Libur Lebaran Usai, Volume Sampah Kota Padang Mulai Bertambah 100 Ton


Senin, 10 Juni 2019 - 23:56:24 WIB
Libur Lebaran Usai, Volume Sampah Kota Padang Mulai Bertambah 100 Ton Volume sampah Kota Padang mulai bertambah setelah libur Lebaran. dok/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memasuki hari pertama kerja, volume sampah mencapai 550 dalam sehari. Jumlah tersebut diprediksi akan belangsung selama tiga hari ke depan.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Deni Harzandy pada Haluan, Senin (10/6) menyebutkan bahwa, peningkatan volume sampah tersebut naik dari angka 450 ton di hari biasanya menjadi 550 ton saat ini.

"Kebiasaan ini terus terjadi setiap tahunnya karena selama lebaran sampah menumpuk karena masyarakat banyak bepergian ke luar rumah. Namun, setelah aktivitas mulai berjalan, maka sampah akan meledak di kontainer-kontainer dan tepian jalan," kata Deni.

Deni menuturkan, sebelumnya, saat H-1 lebaran sampai malam takbiran ledakan sampah juga terjadi mencapai 650 ton sampai dini hari. Petugas DLH berjibaku membersihkan sampah hingga solat idul fitri dilakukan.

"Sehari jelang solat idul Fitri memang sampah juga meledak sehingga petugas harus lembur. Setelah itu, volume sampah sampai hari ini (kemarin red) mulai menurun. Namun, akan naik lagi saat aktivitas mulai terjadi yang akan juga berlangsung selama tiga hari," lanjut Deni.

Sementara itu, untuk mengantisipasi ledakan sampah, Deni menyampaikan akan kembali memberlakukan tiga shift selama tiga hari ini. Selain itu, penyisiran dan sapu ranjau juga akan dilakukan secara berulang sampai keadaan kembali normal.

"Biasanya hanya dua shift, namun untuk antisipasi ini kami akan buat tiga shift. Selain itu, di titik rawan seperti tempat wisata juga akan dikawal kontainer nya supaya sampah tidak melimpah. Semoga Kota Padang akan kembali bersih seperti sedia kala," ujarnya. (h/win)


 Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 22:28:41 WIB

    DPRD Padang Minta Puskesmas Tetap Buka saat Libur Lebaran

    DPRD Padang Minta Puskesmas Tetap Buka saat Libur Lebaran PADANG, HARIANHALUAN.COM—DPRD Kota Padang meminta, kantor pelayanan penting seperti puskesmas dan unit lainnya tetap buka pada saat libur  Lebaran..
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 13:46:10 WIB

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kunjungan ke objek wisata museum Adityawarman saat liburan mengalami peurunan hingga 50 persen dibanding lebaran tahun lalu. Padahal, selama libur lebaran, pengelola sama sekali tidak menaikkan tari.
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 13:40:04 WIB

    Wisata Pantai Ramai, Waspada Cuaca Buruk Saat Liburan

    Wisata Pantai Ramai, Waspada Cuaca Buruk Saat Liburan PADANG, HARIANHALUAN.COM------Kalangan Anggota DPRD Kota Padang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca di akhir tahun..
  • Senin, 03 Juli 2017 - 12:05:48 WIB

    Wow, Sepanjang Libur Lebaran, Produksi Sampah Capai 500 Ton Sehari

    Wow, Sepanjang Libur Lebaran, Produksi Sampah Capai 500 Ton Sehari PADANG, HALUAN – Selama libur lebaran, Minggu (26/6) – Minggu (2/7), sampah yang dihasilkan di Kota Padang meningkat sekitar 10 persen. Peningkatan jumlah sampah dihasilkan dari berbagai tempat objek wisata yang banyak di.
  • Rabu, 16 November 2016 - 00:14:48 WIB
    DPRD DAN PRAKTISI SESALKAN KEBIJAKAN PANITIA

    Demi Porprov, Siswa Diliburkan Sekolah

    Demi Porprov, Siswa Diliburkan Sekolah PADANG, HALUAN – Ke­bijakan Panitia Pekan Olah­raga Provinsi (Porprov) Sum­bar yang menginapkan atlet di sekolah, sangat dise­salkan oleh anggota DPRD Sumbar dan praktisisi pen­didikan. Apalagi kebijakan itu juga meng.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM