IKBK Gelar Halal Bihalal ke-32 Tahun di Trimulya


Ahad, 09 Juni 2019 - 12:36:40 WIB
IKBK Gelar Halal Bihalal ke-32 Tahun di Trimulya PANITIA penyelenggara IKBK di depan gerbang utama masuk kawasan halal bi halal 2019 di Trimulya. FERI MAULANA

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru (IKBK) tahun ini kembali menggelar halal bi halal yang ke-32 tahun di Mulya Baru Jorong Trimulya Nagari Panyubarangan Kecamatan Timpeh, Dharmasraya.

Agenda rutin tahunan tersebut selalu dilaksanakan untuk mempererat silaturahmi antara keluarga yang berasal dari Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung yang kini tersebar di berbagai daerah dan di lima nagari utama, diantaranya di Kampung Baru sebagai daerah asal dan empat nagari lainnya yaitu di Trimulya, Sungai Tambang, Beringin Sakti dan Marga Makmur, dua nagari di Kabupaten Sijunjung dan tiga di Dharmasraya.

Baca Juga : Ombudsman Sumbar akan Turunkan Tim Yustisi Awasi Pelanggar Prokes dan Maladministrasi Saat Lebaran

Ketua Panitia Pelaksana IKBK ke-32 di Trimulya, Afrizal Sutan Batuah kepada Haluan, Minggu (9/6) menyebutkan bahwa halal bi halal di Trimulya sukses digelar atas kebersamaan masyarakat yang bersatu dan bahu-membahu alam mempersiapkan segala hal untuk terwujudnya acara itu.

"Jauh-jauh hari kami di kampung telah mempersiapkan untuk terselenggaranya alek ini, fokus bekerja mulai sejka dua minggu terakhir ini, alhamulillah berjalan lancar dan sukses, ini atas kebersamaan kita terutama di Tabek/Trimulya. Bahkan warga rela beriyuran dana untuk seluruh kebutuhan mensukseskan halal bi halal yang dilaksanakan tiap lima tahun di sini," ujar Afrizal yang merupakan sumando Kampung Baru itu, didampingi Wakil Ketua Panitia Rizky Ananda dan Penjab Hiburan Muslim.

Baca Juga : Baznas Pasaman Salurkan Zakat untuk Mustahik, Totalnya Rp134,5 Juta

Dikatakan, dalam pelaksanaannya, untuk memuliakan tamu-tamu yang hadir, panitia yang berjumlah sekitar 70 orang mempersiapkan berbagai akomodasi dan sarana-prasarananya. Mulai dari penyambutan warga empat nagari yang hadir di gerbang masuk, ditunggu dan disambut secara adat oleh beberapa orang panitia, mengelompokan warga yang hadir kepada masing-masing suku yang ditempatkan di rumah-rumah suku yang sama dengan tujuan untuk mendekatkan dan memperkenalkan anak kemenakan dengan keluarga sesuku, musyawarah antar niniak mamak dan pemuka masyarakat lima daerah, agenda terakhir dilaksanakan pertemuan akbar di Masjid Taqwa yang juga menghadirkan pihak pemerintah kabupaten, Forkopimca, tokoh masyarakat Trimulya, perangkat nagari dan disuguhi tausiah agama tentang hikmah halal bi halal.

Untuk semaraknya alek besar itu, panitia juga melakukan penyembelihan satu ekor sapi, para ibu-ibu memasak bersama-sama di Masjid Taqwa tersebut dengan beraneka ragam menu dan kemudian dilakukan makan bersama oleh ratusan warga yang hadir.

Ketua IKBK Cabang Trimulya, Ishak Malin Mudo juga menyebutkan, sebagai tuan rumah, Trimulya telah melaksanakan halal bi halal sebanyak enam kali sejak tahun 1980-an.

"Halal bi halal ini awalnya dimulai di Sungai Tambang, tokoh masyarakat di sana yang sangat berperan aktif mencetuskan ide ini, secara gilirannya tiap tahun dipergantikan, dan kita mendapat jatah sebagai tuan rumah tiap lima tahun sekali, acara ini sangat berdampak positif untuk kerukunan kita, termasuk untuk berbagai kebijakan yang akan kita laksanakan terutama sesama keturunan Kampung Baru, masyarakat kita juga punya bisnis yang cukup terkenal untuk usaha yaitu assesoris kendaraan, perkantoran, interior, ini juga dikenal dengan istilah Variasi, yang jasanya banyak memberikan pelayanan pemasangan kaca film kendaraan, rumah, kantor dan sebagainya, termasuk perlengkapan kendaraan lainnya, mobil dan roda dua," ujarnya.

Berikutnya untuk tahun depan akan digelar di Marga Makmur atau SP 2, seterusnya di SP 3, pada tahun lalu Sungai Tambang sebagai tuan rumah, ujarnya.
Agenda itu dilaksanakan selama dua hari, Jumat dan Minggu (7-8/6) dan diakhiri dengan hiburan organ tunggal serta pelelangan singgang ayam untuk penggalangan dana pembangunan Masjid Taqwa serta dana organisasi pemuda paa malam Minggu hingga dini hari kemarin.

 

Reporter: Feri Maulana/Badri

Editor: HSP

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]