Perputaran Uang Selama Ramadhan di Sumbar Capai 1,43 Triliun


Rabu, 12 Juni 2019 - 15:48:49 WIB
Perputaran Uang Selama Ramadhan di Sumbar Capai 1,43 Triliun Kepala Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat bahwa perputatan uang selama Ramadan 2019 sebesar Rp1,43 triliun. Sekitar 31,26 persen berhasil dialiri dari total persediaan sebesar Rp4,6 triliun.
 
Kepala Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama, Rabu (12/6) menjelaskan, aliran uang tersebut terhitung mulai dari 6-31 Mei 2019. Penyediaan modal kerja ternyata mampu memenuhi kebutuhan selama ramadan.
 
"Jika dirincikan, total net outflow (net uang yang ditarik perbankan dari BI Sumbar sebesar Rp1,36 triliun. Kemudian, total realisasi penukaran uang pecahan kecil oleh masyarakat melalui layanan BI Sumbar sebesar Rp77,86 miliar. Dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp1,43 triliun," ulas Wahyu.
 
Ia menyampaikan, total perputaran tersebut sebelumnya sudah diprediksi sebelumnya. Mengingat kebutuhan meyarakat dari tahun ke tahun yang terus meningkat.
 
"Penyediaan modal kerja tersebut setiap tahunnya pasti meningkat meskipun hanya sepersekian persen. Karena kebutuhan juga meningkat pastinya. Kami menyediakan lebih besar dari kebutuhan setiap tahunnya," katanya.
 
Wahyu juga menyampaikan, kebutuhan tersebut dapat tersalurkan tidak hanya melalui perbankan saja. Akan tetapi Bank Indonesia Sumbar juga telah menyediakan mobil kas keliling dengan banyak titik lokasi.
 
"Sebanyak 19 lokasi layanan kas keliling tersebar di tujuh lokasi di wilayah Padang dan 12 lokasi di kabupaten/kota di Sumbar. Jumlah lokasi kas keliling tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan layanan kas keliling tahun lalu yang hanya tersebar di lima lokasi mencakup Kota Padang dan beberapa kabupaten/kota," terang Wahyu.
 
Ia berharap, dengan disediakannya penukaran uang untuk kebutuhan lebaran, masyarakat bisa menukarkan di tempat yang telah ditentukan. "Kami berharap masyarakat bisa membiasakan diri menukarkan uang di tempatnya. Selanjutnya, tidak lagi menukarkan uang kepada jasa yang akan dikuatirkan akan merugikan diri sendiri," tuturnya. (h/win)


 Sumber : Rahma Winda /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Mei 2016 - 23:01:58 WIB
    Selama Libur Panjang

    Rp50 Miliar Perputaran Uang di Sumbar

    Rp50 Miliar Perputaran Uang di Sumbar PADANG,HALUAN-Selama libur panjang 5-8 Mei 2016 diperkirakan ada sekitar 20.000 wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Sedangkan perputaran uang selama empat hari itu diperkirakan Rp50 miliar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM