Gugatan Parpol di Pemilu 2019, KPU Sumbar Siap Menuju Mahkamah Konstitusi


Selasa, 11 Juni 2019 - 12:54:17 WIB
Gugatan Parpol di Pemilu 2019, KPU Sumbar Siap Menuju Mahkamah Konstitusi Komisioner KPU Sumbar. dok/net

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pascalebaran, KPU Sumbar langsung dihadapkan dengan 8 poin gugatan Pemilu yang diajukan 6 Partai Politik ke Mahkamah Konsitusi (MK). Gugatan Pemilui tersebut meliputi DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota.

KPU Sumbar menyatakan siap menghadiri langsung di MK sebagai termohon maupun sebagai supervisi. Selain gugatan dari 6 parpol, KPU Sumbar juga menyiapkan diri terhadap gugatan Capres 02, yang bersifat teoritis yakni administrasi dan tindak pidana Pemilu.

Adapun gugatan tersebut berasal dari partai Nasdem dengan fokusnya DPRD Padang dapil 3, PAN DPRD Agam dapil 4 dan Pessel Dapil 2, Bekarya DPR-RI Sumbar 2 dan yang lainnya belum jelas, PDI-P DPR-RI Sumbar 1, PPP DPR-RI Sumbar 2, dan Demokrat DPRD Sijunjung Dapil 3.

Khususnya gugatan Capres 02, KPU Sumbar tidak begitu fokus untuk mempersipkan bahan ke MK karena bersifat teoritis.

Menyikapi hal tersebut, Komisioner KPU Sumbar Izwaryani saat dihubungi, Senin (10/6), mengatakan, bahwa KPU Sumbar sudah mempersiapkan semua dokumen yang berkaitan dengan gugatan parpol tersebut.

“Kita sudah persiapkan semua alat bukti, dan alat bukti tersebut berada di kabupaten kota seluruhnya, jadi yang menyiapkan itu kabupaten dan kota kita hanya mengkoordinir saja," ujarnya.

Ditambahkannya, KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu akan selalu siap membuka data jika itu diminta MK, karena konsep pemilu itu jujur dan terbuka.

“Kita berharap, apapun yang diputuskan MK bisa diterima semua pihak, termasuk KPU sehingga tidak menimbulkan gejolak dan dilematis ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo saat di konfirmasi, "Data sudah ditetapkan oleh KPU Sumbar, soal gugatan? gugatan itu boleh saja tidak ada masalah asal dengan data yang kuat, dan nanti itu akan di ambil alih oleh DPP," katanya.

Indra juga mengatakan bahwa PAN juga sudah menyiapkan data-data terkait gugatan tersebut. "Iya soal data-data sudah kita siapkan," singkatnya.


 Sumber : Imam Yuhendra /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 22:59:19 WIB

    Sengketa Pileg 2019, MK Tolak Gugatan PDIP Terhadap PAN di Sumbar

    Sengketa Pileg 2019, MK Tolak  Gugatan PDIP Terhadap PAN  di Sumbar JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Mahkamah Konstitusi (MK) mementahkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihann Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif yang diajukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pihak Pemohon dalam .
  • Selasa, 18 Juni 2019 - 10:28:51 WIB

    KPU Minta MK Menolak Gugatan Prabowo-Sandi Versi Perbaikan

    KPU Minta MK Menolak Gugatan Prabowo-Sandi Versi Perbaikan JAKARTA.HARIANHALUAN.COM - KPU keberatan dengan gugatan versi perbaikan Prabowo-Sandiaga Uno yang menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU meminta MK untuk menolak gugatan perbaikan Prabowo-Sandi karena m.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 01:03:10 WIB

    Hakim MK Diprediksi Berbeda Pendapat Hadapi Gugatan Prabowo

    Hakim MK Diprediksi Berbeda Pendapat Hadapi Gugatan Prabowo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pakar hukum tata negara Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Juanda memprediksi akan ada perbedaan pendapat atau dissenting opinion di antara hakim Mahkamah Konstitusi dalam menghadapi sid.
  • Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:04:58 WIB

    MK Terima 333 Pendaftaran Gugatan Sengketa Hasil Pemilu

    MK Terima 333 Pendaftaran Gugatan Sengketa Hasil Pemilu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima 333 pendaftar permohonan perkara perselisihan hasil Pemilu 2019 untuk DPR, DPRD, dan DPD RI. .
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 11:33:18 WIB
    FADLY – ASRUL MENUNGGU DILANTIK

    Gugatan Hendri Arnis Kandas di MK

    Gugatan Hendri Arnis Kandas di MK PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang dilayangkan pasangan calon Wako dan Wawako Padang Panjang Hendri Arnis-Eko Furqani, Kamis (9/8). Penolakan ini sekaligus memastikan pasangan Fadly Am.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM