2020, PT WWS Targetkan Kontribusi untuk Kota Sawahlunto


Senin, 10 Juni 2019 - 19:57:11 WIB
2020, PT WWS Targetkan Kontribusi untuk Kota Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kota Sawahlunto mulai berusaha membangkitkan sektor pariwisata, satu demi satu objek wisata mulai dibenahi. Semua lini bergerak memberikan dukungan, dalam upaya membangkitkan sektor yang pernah melejit di kota bekas tambang batu bara itu.

Meski belum bisa melakukan pembaharuan secara menyeluruh, Pemerintah Sawahlunto bersama PT. Wahana Wisata Sawahlunto, bergandengan mendorong sektor pariwisata, di kota seluas 279,5 kilometer persegi itu.

Baca Juga : ASN di Dharmasraya Dilarang Meninggalkan Daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Kepala OPD Wajib Berikan Laporan Kedisiplinan Pegawai

Upaya pembaharuan yang dilakukan menjelang lebaran idul fitri 1440 H itu, memberikan dampak yang berarti terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke kota yang terkenal sebagai penghasil batu bara terbaik di dunia tersebut.

Pelaksana Tugas Direktur PT. Wahana Wisata Sawahlunto, Afridarman kepada Haluan, Senin (10/6) mengungkapkan, beberapa upaya perbaikan dilakukan perusahaan plat merah milik Kota Sawahlunto tersebut, dalam menyambut wisatawan.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

“Beberapa perbaikan penting kami lakukan, mulai dari unit sepeda air, mushalla, kandang satwa, serta perbaikan wahana wisata,” ujar pria yang kini juga mengemban amanah sebagai Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Sawahlunto tersebut.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjut Afridarman, pihaknya juga melakukan pembukaan jalur flying fox, yang menjadi motor untuk penambahan pemasukan di Kandi Resort. Selain itu, perbaikan juga dilakukan pada bioskop 4 Dimensi.

Meski agak terlambat, bioskop 4 Dimensi yang mati suri itu, kembali memberikan pemasukan bagi PT. WWS menjelang akhir libur lebaran lalu. “Targetnya, PT. WWS dalam 2019 tidak merugi, itu sangat penting,” ujar Afridarman.

Bagi Afridarman, mendapatkan amanah memimpin PT. WWS dalam kondisi saat ini, memang terbilang berat. Namun demikian, upaya akan terus dilakukan. Putra Kumbayau Talawi itu melihat, potensi wisata di Kota Sawahlunto masih terbilang besar.

Afridarman mengatakan, 2020 mendatang, PT. WWS yang kini memiliki 68 karyawan, akan mentargetkan dapat memberikan kontribusi bagi daerah, dengan beberapa perubahan dan inovasi yang dilakukan.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengapresiasi langkah manajemen PT. WWS yang terus berusaha untuk bangkit dari keterpurukan. Mengalirnya wisatawan ke Sawahlunto, menurut Deri Asta membuktikan kepada masyarakat Sawahlunto, PT. WWS bersama pemerintah dapat kembali menghidupkan denyut pariwisata.

“Angka 5 ribu kunjungan dari sehari, terbilang angka kunjungan yang bagus. Mudah-mudahan ini akan menjadi awal yang terbaik dalam menghidupkan kembali sektor pariwisata Sawahlunto,” ujar Deri Asta.

Deri Asta yakin, pariwisata Sawahlunto akan kembali mengalami kebangkitan, walaupun belum semua destinasi dilakukan pembaharuan dan inovasi. Namun demikian, pemerintah dan PT. WWS akan bergandengan untuk membangkitkan kembali sektor yang memiliki potensi itu.

Reporter : Nto | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]