Banjir Rendam Pasar Sungai Limau, Jalan Pariaman-Lubuk Basung Lumpuh Total


Selasa, 11 Juni 2019 - 20:23:52 WIB
Banjir Rendam  Pasar Sungai Limau,  Jalan Pariaman-Lubuk Basung Lumpuh Total Pasar Sungai Limau terendam banjir, Selasa (11/6). KHAIRUL

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Curah hujan yang tinggi mengakibatkan Batang Air Kuranji Sungai Limau meluap. Akibatnya, pasar Sungai Limau dan jalan Pariaman-Lubuk Basung lumpuh total, Selasa (11/6). Akibat banjir tersebut, aktifitas di Pasar Sungai Limau lumpuh total, dan belum ada informasi korban jiwa.

Dari data yang diterima Haluan, ketinggian air di Pasar Sungai Limau mencapai 50 Centimeter. Banjir juga menetupi jalan utama Pariaman-Lubuk Basung sepanjang Satu Kilometer.  Kepada Haluan Ari (45) salah seorang pedagang di Pasar Sungai Limau, mengatakan hujan pertama kali turun, pada pukul 14.30 WIB sore ini dan baru reda sekitar pukul 17.00 WIB.

Ia juga mengatakan, tingginya curah hujan yang turun di Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, membuat aliran air Sungai Kuranji meluap dan membanjiri pasar Sungai Limau dan jalur utama menuju Pasaman dan Lubuk Basung dari Selasa sore.

 "Air mulai merendam pasar dan jalan ini dari pukul tiga sore dan puncaknya habis sholat ashar. Kalau di Pasar Sungai Limau ketinghian air mencapai lutut saya," ujarnya.

Ia menjelaskan, akibat banjir tersebut para pedagang yang berada di Pasar Sungai Limau harus menutup tokonya dan mengamankan barang dagangannya agar tidak rusak akibat genangan air.  "Kerugian materil bagi kami para pedangang tidak terlalu besar, hanya saja kami para pedagang mengalami kerugian tidak bisa berjualan saja," tambahnya lagi.

Sementara itu, Aminah (48) salah seorang warga yang tinggal di pinggiran aliran sungai Kuranji tersebut, mengatakan banjir bandang tersebut memang berasal dari meluapnya sungai Kuranji tersebut. Dimana, luapan sungai tersebut sudah diketahui oleh masyarakat sebelum. Sehingga masyarakat setempat sudah terlebih dahulu mengungsi ketempat yang lebih aman. "Memang banjir tersebut  berasala dari aliran Sungai Kuranji ini. Namun karena curah hujan yang tinggi masyarakat sudah waspada terlebih dahulu," ujarnya lagi.

Dihubungi Haluan melalui telepon Budi Mulya Kepala BPBD Padang Pariaman mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah berada di lokasi banjir untuk melakuka evakuasi.

Menurutnya, hingga saat ini belum mendapatkan laporan kalau adanya korban jiwa dari banjir tersebut. "Kami sifatnya sekarang adalah melakukan evakuasi dan mrnyediakan temoat pengungsian. Selain itu, pihaknya juga melakukan patroli di wilayah yang terkena banjir bandang untuk memastikan tidak ada warga yang masih bertahan dirumahnya yang terendam banjir," ujarnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan evakuasi hingga air sungai ini surut. "Kami sudah siapkan beberapa perahu karet dan tenda untuk evakuasi warga yang terkena banjir bandang. Kerugian belum bisa kami kakulasikan," ujarnya lagi.


 Sumber : KHAIRUL /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM