Proyek Jalan Layang Kota Padang Dimulai Tahun Depan


Rabu, 12 Juni 2019 - 15:58:47 WIB
PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang saat ini sedang menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk titik tanah yang akan dilakukan pembebasan lahan dalam proyek pembangunan jalan layang di Kota Padang.
 
Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Kota Padang, Medi Iswandi saat pelaksanaan diseminasi informasi oleh Dinas Kominfo Kota Padang, di salah satu cafe, Rabu (12/6).
 
"Iya, saat ini kami bersama pihak provinsi telah melaksanakan survei untuk titik tanah yang akan dibebaskan. Kita tunggu arahan dari provinsi, titik mana yang akan dibebaskan," katanya.
 
Ia mengatakan, jalan layang ini akan dibangun di dua titik, yakni Tabing dan Lubuk Buaya melalui Anggaran Pendapatan dab Belanja Nasional (APBN). Pihak dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sudah melakukan studi kelayakan.
 
"Beberapa waktu lalu pihak Kementrian PUPR sudah melaksanakan studi kelayakan untuk dua titik yang akan dibangun ini," ujarnya.
 
Pembangunan jalan layang ini, katanya, akan mulai dilaksanakan pada tahun 2020 ini. Dan pihak pemko akan segera melakukan pembebasan lahan seusai penentuan titik yang akan dibebaskan.
 
"Insya Allah tahun depan sudah kita mulai pembangunan. Dan pembebasan akan kita lakukan juga dengan tahun depan dengan dilakukan pendekatan terlebih dahulu," sebutnya.
 
Ia mengatakan, pembangunan jalan layang ini bertujuan untuk memberikan keselamatan kepada masyarakat dan mengurangi kemacetan di lokasi tersebut. 
 
"Di Tabing dan Lubuk Buaya itu kan ada perlintasan kereta api. Jadi dengan pembangunan ini jelas akan memberikan aspek lebih untuk keselamatan warga kita," ujarnya. 
 
Pemilihan dua lokasi ini, sambungnya, merupakan penilaian langsung dari pemerintah pusat yang menilai bahwa lokasi tersebut sangat cocok karena menimbang semakin aktifnya kereta api nantinya.
 
"Karena itu perlintasan-perlintasan ini sedemikian akan kita coba untuk menguranginya," katanya. (h/mg-mal)


 Sumber : Akmal /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Juni 2019 - 22:56:17 WIB

    Akhir Juni, Proyek Pekerjaan Fase VII Pasar Raya Padang Dimulai

    Akhir Juni, Proyek Pekerjaan Fase VII Pasar Raya Padang Dimulai PADANG, HARIANHALUAN.COM - Rencana pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang sudah di depan mata. Pasalnya, pada akhir Juni tahun ini pembangunan akan mulai dilakukan yang dimulai dari Fase VII..
  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 09:55:43 WIB

    PJU By Pass Masih Mati, Proyek Belum Diserahterimakan ke Pemko Padang

    PJU By Pass Masih  Mati, Proyek Belum Diserahterimakan ke Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) Jalur Dua By Pass Padang belum beroperasi sejak diputus oleh PLN karena tunggakan tagihan listrik. Belum terlaksananya serah terima proyek PJU dari BPJN Wilayah II.
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:38:20 WIB
    DPRD SUMBAR KRITISI KINERJA DISPRASJAL TARKIM

    Enam Proyek Jalan Tak Capai Target

    PADANG, HALUAN — Pengerjaan enam proyek jalan di Sumbar terbengkalai serta tak berjalan sesuai target. Komisi IV DPRD Sumbar yang membidangi infrastruktur mengkiritisi kinerja Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman.
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:58:30 WIB

    Kejaksaan Siap Usut Proyek Jalan Palupuah-Koto Tinggi

    AGAM, HALUAN — Kejaksaan Negeri Agam menyatakan siap mengusut proyek jalan Palupuah-Pagadih-Koto Tinggi, Kabupaten Agam. Namun hingga Senin (19/12) kemarin, Kejak­saan Negeri Agam belum menerima laporan tentang pengerjaan .
  • Senin, 19 Desember 2016 - 02:08:11 WIB

    Anggota DPRD Sumbar Minta Jaksa Usut Proyek Jalan Palupuah-Koto Tinggi

    PADANG, HALUAN — Anggota DPRD Sumbar dari Daerah Pemilihan (Dapil) III (Agam-Bukittingi), Armiati meminta pihak kejaksaan turun untuk mengusut pelaksanaan proyek Jalan Palupuah-Pagadih-Koto Tinggi, Kabu­paten Agam. Armiati.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM