187 Personel Pasaman Siap Amankan Lebaran


Selasa, 28 Mei 2019 - 13:16:39 WIB
187 Personel Pasaman Siap Amankan Lebaran OPERASI KETUPAT - Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin menyematkan pita kepada personel pengamanan lebaran dalam gelaran apel pasukan Pam Ops Ketupat Singgalang 2019. YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman sedikitnya menerjunkan 187 personel gabungan untuk mengamankan arus mudik dan libur lebaran di daerah itu. Hal itu terungkap dalam gelaran apel pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2019, Selasa (28/5).

 

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin menjelaskan, ratusan personil itu terdiri dari aparat gabungan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar serta Dinas Kesehatan dan lainnya.

 

"Seluruh personel gabungan itu nantinya bakal disiagakan di tiap pos pengamanan yang sudah disediakan di tiga lokasi," katanya.

 

Untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran, sebanyak dua Pos Pengamanan (Pos Pam) didirikan di wilayah itu, yakni di Rimbo Panti dan Equator Bonjol.

 

Seluruh personel gabungan itu nantinya bakal disiagakan di tiga titik pos pengamanan. Seperti di Equator Bonjol, Kecamatan Bonjol, pusat kota Kecamatan Lubuk Sikaping dan di Kecamatan Panti. Satu Pos pelayanan di Pasa Lama Lubuksikaping.

 

"Selain mendirikan Pos Pam di Kecamatan Bonjol dan Panti, serta satu Pos Pelayanan di Lubuksikaping, kami juga menyediakan empat bengkel yang tersebar disejumlah titik di Pasaman," katanya.

 

Ia menambahkan, bahwa apel gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2019 digelar secara serentak pada hari ini di 34 Polda seluruh Indonesia dengan 11 Polda Prioritas. Ops Ketupat ini dimulai tanggal 29 Mei sampai 10 Juni 2019.

 

Di setiap pos pengamanan, kata dia, nantinya akan dilengkapi dengan pengobatan ringan gratis, tempat istirahat pemudik dan fasilitas bengkel yang dilengkapi mekanik serta satu unit mobil ambulan.

 

"Operasi Ketupat Singgalang ini operasi kemanusiaan yang lebih fokusnya kepada pelayanan bukan penindakan. Jadi nanti pemudik boleh berobat gratis, istirahat, dan memperbaiki kendaraan yang rusak di sekitar pos pengamanan yang kita tunjuk. Kita bantu mekanik dan bengkelnya," imbuh Kasatlantas Polres Pasaman, Iptu Julisman.

 

Iptu Julisman mengatakan, bahwa pihaknya sudah mewaspadai peningkatan arus mudik lebaran di jalan nasional Medan-Padang itu, yakni sekitar tanggal 3-4 Juni besok. Kemudian arus balik awal tanggal 8-9 Juni.

 

Sementara untuk kendaraan truck atau fuso yang mengangkut barang di Jalan Lintas Sumatera akan dilakukan penyetopan pada H-3 menjelang lebaran. Kecuali truck yang membawa sembako atau makanan.

 

"Selebihnya akan kita hentikan dan diparkirkan di areal yang sudah kita siapkan di tiga Pos Pengamanan. Ini kita lakukan untuk menjaga kelancaran arus mudik lebaran. Kemudian nanti dipersilahkan jalan lagi H+3 lebaran,” tutup Julisman.

 

Reporter: Yudi Lubis

Editor: HSP

 

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM