10 Besar Terbaik UN, Ini Reward yang Diberi Pemko Sawahlunto


Sabtu, 01 Juni 2019 - 16:28:54 WIB
10 Besar Terbaik UN, Ini Reward yang Diberi Pemko Sawahlunto Wako Deri Asta saat menyerahkan rewars kepada siswa 10 besar nilai terbaik UN, usai upacara bendera hari lahir Pancasila di Lapangan Ombilin, Sabtu(1/6). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Peringatan hari lahir Pancasila dilingkup Pemko Sawahlunto ditandai dengan upacara bendera di Lapangan Ombilin setempat, Sabtu (1/6). Didalam kesempatan itu Wali Kota Deri Asta juga menyerahkan reward bagi siswa 10 besar nilai terbaik Ujian Nasional (UN) tingkat SD dan SLTP serta dana reward bagi mahasiswa asal Kota Arang yang meraih indeks prestasi (IP) diatas 3,1.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, Pemko melalui Dinas Pendisikan menganggarkan dana Rp1 miliar  untuk pemberian penghargaan kepada siswa dan mahasiswa berprestasi bidang akademis dan non akademis.

"Salah satunya penghargaan kepada 10 peraih nilai UN terbaik tingkat kota yang masing masing menerima Rp1.000.000 per orangnya," katanya

Adapun bentuk penghargaan dimaksud, yakni penghargaan bagi anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang program studinya terakrditasi A atau B pada jenjang pendidikan D3 dan S1. Penghargaan bagi mahasiswa yang berhasil meraih IPK 3.10 atau lebih. Penghargaan bagi siswa SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang berprestasi 10 besar peringkat UN tingkat Kota dan penghargaan bagi siswa SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang memperoleh prestasi juara 1,2 atau 3 pada lomba lomba tingkat provinsi atau Nasional.

"Untuk penghargaan akademis bagi mahasiswa berprestasi, berlaku bagi seluruh anak Sawahlunto, baik dari keluarga mampu atau kurang mampu. Kita tidak membatasi harus kriteria penerimanya selagi memang berprestasi dan cukup sarat serta ketentuannya," tuturnya.

Deswanda menambahkan, di APBD 2019, pihaknya juga menganggarkan dana Rp200.000.000,- untuk bantuan beasiswa mahasiswa dalam program Indonesia Pintar. Semuanya itu ungkap Deswanda merupakan upaya dari pemerintah kota untuk memotivasi siswa maupun mahasiswa untuk lebih giat belajar dan tidak terputus dalam melanjutkan pendidikan.

"Muaranya tentu akan lahir sistim pendidikan yang baik dalam melahirkan SDM yang handal, berkualitas, berdaya saing dan berkarakter," katanya.

Sementara itu Kasi Kurikulum, Rafki Ruadian menyebutkan, pada semester pertama 2019 ini ada 449 proposal  mahasiswa yang  memenuhi syarat dan telah disetujui untuk diberikan program reward sebesar Rp 1 juta rupiah dari APBD.

"Reward tersebut sudah ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa tepatnya akhir Mei 2019. Namun sayangnya saat proses transfer ke 449 rekening penerima, ada 52 rekening sudah tidak aktif sehingga proses transfer  terhambat.Saat ini dana reward untuk 52 mahasiswa yang rekeningnya tidak aktif berada di rekening penampungan sementara," tuturnya.

Lebih jauh Rafki mengungkapkan, untuk kelancaran proses transfer,  penerima reward yang rekeningnya tidak aktif, diminta untuk bisa segera mengurus pengaktifkan kembali rekening di bank paling lambat pada 10 Juni 2019.

"Setelah aktif kembali, serahkan fotokopi  buku rekening ke Dinas Pendidikan untuk diproses lagi. Jika lewat dari batas waktu, dana di rekening penampungan harus kembali ke kas daerah," katanya.

 

Reporter: Riki Yuherman

Editor: HSP





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM