Volume Sampah di Pasaman Naik Dua Kali Lipat


Rabu, 12 Juni 2019 - 14:51:02 WIB
Volume Sampah di Pasaman Naik Dua Kali Lipat TERLIHAT tumpukan sampah belum diangkut di Pasar Inpres Tapus, Nagari Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, Rabu (12/6). YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Volume sampah di Kabupaten Pasaman, mengalami peningkatan dua kali lipat selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H. Peningkatan sudah terjadi sejak awal Ramadan lalu.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (LHPRKP) Kabupaten Pasaman, peningkatan volume sampah sekitar 20 ton per hari.

Kepala Bidang Kebersihan dan Perumahan Rakyat, Dinas LHPRKP Kabupaten Pasaman, Budi Cendekia mengatakan, volume sampah di daerah itu mengalami peningkatan selama Ramadan dan lebaran Idul Fitri.

"Betul, ada peningkatan volume sampah. Secara global hampir dua kali lipat," ujarnya, saat dihubungi Rabu (12/6).

Komisaris PT Equator ini memperkirakan volume sampah selama Ramadan dan Idul Fitri mencapai 20 ton per hari. Selain dari sampah rumah tangga, sampah tersebut juga berasal dari sejumlah pasar tradisional di daerah itu.

"Perkiraannya ada 8 truk sehari kalau normal, dikali 2 ton. Kalau sejak bulan puasa sampai lebaran bisa 10 truk sehari kali 2 ton, sekitar 20 ton sehari," katanya.

Pihaknya, kata dia, memiliki empat truk untuk mengangkut sampah tersebut setiap hari. Selain mengangkut sampah ditiap pasar, satu unit truk diterjunkan untuk mengangkut sampah rumah tangga di wilayah Lubuksikaping.

"Sampah terbesar dari lima pasar, yakni Pasar Kumpulan, Kota Lubuksikaping, Pasar Panti, Pasar Tapus dan Pasar Rao," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, sampah tersebut dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Puncak Labuai, untuk diurai.

Budi menuturkan, pihaknya sudah memetakan titik yang banyak terjadi tumpukan sampah, di antaranya di Pasar Induk Tapus, Pasar Panti, Rao, Kumpulan dan Lubuksikaping.

"Hari ini keempat truk sudah diperintahkan untuk berdinas kembali mengangkat sampah itu yang tidak terangkut," katanya.

Sebelumnya, Budi mengakui, terjadi penumpukan volume sampah disejumlah pasar. Salah satunya di Pasar Induk Tapus, di Padanggelugur. Ia mengatakan, sudah sepekan ini mengalami kendala dalam pengangkutan.

"Dua unit truk Arm Roll dari empat truk milik kita rusak. Kini tengah berada di bengkel. Dimana biasanya dalam sehari pengangkutan mencapai 4 truk, kini hanya tersisa 2 truk. (h/yud)


 Sumber : Yudi Lubis /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 16:17:25 WIB

    Volume Sampah di Padang Bertambah 15 Ton Perhari, Didominasi Sampah Kelapa Muda

    Volume Sampah di Padang Bertambah 15 Ton Perhari, Didominasi Sampah Kelapa Muda PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Selama Ramadan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat ada 15 ton sampah tambahan yang berasal dari sampah kelapa muda. Peningkatan volume sampah itu tidak terlepas dari meningkatnya kon.
  • Rabu, 25 Februari 2015 - 19:37:09 WIB

    KSU Cahaya Hati Genjot Volume Usaha

    BUKITTINGGI, HALUAN — Pengurus koperasi diharapkan dapat bekerja keras untuk meningkatkan perkembangan koperasi dalam menjalankan usahanya. Karena pada dasarnya koperasi didirikan untuk mewadahi kebutuhan anggota dalam m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM