Curah Hujan Tinggi, Beberapa Titik Jalan dan Rumah Longsor


Ahad, 09 Juni 2019 - 14:25:21 WIB
Curah Hujan Tinggi, Beberapa Titik Jalan dan Rumah Longsor PEMBERSIHAN material longsor di jalan lintas Sumatra Muarokalaban, Minggu (9/6) dini hari. IST

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Curah dan intensitas hujan yang cukup tinggi yang mengguyur Kota Sawahlunto semenjak Jumat - Minggu (7-9/6) mengakibatkan beberapa titik jalan dan rumah warga terkena longsor dan pohon tumbang.

Data yang didapat dari Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kebangpol PBD) Sawahlunto, setidaknya terdapat 7 titik longsor, 2 titik di Jalan Lintas Sumatra Muarokalaban, 1 titik jalan Muarokalaban menuju pusat kota, dua titik di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar dan 1 titik di dusun banmtang lunto ateh Desa Lumindai kecamatan Barangin.

Baca Juga : Penyekatan Mudik Berakhir Jumat Malam

 

Kepala Kesbang Pol PBD Sawahlunto, Adriyusman menuturkan, untuk penanganan material longsor di jalan lintas Sumatra Muarokalaban telah langsung dibersihkan menggunakan alat berat dari dinas PUPR dibantu oleh intstansi terkait lainnya pada Minggu (9/6) dini hari sehingga tidak menghambat laju lalulintas arus balik lebaran.

Baca Juga : Bikin Bising, Belasan Pemotor Knalpot Racing Dibekuk

"Untuk rumah yang terkena longsoran di Dusun Batang Lunto Ateh Desa Luminda dan Polak Data Desa Kubang Tangah telah diantisipasi dengan mengungsikan pemilik rumah ke rumah saudaranya. Begitu juga dengan tebing dekat jembatan Masjid Baitunnur Kubang Tangah ditutupi sementara dengan terpal untuk antisipasi tidak terjadi longsoran selanjutnya," tuturnya kepada Haluan, Minggu (9/6).

 

Begitu juga dengan badan jalan di dekat kantor Desa Kubang Tangah yang terban akibat curah hujan yang tinggi, pihaknya sebut Adriyusman telah memasang tanda atau rambu-rambu agar warga yang melintas untuk berhati hati.

"Untuk penanganan longsor selanjutnya, baru bisa dilakukan setelah libur lebaran ini," katanya.

 

Kepada masyarakat Adriyusman mengingatkan agar meningkatkan kewaspadaan khususnya didaerah yang rawan longsor. Dan segera melapor jika ada kemungkinan potensi yang rawan akan bencana seperti longsor, pohon tumbang maupun potensi bencana lainnya, termasuk di fasilitas fasilitas umum.

 

REporter: Riki Yuherman

Editor: HSP

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]