Warga dan Perantau Tanah Datar Antusias Saksikan Pacu Jawi


Rabu, 12 Juni 2019 - 17:38:02 WIB
Warga dan Perantau Tanah Datar Antusias Saksikan Pacu Jawi ilustrasi

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka acara Alek Pacu Jawi di Sawah Gadang Tarantang Sayang Nagari Tigo Koto Kecamatan Rambatan, Sabtu (8/6), yan dihadiri oleh berbagai lapisan warga termasuk para perantau yang pulang berlebaran.

"Sebagai salah satu warisan nenek moyang kita yang sampai saat ini masih tetap lestari tentu kita patut bersyukur dan bangga. Untuk itu kita juga dituntut untuk terus mengembangkannya menjadi salah satu andalan pariwisata daerah," ujar Zuldafri Darma.

Wabup mengungkapkan bahwa Alek Pacu Jawi ini sarat dengan nilai-nilai budaya masyarakat Minangkabau yang ternyata sampai saat ini masih kental, sehingga apa yang disaksikan saat ini juga dilakukan oleh para nenek moyang dahulu.

Wali Nagari Tigo Koto Muhammad Hatta menyebutkan, alek nagari pacu jawi ini berkaitan erat dengan adat dan budaya masyarakat Minangkabau terutama di Kabupaten Tanah Datar, sehingga pelaksanaannya pun selalu dilakukan setelah waktu salat zuhur dan diakhiri waktu salat asar masuk.

"Ini kaitannya agar kegiatan ibadah masyarakat tidak terganggu dengan adanya kegiatan pacu jawi," kata M. Hatta.

Ditambahkannya, sebagai informasi kepada masyarakat luas bahwa pelaksanaan alek pacu jawi di Tigo Koto ini akan dilaksanakan selama empat kali Sabtu dan akan ditutup pada tanggal 29 Juni mendatang.

Kabiro Humas Provinsi Sumatera Barat Jasman yang juga berkesempatan hadir mewakili Gubernur Sumatera Barat, mengatakan bahwa pacu jawi ini meruapakan iven yang sangat luar biasa. Untuk itu harus terus memberikan perhatian dan tingkatkan lagi keberadaannya.

“Kita juga akan berusaha menyinkronkan agendanya dengan iven-iven besar lainnya di Sumatera Barat bahkan kalau perlu nasional sehingga alek pacu jawi yang sangat kita banggakan ini bisa menjadi iven nasional,” ungkapnya.

Jasman juga patut berterimakasih kepada para fotografer dan wartawan yang selalu setia mempublikasikan alek pacu jawi di berbagai media, sehingga pacu jawi dikenal dan diketahui oleh dunia. "Yang jelas ini merupakan ajang promosi gratis dan kita patut bersyukur," kata Jasman di akhir sambutannya.

Acara pembukaan Alek Nagari Pacu Jawi di Tigo Koto Kecamatan Rambatan ini juga dihadiri oleh Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Derliati, Kadis Parpora Tanah Datar Abdul Hakim, Kabag Humas dan Protokol Setda Tanah Datar Yusrizal, Camat Rambatan Dedi Triwidono beserta Forkompimca, Ketua KAN dan BPRN Nagari Tigo Koto serta niniak mamak dan undangan lainnya.(h/emz)

 Sumber : Emrizal /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 22:54:57 WIB

    Tanggap Bantu Warga, Mulyadi Dinilai Pantas Jadi Gubernur

    Tanggap Bantu Warga, Mulyadi Dinilai Pantas Jadi Gubernur HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat (Sumbar) II Mulyadi langsung menanggapi permintaan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Apalagi saat masa darurat, masyarakat banyak mengalami kesulitan karena terdampak .
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 16:48:39 WIB

    Warga Nagari Situmbuak Dibekali Penyuluhan Hukum

    Warga Nagari Situmbuak Dibekali Penyuluhan Hukum HARIANHALUAN.COM - Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpauang menggelar penyuluhan hukum bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fiat Justitia Batusangkar, Jumat (10/7). .
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 11:11:08 WIB

    Lagi, 5 Warga Sumbar Positif Covid-19

    Lagi, 5 Warga Sumbar Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Dokter Andani Eka Putra selaku penanggungjawab dalam pemeriksaan spesimen sampel virus corona di Sumatra Barat (Sumbar) kembali melaporkan lima orang tambahan kasus positif Covid-19 atau 0,75 persen positiv.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 23:19:45 WIB

    Warga Bonjol Pasaman Temukan Peluru Meriam Diduga Sisa Perang Paderi

    Warga Bonjol Pasaman Temukan Peluru Meriam Diduga Sisa Perang Paderi HARIANHALUAN.COM - Peluru meriam diduga sisa-sisa Perang Paderi yang dipimpin Tuanku Imam Bonjol ditemukan oleh warga Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Selasa (07/07). .
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 15:01:49 WIB

    Hari ini Tambah 1 Warga Positif Asal Sijunjung, Jubir Covid-19 Ingatkan Soal Ini

    Hari ini Tambah 1 Warga Positif Asal Sijunjung, Jubir Covid-19 Ingatkan Soal Ini HARIANHALUAN.COM - Pertambahan pasien Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) sudah dapat ditekan, hal tersebut dibuktikan dengan semakin menurunnya angka pelaporan pasien virus Corona beberapa minggu terakhir..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]