Keren..! Ferrari SF90 Stradale Supercar Terbaru Dilengkapi 4WD


Sabtu, 01 Juni 2019 - 07:17:22 WIB
Keren..! Ferrari SF90 Stradale Supercar Terbaru Dilengkapi 4WD Ferrari SF90 Stradale

HARIANHALUAN.COM - Ferrari memperkenalkan babak baru dalam sejarahnya dengan memperkenalkan seri produksi pertamanya untuk PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), SF90 Stradale. Model baru ini terlihat ekstrem di setiap level dan mewakili perubahan paradigma yang sebenarnya, karena memberikan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk sebuah mobil produksi.

Angka seperti 1.000 cv, dan rasio bobot-ke-daya 1,57 kg / cv, dan 390 kg downforce pada 250 km/jam tidak hanya menempatkan Stradale SF90 di bagian atas segmennya, tetapi merupakan V8 model terbaik untuk pertama kalinya dalam sejarah marquenya.

Marketing & PR Manager Ferrari Jakarta, Innez Lawry dalam keterangan persnya, Jumat (31/5) mengatakan, SF90 Stradale memiliki mesin turbo 90 ° V8 yang mampu menghasilkan 780 cv, output daya tertinggi dalam sejarah mesin 8 silinder Ferrari. 220 cv sisanya dikirimkan oleh tiga motor listrik, satu di belakang, yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit, Kinetic) karena turunannya dari aplikasi Formula 1, yang terletak di antara mesin dan kopling ganda 8-speed transmisi terbaru di gandar belakang, dan dua di gandar depan.

Sistem canggih ini tidak membuat pengalaman berkendara yang lebih rumit. Justru sebaliknya, pada kenyataannya: pengemudi hanya harus memilih salah satu dari empat mode unit daya, dan kemudian hanya berkonsentrasi pada mengemudi. Logika kontrol yang canggih menangani sisanya, mengatur aliran daya antara V8, motor listrik dan baterai.
SF90 Stradale juga merupakan mobil sport Ferrari pertama yang dilengkapi dengan 4WD, langkah yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga luar biasa yang dikeluarkan oleh powertrain hibrida untuk sepenuhnya dieksploitasi, memastikan mobil telah menjadi tolok ukur baru untuk start: 0-100km / h dalam 2,5 detik dan 0-200km/jam hanya dalam 6,7 detik.

Insinyur Ferrari mampu memperluas spektrum kontrol dinamis dengan memperkenalkan gandar depan listrik penuh, yang dikenal sebagai RAC-e (regulator seting tikungan elektronik). Serta secara eksklusif menyediakan tenaga penggerak dalam penggerak listrik, kedua motor depan secara independen mengontrol torsi yang dikirimkan ke dua roda, memperluas konsep vector torsi. Sepenuhnya terintegrasi ke dalam kontrol dinamika kendaraan mobil, RAC-e mengatur distribusi torsi, menjadikan mengemudi lebih sederhana dan lebih mudah.

Pengenalan arsitektur hybrid ini merupakan tantangan yang berkaitan dengan pengelolaan bobot tambahan yang diselesaikan dengan perhatian obsesif terhadap detail dan optimalisasi dari keseluruhan mobil. Untuk kinerja maksimum dalam hal bobot keseluruhan, kekakuan dan pusat gravitasi, sasis dan bodyshell dari SF90 Stradale semuanya baru, dibangun menggunakan teknologi multi-material, misalnya, serat karbon.

Pengembangan mobil hibrida semacam ini menuntut pengembangan serangkaian solusi aerodinamis yang inovatif. Peningkatan signifikan dalam kinerja unit daya membawa serta peningkatan jumlah energi panas yang akan dikeluarkan dan mengharuskan tim pengembangan untuk melakukan tinjauan mendalam tentang aliran aerodinamis pada massa yang terpancar. Ini juga menuntut solusi baru untuk meningkatkan downforce secara efisien dan menjamin stabilitas maksimum di semua kecepatan dan dalam semua kondisi mengemudi.

Yang tak kalah penting juga adalah Gurney shut-off inovatif, sistem aktif dipatenkan terletak di bagian belakang mobil yang mengatur aliran udara di atas tubuh, mengurangi hambatan pada kecepatan tinggi dengan beban dinamika lateral yang rendah dan meningkatkan downforce, di bawah pengereman dan selama perubahan arah.

Mobil baru ini sedang mengalami perubahan dari perspektif gaya saat ia sepenuhnya memproduksi ulang proporsi berlinetta bermesin mid-rear (tengah-belakang) yang diperkenalkan pada Modena 360 dua puluh tahun yang lalu, alih-alih mengambil inspirasi dari supercar terbaru Ferrari. Contoh yang baik adalah kokpit yang memiliki bagian depan yang lebih kecil dan ditempatkan lebih dekat ke bagian depan mobil untuk mengurangi hambatan. Ini juga dicapai tanpa memengaruhi kenyamanan di dalam mobil.

Filosofi "eyes on the road, hand on the wheels" yang berasal dari dunia balap mengambil peran yang benar-benar sentral untuk pertama kalinya, secara signifikan mempengaruhi ergonomi dan gaya interior. Hasilnya adalah HMI (Human-Machine Interface) dan konsep tata letak interior yang berbeda dari model sebelumnya.

Inovasi besar lainnya adalah setir yang kini memiliki touchpad dan serangkaian tombol yang memungkinkan pengemudi mengendalikan hampir setiap aspek mobil hanya menggunakan ibu jari mereka. Cluster instrumen sentral sekarang sepenuhnya digital dengan aplikasi otomotif pertama dari layar HD melengkung 16” yang dapat sepenuhnya dikonfigurasikan dan dikendalikan menggunakan kontrol pada roda kemudi.

Di bagian lorong tengah, peningkatan ergonomi telah digabungkan dengan elemen dari masa lalu: kontrol gearbox otomatis sekarang dipilih oleh fitur grille style yang merujuk pada gerbang perpindahan gigi manual legendaris Ferrari. Dengan demikian masa lalu dan masa kini bergabung dengan terampil untuk menunjukkan Ferrari baru ke masa depan.

SF90 Stradale juga menghadirkan kunci kontak baru dengan teknologi keyless penuh yang secara bertahap akan diperkenalkan di seluruh segmen, dipersonalisasi dengan nama model. Berkat kompartemen khusus di lorong tengah, itu menjadi bagian integral dari desain mobil.

Selain versi sporty, yang merujuk pada bentuk dan warna tanda tangan lencana kuda jingkrak persegi panjang yang digerakkan oleh mobil jalanan Ferrari, juga akan ada versi berwarna logam yang lebih elegan.

Untuk pengguna Ferrari pertama, klien dapat memilih antara mobil standar dan versi dengan spesifikasi yang lebih berorientasi olahraga. Spesifikasi Assetto Fiorano mencakup peningkatan yang signifikan, termasuk peredam kejut Multimatic turunan khusus GT, fitur ekstra ringan yang terbuat dari bahan berkinerja tinggi seperti serat karbon (panel pintu, bagian bawah bodi mobil) dan titanium (pegas, seluruh saluran knalpot), menghasilkan penghematan berat 30 kg. Perbedaan lainnya adalah spoiler belakang serat karbon downforce tinggi yang menghasilkan 390 kg downforce pada 250 km / jam. Assetto Fiorano termasuk ban Michelin Pilot Sport Cup2 yang dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja di lintasan kering. Mereka menampilkan senyawa yang lebih lembut dan lekukan yang lebih sedikit daripada ban standar. (*)

Editor: DavidR




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM