Tak Ada Oposisi Murni, Jokowi: Yo Gabung Saja  Lanjutkan Pembangunan 


Rabu, 12 Juni 2019 - 23:40:03 WIB
Tak Ada Oposisi Murni, Jokowi: Yo Gabung Saja  Lanjutkan Pembangunan  Jokowi sebut tak ada jatah-jatahan kursi menteri. dok. antaranews

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden, tidak ada istilah jatah-jatahan kursi menteri.  Presiden Jokowi juga menjatakan terbuka bagi yang ingin bergabung dengan koalisinya.

Presiden Joko Widodo menyebut sejak awal pembentukan kabinetnya, termasuk hingga saat ini tidak ada istilah jatah-jatahan kursi menteri. “Dalam politik bukan masalah, tanya saja ke partai-partai apa pernah kita bicara masalah menteri? Atau menteri apa? Enggak pernah,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam wawancara khusus dengan Tim LKBN Antara di Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Menurut Jokowi, semua partai pendukungnya sudah mafhum bahwa penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden.

Namun ia menjelaskan bahwa kemudian wajar jika ada partai-partai tertentu dengan persentase perolehan suara yang besar mendapatkan porsi kursi menteri yang lebih banyak.

“Kalau beliau-beliau tahu itu hak prerogatif presiden, ya logis persentase gede masa diberi menteri satu, yang persentase kecil diberi menteri empat, ya enggak gitu, bukan penjatahan, normal saja,” katanya.

Hal itu dianggapnya bukan sebagai penjatahan, namun merupakan sesuatu yang wajar terjadi dalam dunia politik dan pemerintahan.

Dengan caranya seperti itu, Jokowi mengaku tetap bisa mempertahankan kekompakan koalisi pendukungnya selama ini.

“Nyatanya lima tahun kemarin tidak ada masalah, semua dengan komunikasi, baik dengan ketua umum partai, dengan sekjen-sekjen, semua bisa dibicarakan saya kira dari pengalaman tidak ada masalah,” katanya.

Terkait dengan partai politik atau pihak manapun yang menyatakan ingin bergabung dengan koalisinya, Jokowi menyatakan selalu terbuka.

“Ya gabung saja, saya kan selalu terbuka, siapapun yang mau bersama-sama membangun negara ini, memajukan negara ini ayo kita ini kan tidak kenal oposisi murni tidak ada, jadi ya kita yang paling penting komunikasi,” katanya.


 Sumber : Antara /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Juni 2019 - 16:44:01 WIB

    Kuasa Hukum KPU Sebut Kubu Prabowo Giring Wacana MK Tak Adil

    Kuasa Hukum KPU Sebut Kubu Prabowo Giring Wacana MK Tak Adil JAKARTA, HARIANHALUAN - Kuasa hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ali Nurdin menyindir ucapan tim kuasa hukum pasangan calon presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Uni yang meminta Mahkamah Konstitusi tidak menjadi Mahkamah Kalk.
  • Senin, 17 Juni 2019 - 00:30:32 WIB

    Faldo Maldini Sebut  Prabowo-Sandi  Tak  Akan Menang di MK

    Faldo Maldini Sebut  Prabowo-Sandi  Tak  Akan Menang di MK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diperkirakan tidak akan memenangkan gugatan pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). .
  • Senin, 20 Mei 2019 - 20:03:48 WIB

    KPU Sumbar Klaim Tak Ada Kecurangan

    KPU Sumbar Klaim Tak Ada Kecurangan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, KPU sudah menjalankan proses tahapan sesuai dengan aturan dan koridor hukum. .
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 20:54:10 WIB

    Politisi Nasdem Nilai Ucapan Wiranto Tak Bijak

    Politisi Nasdem Nilai Ucapan Wiranto Tak Bijak JAKARTA,HARIANHALUAN - Anggota Komisi I DPR RI Bachtiar Aly menyayangkan pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Wiranto terkait akan menutup akun media sosial (medsos) yang memuat konte.
  • Sabtu, 27 April 2019 - 19:09:28 WIB

    Partisipasi Pemilih Tak Cukup 50% di PSU Pilpres TPS 11 Muarokalaban Sawahlunto

    Partisipasi Pemilih Tak Cukup 50% di PSU Pilpres TPS 11 Muarokalaban Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 11 Desa Muarokalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto berjalan lancar dan aman, Sabtu (27/4). Namun disayangkan kehadiran pemilih untuk menggunakan hak .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM