Tak Didukung Wali Nagari, TK Kasih Bunda Tanjung Alam Nyaris Tutup


Rabu, 12 Juni 2019 - 23:17:12 WIB
Tak Didukung Wali Nagari, TK Kasih Bunda Tanjung Alam Nyaris Tutup Gedung TK Kasih Bunda Nagari Tanjung Alam. BADRI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Lesmawati. S. Pd, selaku pendiri dan Kepala Sekolah, sekaligus guru di TK Kasih Bunda di Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya mengeluh dengan kebijakan Wali Nagari setempat terkait tidak adanya perhatian terhadap TK Kasih Bunda.

Dari informasi di rangkum Haluan (Group HarianHaluan.com), Rabu (12/6) Lesmawati, menerangkan, semenjak kepemimpinan Wali Nagari Tanjung Alam, Armen, S. Pd. MM, dari awal 2017 hingga sekarang tidak ada bantuan maupun perhatiannya terhadap TK Kasih Bunda, Nagari Tanjung Alam.

"Benar tidak ada bantuan untuk TK kami. Malahan fasilitas yang ada di kurangi, seperti penerangan yang ada di TK tersebut di cabut dan di pindahkannya kerumah warga orang terdekatnya," ungkap Lesmawati.

Sementara, lanjut Lesmawati, pada berdirinya TK Kasih Bunda 2013, silam di masa Wali Nagari lama, Era Bustari, ada menganggarkan dana untuk TK Kasih Bunda yang saat itu telah terlaksana seperti pembangunan TK pada tahun 2015. Pada tahun 2016 juga dianggarkan dana dari dana Belanja Modal (BM) Nagari juga Rp 40 juta untuk tahun 2017 namun tidak terealisasi oleh Wali Nagari sekarang.

"Menurut rencana anggaran dana Rp40 juta itu digunakan untuk perlengkapan sekolah seperti, pembuatan sumur, WC, mobiler dan lainnya," kata Lesmawati.

Miris lagi, saat sekarang ini Wali Nagari Tanjung Alam, sudah mengeluarkan surat rekomendasi untuk anak-anak di Tanjung Alam untuk bisa sekolah di TK Nanda, Pabrik Ingkasi Raya di Nagari Sinamar. Padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan Wali Nagari lama dengan pihak TK Nanda tidak akan menerima murid dari Nagari Tanjung Alam, namun sekarang di izinkan oleh Wali Nagari Armen, sehingga TK Kasih Bunda kekurangan murid.

"Cuman 4 orang murid kami sekarang pak di tahun 2019 ini, sebelumnya ada 16 orang karena Wali Nagari Tanjung Alam sekarang telah mengeluarkan rekomendasi ke TK lain," keluhnya.

Harapnya, pemerintahan Wali Nagari Tanjung Alam dan Pemerintah Kabupaten untuk bisa membantu dan perhatian penuh terhadap TK Kasih Bunda seperti dulu kala demi kemajuan pendidikan anak-anak TK di Nagari Tanjung Alam.

"Meskipun murid kami 4 orang semangat mengajar saya tidak surut saya optimis untuk mengembangkan lebih maju lagi TK Kasih Bunda ini," ujarnya.

Sementara Wali Nagari Tanjung Alam, Armen, saat di konfirmasi, membenarkan pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi terhadap anak-anak Nagari Tanjung Alam untuk bisa masuk sekolah ke TK Nanda di Nagari Sinamar dengan alasan kemauan orang tua.


 Sumber : Badri Alaina /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM