Rangkul Petinggi Partai, Edwar Idrus Bentuk Koalisi Menuju Pilkada


Selasa, 11 Juni 2019 - 15:52:39 WIB
Rangkul Petinggi Partai, Edwar Idrus Bentuk Koalisi Menuju Pilkada ilustrasi
LIMAPULUHKOTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak beberapa pekan terakhir ini, salah seorang sesepuh politik Kabupaten Limapuluh Kota, tepatnya, Edwar Idrus berkeliling Kabupaten Limapluh Kota. Putra asli Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX tersebut bukan untuk melakukan survey melainkan untuk penjajakan dalam menyongsong Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota 2020 mendatang. Yaitu mendatangi satu persatu ketua serta pengurus partai politik di Kabupaten Limpuluh Kota.
 
“Yang kita lakukan ini adalah dalam merubah kondisi daerah untuk lebih baik lagi. Salah satunya dengan jalur politik. Endingnya ya di Pilkada nanti,”terang Edwar Idrus pada Selasa (11/6) siang. Politisi senior yang dikenal dekat hampir dengan seluruh petinggi partai ditingkat pusat itu mengungkapkan, penjajakan dengan ketua serta pengurus parta di daerah itu dalam rangka pembentukan koalisi menuju Pilkada 2020 mendatang.
 
Sejumlah ketua dan partai politik yang didatangi itu, seperti Ketua DPD PKS, Ketua DPC Demokrat, Ketua DPC PKB serta Ketua DPD Golkar. “Yang terpenting, komunikasi politik terlebih dahulu. Seiring berjalan serta melihat kondisi politik kedepan,  setelah itu koalisi  baru dipermanenkan,”ucapnya lagi.
 
Satu persatu elit partai politik setuju dengan dibentuknya koalisi yang dicetuskan pengusaha sukses itu. Hal tersebut mengingat, tidak satupun partai politik yang mampu mengusung kandidat di Pilkada 2020. 
 
 Dihadapan Edwar Idrus, Ketua DPC PKS Limapuluh Kota Zukron sepakat bergabung dengan koalisi yang dibentuk tersebut. “PKS ada 4 kursi. Saya sebagai ketua partai sepakat bergabung dan membentuk koalisi. Ini akan kami bicarakan di internal parti nantinya,”terang Zukron.
 
Hal yang sama juga diungkapkan Ketua DPC PKB Kabupaten Limapuluh Kota Ferizal Ridwan. Wakil Bupati tersebut bersemangat untuk bergabung dengan koalisi yang dicetuskan Edwar Idrus. “Saya sudah lama berkomunikasi dengan Edwar Idrus soal koalisi ini. PKB ada 2 kursi,”ucap Ferizal Ridwan.
 
Kemudian, Ketua DPC Demokrat Limapuluh Kota Darman Sahladi  mengikut saja dengan koalisi yang dicetuskan tersebut. Anggota DPRD Sumbar itu mengatakan, berdasarkan hasil Pileg 2019, Partai Demokrat memiliki 5 kursi di DPRD Limapuluh Kota. “Mengingat Pilkada tidak lama lagi, koalisi partai harus terbentuk untuk mengusung calon kepala daerah nantinya,”kata Darman Sahladi.
 
Sedangkan, Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota Safaruddin mengungkapkan, penjajakan menuju Pilkada memang harus dimulai. Partai Golkar sendiri, katanya memiliki 5 kursi di DPRD nantinya. “Golkar ada 5 kursi. Pembentukan koalisi ini kita lihat perkembangan politik kedepannya,”ucap Safaruddin.
 
Edwar Idrus, bukan orang baru didunia perpolitikan. Dalam pembentukan koalisi menuju Pilkada, Edwar Idrus dikenal sebagai ahlinya. Di Riau misalnya, sudah banyak calon kepada daerah yang sukses terpilih di Pilkada. Pada Pilkada Limapuluh Kota 2015 lalu, Edwar Idrus sukses merangkul 5 partai besar dengan jumlah kursi terbanyak. Yaitu Koalisi 50 Sepakat yang terdiri dari Golkar (6 kursi), Demokrat (5 kursi) , Hanura (4 kursi), PKS (2 kursi)  dan PBB (2 kursi) dengan menguasai lebih separuh dari kursi DPRD Limapuluh Kota.
 
“Untuk sementara, kita bentuk Koalisi 50 Kota Adil. Tapi ini belum final. Bisa jadi ada partai politik lain yang bergabung atau nama koalisi yang dirubah. Sementara, sudah ada 16 kursi. Terdiri dari Golkar 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PKS 4 kursi dan PKB 2 kursi,”ucap Edwar Idrus.
 
Dijelaskan Edwar, siapa pasangan kandidat yang diusung menuju Pilkada tersebut, belum ditetapkan. Menurutnya, dari 4 partai politik yang sudah dijajaki tersebut, masing-masing memiliki kader partai terbaik. “Saya hanya sekedar mendorong untuk pembentukan koalisi. Ini dalam misi menjadikan daerah jauh lebih baik lagi oleh pemimpin baru Limapuluh Kota ke depan,”ucap Edwar. (h/ddg)


 Sumber : Dadang /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM