Cegah Gol Kontroversial, PSSI  Putuskan Gunakan VAR di Liga 1 2019


Selasa, 28 Mei 2019 - 00:45:41 WIB
Cegah Gol Kontroversial, PSSI  Putuskan Gunakan VAR di Liga 1 2019 Wasit Armyn Dwi Sryathin saat memberikan penalti untuk PSS Sleman saat menjamu Semen Padang FC di laga Shopee Liga 1 2019, Sabtu (25/5). dok/topskor

HARIANHALUAN.COM- Akhirnya penggunaan Video Assistant Referee (VAR) untuk Liga 1 2019 disepakati oleh PSSI melalui Komite Eksekutif (Exco).

Kesepakatan tercapai usai rapat Exco PSSI akhir pekan lalu. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi pun diminta segera mempelajari anggaran dan infrastruktur untuk mewujudkan rencana penggunaan VAR.

Baca Juga : Hengkang dari Semen Padang FC, Eduardo Almeida Resmi Nakhodai Arema FC

Sementara PSSI sebagai induk sepak bola tanah air yang memutuskan kebijakan soal kompetisi Indonesia akan melakukan studi terkait regulasi sesuai aturan FIFA.

"PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, dikutip dari situs resmi PSSI.

Baca Juga : Jelang Hadapi Atletico Madrid, Messi Gelar Berbeque dengan Pemain Barcelona di Rumahnya

Sebelumnya, sejumlah pelaku kompetisi nasional terutama klub-klub Liga 1 mendesak PT LIB untuk memberlakukan VAR. Desakan itu disampaikan karena kualitas wasit-wasit Indonesia yang masih buruk.

Metode VAR sendiri sudah diterapkan di sejumlah liga-liga di Eropa. Salah satunya adalah La Liga Spanyol yang sudah menggunakan VAR.
VAR juga sudah diberlakukan di Piala Dunia 2018. Penggunaan 'mata kedua' selain para perangkat pertandingan di lapangan melalui teknologi tayangan ulang dinilai membantu meminimalkan kesalahan-kesalahan pengamatan dari wasit.

Baca Juga : Sampai di Jakarta, Coach Shin Tae-yong Jalani Karantina Lima Hari

Bukan hanya alih teknologi yang membutuhkan biaya banyak, penggunaan VAR juga harus disertakan dengan alih pengetahuan kepada para perangkat pertandingan. Pasalnya, penggunaan VAR juga membutuhkan tambahan petugas sebagai operator dan petugas di belakang monitor.
Penggunaan VAR mirip dengan penggunaan teknologi Hawk-Eye di olahraga badminton maupun tenis. Namun, aturannya berbeda dari sepak bola. (cnni)

Editor: DNJ

Baca Juga : Valentino Rossi Tolak Menyerah Meski Masih Melempem di MotoGP 2021

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]