17 Siswa dan Siswi SMA Adabiah Wisuda Tahfiz Alquran


Ahad, 09 Juni 2019 - 12:44:16 WIB
17 Siswa dan Siswi SMA Adabiah Wisuda Tahfiz Alquran KEPALA sekolah SMA Adabiah, Siti Bahari saat memberikan arahan kepada siswa dan siswi yang diwisuda dalam menghapal Alquran. ADE BUDI
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sesuai dengan Visi SMA Adabiah Padang ‘Unggul dalam Spiritual Emosional dan Intelektual serta Berwawasan Lingkungan’, kini SMA tersebut telah mempunyai program unggulan dalam bidang keagamaan yakninya program Tahfidz Al Qur’an.
Program Tahfidz Al Qur’an ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII. 
Ada program regular yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dan ada program tahfidz prestasi yang diikuti oleh siswa yang memiliki kemampuan lebih dalam menghafal AlQur’an.
"Target yang diharapkan dari program ini adalah siswa mampu menghafal Al Qur’an Juz ke-30 dengan bacaan yang bagus disertai tajwid yang benar serta hafal lebih dari 1 Juz bagi siswa yang mengikuti program tahfidz prestasi," kata Kepala Sekolah Adabiah Siti Bahari, kemarin.
Hal ini dilakukan agar siswa memiliki motivasi yang tinggi, untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an serta mencintai Al Qur’an dan pada akhirnya mereka diharapkan dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan tuntunan  Al Qur’an.
"Maka dari itu, untuk pertama kalinya SMA Adabiah  melakukan perhelatan wisuda tahfidz Al Qur’an kepada siswanya. Wisuda perdana ini merupakan salah satu bentuk penghargaan sekolah kepada siswa yang mampu menyelesaikan target hafalan selama menjadi siswa SMA Adabiah," ungkapnya.
Wisuda Tahfidz ini diikuti oleh  17 orang siswa dengan rincian, 11 orang perempuan dan 6 orang laki-laki.
“Visi SMA Adabiah  bukan hanya melahirkan anak yang cerdas dalam bidang akademik,  namun lebih dari itu juga untuk melahirkan anak yang cerdas spiritual dan sukses untuk urusan akhirat,” ujarnya.
“Para penghafal Al Qur’an ini telah dijanjikan Allah sukses dunia dan Akhirat,” lanjutnya.
Semoga di tahun-tahun berikutnya SMA Adabiah dapat melahirkan banyak hafidz dan hafidzah yang memiliki hafalan AlQur’an yang mutqi.
Ketua Yayasan Oesaha Adabiah Azmar Zein mengatakan, sebanyak 17  pelajar SMA Adabiah  diwisuda atas capaian mereka dalam menghafal kitab suci Alqur’an.
Program menghafal Alqur’an ini bertujuan, agar siswa mencintai dan menyenangi Alqur’an.
Sehingga,  mereka memiliki Akhlakul kharimah.
“Dengan hafalan alquran, jiwa sanubari, watak dan karakter pelajar akan terjaga disamping itu perilaku tercela juga akan terhindar,” katanya.
Ia menjelaskan, melalui program ini telah terkandung nilai dan ruh dari visi-misi sekolah dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Disamping itu, sebagai basis untuk pendidikan karakter dan pembiasaan yang positif dalam melawan arus globalisasi.
“Dengan menghafal Alquran banyak manfaat yang  didapatkan seperti menangkal nuzul fikri, perkembangan terknologi dan perilaku menyimpang,” sebutnya.
“Bagi diri sendiri, menghafal Alqur’an akan mendapatkan kehormatan didunia seperti menjadi imam salat. Bagi orang lain, diakhirat akan menjadi kado terindah bagi orang tua yang telah berhasil mendidiknya,” terangnya.

Reporter: Ade Budi

Editor: HSP

 




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM