UEFA Nations League, Inggris Rontokan Swiss Lewat Adu Penalti.


Senin, 10 Juni 2019 - 00:23:29 WIB
UEFA Nations League, Inggris Rontokan Swiss Lewat Adu Penalti. Tepisan Kiper Inggris, Jordan Pickford memastikan kemenangan Inggris. EPA-EFE/FERNANDO VELUDO

GUIMARAES, HARIANHALUAN.COM- Kemenangan 6-5 atas Swiss lewat adu penalti di Stadion Afonso D Henriques, Guimaraes, Portugal, Ahad malam (9/6), memasukan Timnas Inggris mengambil tempat sebagai Liga Bangsa UEFA.

Seperti dilansir repupblika.co.id, mendapat kesempatan menendang pertama, Swiss berhasil menyarangkan seluruh tendangan menjadi gol di lima sepakan awal. Hal serupa juga dihadirkan oleh Inggris.

Baca Juga : Hengkang dari Semen Padang FC, Eduardo Almeida Resmi Nakhodai Arema FC


Namun, tendangan keras dari sang algojo Swiss terakhir, Josip Drmic yang mengarah ke kiri mampu ditepis Pickford. Inggris pun berhak menyandang kemenangan perunggu. Selain menerima, Inggris juga mendapatkan hadiah sebesar 8 juta poundsterling, sedangkan Swiss akan menerima 7 juta poundsterling.

Tim kedua bermain tanpa gol pada babak pertama. Pada saat istirahat kedua, pemain pengganti Callum Wilson sempat menggetarkan gawang Swiss dengan sontekan pelannya. Namun, wasit memutuskan untuk menganulir gol itu karena Wilson memutuskan lebih dulu mendorong pemain belakang Swiss, Manuel Akanji.

Baca Juga : Jelang Hadapi Atletico Madrid, Messi Gelar Berbeque dengan Pemain Barcelona di Rumahnya

Permainan selama babak kedua tak jauh berbeda dengan paruh pertama. Inggris dengan ujung tombak Harry Kane, susah payah berusaha menembus jantung pertahanan Swiss yang solid sejak menit awal.

Alhasil, Kane ditarik keluar oleh pelatih dan digantikan Callum Wilson pada menit ke-75. Formasi yang diterapkan Gareth Southgate juga masih sama seperti babak pertama.

Baca Juga : Sampai di Jakarta, Coach Shin Tae-yong Jalani Karantina Lima Hari

Berbeda dengan Swiss, mereka menggunakan jatah pergantian pemain dengan maksimal. Selain itu, Petkovic sebagai pelatih mengganti formasi dengan menambah jumlah gelandang menjadi lima orang, sehingga Swiss lebih menguasai lini tengah.

Secara statistik, Swiss masih lebih unggul dalam penilaian Bahasa Inggris. Selama 90 menit bertanding, Granit Xhaka dan kawan-kawan membukukan sembilan tendangan dengan tiga diambil tepat sasaran. 

Baca Juga : Valentino Rossi Tolak Menyerah Meski Masih Melempem di MotoGP 2021

Sementara Inggris yang mengendalikan penguasaan bola berjumlah 56 persen, hanya mampu menembakkan tujuh tembakan dengan satu mengarah ke gawang lawan.

Pertandingan tak berubah pada 2x15 menit tambahan waktu. Akhirnya Inggris berjaya lewat adu penalti. (rol)

Editor: DNJ
 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]