Bupati Ali Mukhni Tinjau Kawasan Terdampak Banjir dan Longsor


Rabu, 12 Juni 2019 - 20:52:35 WIB
Bupati Ali Mukhni Tinjau Kawasan Terdampak  Banjir dan Longsor Bupati  Ali Mukhni lagi berdialog dengan Kepala BPBD Budi Mulia dan  Pimcab BRI Pariaman, Anton  di Sungai Limau. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALAUN.COM-Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni bersama kepala dinas terkait meninjau sejumlah lokasi terdampak bencana banjir dan longsor di daerah setempat, Rabu (12/6).
 

"Ini bencana yang berat dirasakan, karena selain menimbulkan banyak kerugian material juga ada warga yang meninggal terdampak bencana," ujar Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Sungai Limau, Rabu (12/6).

Pada hari-hari terakhir ini hujan lebat dan badai sering melanda dan menimbulkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah di kabupaten ini.  Bencana banjir dan longsor telah menimbulkan kerugian materil dan juga ada warga meninggal dunia akibat longsor.
   Cuaca tak menentu, kadang hujan lebat, dengan curah hujanya tinggi, dan terkadang hujan lebat disertai angin kencang, hujan dihulu sungai dengan sangat lebat dalam waktu lama sehingga berpotensi banjir. "Tentu dalam kondisi seperti ini warga harus waspada," harap bupati. 
   

Disebutkan Bupati,  pemerintah terus berusaha secara maraton berbernah dan membenahi kawasan-kawasan rawan banjir dan longsor dengan membangun infrastruktur dan penghijauan sesuai peta lokasinya.
   Misalnya, untuk sungai dengan normalisasi bagi kawasan perbukitan dengan penghijauan dan secara bertahap sudah dilakukan pendataan kebencanaan ini, soal langkah meminimalisir dampak bencana terus pula dilakukan.

 "Secara bertahab  pemkab terus berupaya mendapatkan peningkatan pembangunan insfrastruktur guna meminimalisir dampak banjir dan longsor terutama ke BNPB.APBD kita belum begitu kuat untuk membangun infrastruktur yang memakan dana banyak atau puluhan miliar itu, kita terus jangkau dana dari kementerian terkait, termasuk ke provinsi Sumbar,"

  "Secepatnya saya dan pak Budi Mulia Kepala BPBD menuju Jakarta guna meninjau perkembangan pengajuan proposal untuk tindak bencana ke BNPB," sebut bupati.
 

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulia, menjelaskan evakuasi terhadap warga terdampak bencana telah dilakukan bersama tim.
   Soal kerugian materil sedang dihitung dan belum final namun untuk sementata sudah  mendekati setengah miliar.
 

 Diantara wilayah yang terkena banjir itu  Sungai Limau, di dalam pasar ketinggian air pada Selasa kemarin mencapai 1 meter. Selain itu banjir juga merendam puluhan rumah warga kejadian sekitar pukul 16.00 WIB  Selasa, 11 Juni 2019.     
   Kemudian kejadian Tanah Longsor di Korong Kampung Pinang Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Kec. Sei. Geringging "

Tanah Lonsor menimbun 1 (satu) unit rumah dan menewaskan seorang warga,  yang luka-luka dibawa ke rumah sakit untuk perawatan medis," jelasnya.

Bupati Ali Mukhni ketika di Sungai Limau sempat pula berdialog dengan Kepala Cabang BRI Pariaman, Anton yang berada di Sungai Limau kemarin   dan mengatakan pelayanan Bank tetap jalan kepada masyarakat.

Seperti juga disebutkan Ka.Unit BRI Sungai Limau, Dani, untuk sementara pelayanan nasabah dengan menggunakan Brilling. "Memang ada sebagian server komputer yang teredam banjir, namun pelayan tetap jalan, sambil menunggu pembenahan sarpras yang terdampak banjir tersebut," jelasnya.(tris)


 Sumber : TRISNALDI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 September 2019 - 22:28:21 WIB

    Dijamu Bupati Agam, Alumni SMAN 1 Landbouw/Bukittinggi Helat Reuni Gadang

    Dijamu Bupati Agam, Alumni SMAN 1 Landbouw/Bukittinggi Helat Reuni Gadang BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Alumni SMAN 1  Landbouw/ Bukittinggi  menggelar Reuni Gadang 2019 Ikatan Alumni SMA 1 (IASMA) Landbouw/Bukittinggi, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 1 Bukittinggi yang ke-60..
  • Selasa, 10 September 2019 - 23:48:45 WIB

    Jamban Kebutuhan Mendesak, Bupati Hendrajoni Minta Wali Nagari Alokasikan Dana Desa

    Jamban Kebutuhan Mendesak, Bupati Hendrajoni Minta Wali Nagari Alokasikan Dana Desa PAINAN,HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, menginstruksikan seluruh Wali Nagari di daerah itu agar mengalokasikan dana desa untuk membangun jamban (WC), bagi rumah tangga yang belum memilikinya. Karena jamba.
  • Selasa, 10 September 2019 - 12:00:56 WIB

    Kejuaraan Catur Piala Bupati Sijunjung Digelar

    Kejuaraan Catur Piala Bupati Sijunjung Digelar SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kejuaran catur terbuka non master piala Bupati Sijunjung 2019 kembali digelar. Kejuaran tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 20 sampai 22 September 2019 di gedung pertemuan Pancasila Muaro.
  • Kamis, 05 September 2019 - 19:45:59 WIB

    Bupati Yuswir Arifin Peroleh Penghargaan Anubhawa Sasana Desa

    Bupati Yuswir Arifin Peroleh Penghargaan Anubhawa Sasana Desa SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM- Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mendapat penghargaan Anubhawa Sasana Desa oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI..
  • Selasa, 27 Agustus 2019 - 16:42:20 WIB

    Bupati Tanah Datar Jalani Operasi Lutut ke Singapura

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sejak Selasa (20/8), terbang ke Singapura melaksanakan pengobatan, lanjutan operasi revisi sendi lutut. Kamis (22/8) Bupati Irdinansyah telah melaksanakan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM