Ambulance Satu-satunya di Puskesmas Biaro Nyaris Terbakar


Selasa, 11 Juni 2019 - 15:55:22 WIB
Ambulance Satu-satunya di Puskesmas Biaro Nyaris Terbakar TERBAKAR - Petugas pemadam kebakaran Kab. Agam sedang memadamkan api pada mobil ambulance Puskesmas Biaro, Selasa (11/6). YURSIL
AGAM, HARIANHALUAN.COM - Satu unit mobil ambulance Toyota Inova BA 9921 TK milik Puskesmas Biaro nyaris terbakar ketika sedang parkir di halaman puskesmas, Selasa (11/6) sekitar pukul 12,00 WIB.
 
Informasi yang diperoleh Haluan di lokasi menyebutkan, peristiwa kebakaran itu diduga berasal dari konsleting di mesin mobil. 
 
Ambulance tersebut merupakan satu satunya kendaraan operasional di puskesmas itu. Jika tidak ada penganti mobil itu, maka disangsikan akan menganggu pelayanan kepada masyarakat.
 
Peristiwa kebakaran itu diketahui pertama kali oleh pegawai puskesmas dan masyarakat yang sedang berobat di puskesmas itu karena melihat asap mengepul di Kap mesin.
 
Melihat asap tersebut masyarakat bersama pegawai puskesmas berusaha memadamkan api dengan racun api dan dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kab. Agam.
 
Beberapa menit kemudian, api berhasil dipadamkan, api berhasil menganguskan aki dan panel serta kabel kabel disekitar aki.
 
"Mobil ini sedang parkir, tidak tahunya keluar asap di kap mesin. Mobil ini baru siap di service di bengkel resmi," kata sopir ambulance Boy di lokasi kejadian.
 
Sementara itu, Kepala Puskesmas Biaro dr. Anisa Sofiana mengakui mobil tersebut habis diservice kemudian oleh sopirnya diparkir di depan puskesmas.
 
"Pegawai kami melihat asap dari mobil, kemudian mobil jalan bergerak sendiri pada hal rem tangan mobil itu terpasang," kata Anisa kepada Haluan diruang kerjanya.
 
Ia menjelaskan, selain sebagai mobil ambulance , mobil tersebut dipergunakan sebagai mobil operasional. Ia berharap dengan terbakarnya mobil ambulance itu akan ada mobil penganti untuk puskesmasnya sampai selesai diperbaiki mobil ambulance itu.
 
Terpisah, Kadis Kesehatan  Kab. Agam dr. Indra mengakui telah mendapat laporan atas musibah kebakaran itu. Ia berjanji dengan secepatnya akan mengirimkan mobil penganti untuk Puskesmas Biaro.
 
"Secepatnya, kita akan kirimkan mobil penganti untuk puskesmas itu, agar pelayanan di sana tidak terganggu," ungkap Indra melalui selular.
 
Selain itu, pihaknya juga akan mengklem  pihak bengkel yang telah menservice mobil ambulance sebelum terbakar. (h/ril)
 
Tek Foto.
 
 


 Sumber : Yursil /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 September 2017 - 23:09:46 WIB

    Pulang Mengantarkan Pasien, Mobil Ambulance Terjun ke Rawa 

    Pulang Mengantarkan Pasien, Mobil Ambulance Terjun ke Rawa  PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebuah Mobil Ambulance milik Pukesmas Inderapura, Kecamatan Pancungsoal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), jenis Toyota Inova Nopol BA 1535 G, terbang masuk rawa di sekitaran Jalan nasional Padang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM