dan tidak ada kendala. 

Meski begitu, PSSI juga menerima laporan dari beberapa klub terkait performa pengadil di lapangan. 

Oleh karena itu, PSSI secepatnya melakukan evaluasi dan akan bertindak tegas bila ada kesalahan yang dilakukan dari perangkat pertandingan. 
Hal ini demi meningkatkan kualitas kompetisi Liga 1 2019.(kcm)

Editor: DNJ

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]